Sukses

Habiskan Rp1,9 Triliun untuk Pesta Prewedding Mewah, Kapan Pernikahan Anak Bungsu Mukesh Ambani Digelar?

Anant Ambani dan Radhika Merchant baru saja menggelar pesta prewedding mewah selama tiga hari di kampung halaman keluarga Mukesh Ambani.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Anant Ambani dan Radhika Mercant resmi memulai rangkaian prosesi pernikahan dengan menggelar pesta prewedding nan mewah selama tiga hari. Dalam pesta yang dimulai pada Jumat, 1 Maret 2024, Rihanna dibayar senilai 6 juta dolar AS atau sekitar Rp94 miliar untuk menghibur para tamu dari berbagai dunia.

Mengutip NY Post, Minggu (3/3/2024), pesta yang berpusat di Jamanagar, India itu diperkirakan menghabiskan biaya USD120 juta atau sekitar Rp1,9 triliun. Biaya prewedding untuk anak bungsunya itu jelas mampu disediakan bos Reliance Industries Mukesh Ambani yang memiliki kekayaan bersih senilai 116,8 miliar dolar AS.

Orang terkaya India mengundang 1.200 elit berduit dari seluruh dunia. Ivanka Trump bersama suaminya, Jared Kushner, Bill Gates, hingga Mark Zuckerberg yang datang bersama istrinya, Priscilla Chan, masuk dalam daftar tamu. 

Tapi, sebenarnya kapan pernikahan Anant dan Radhika resmi digelar? Mengutip AP, pernikahan anak bungsu Mukesh Ambani itu akan berlangsung pada 12 Juli 2024. 

Belum ada detail soal pernikahan tersebut, tapi pesta prewedding keluarga Ambani kali ini dirayakan di kampung halaman keluarga mereka di Jamnagar – sebuah kota berpenduduk sekitar 600.000 jiwa di wilayah dekat gurun di negara bagian Gujarat, India. Itu adalah lokasi kilang minyak utama untuk bisnis mereka.

Para tamu diminta mengikuti aturan berbusana dalam tema berbeda-beda setiap hari. Salah satunya mengenakan busana bertema hutan untuk mengunjungi pusat penyelamatan hewan yang dikelola oleh calon pengantin pria, Anant.

Dikenal sebagai "Vantara", atau "Bintang Hutan", pusat rehabilitasi seluas 3.000 are (sekitar 1.200 hektare) ini menampung hewan-hewan yang dianiaya, terluka, dan terancam punah, khususnya gajah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pekerjakan 100 Koki untuk Layani Para Tamu

Dalam undangan juga disebutkan bahwa para tamu memulai setiap hari dengan aturan berpakaian baru, dengan papan suasana hati dan sepasukan penata rambut, penata rias, dan perancang pakaian India di hotel mereka untuk membantu mereka mempersiapkan diri. Digelar pula upacara tradisional Hindu.

Para tamu, banyak yang datang dengan pesawat sewaan, disuguhi 500 macam hidangan yang dibuat oleh sekitar 100 koki. Daftar tamu juga mencakup Mohammed Bin Jassim al Thani, perdana menteri Qatar; Stephen Harper, mantan perdana menteri Kanada; dan Raja Bhutan Jigme Khesar Namgyal Wangchuck dan Ratu Jetsun Pema. Pada Rabu, keluarga Ambani menyelenggarakan layanan makanan komunitas untuk 51.000 orang yang tinggal di desa-desa terdekat.

Mukesh Ambani berpengalaman menggelar pesta pernikahan mewah untuk dua anak tertuanya. Pada 2018, ketika Isha Ambani menikah, Mukesh mengundang Beyonce untuk tampil di pesta prewedding Isha Ambani, putrinya, yang menikah dengan Anand Piramal. 

Dalam pesta yang digelar di Udaipur, barat India, mantan Menlu AS Hillary Clinton dan John Kerry tampak hadir. Desember 2018 pasangan itu resmi menikah di kediaman Ambani di Mumbai.

3 dari 4 halaman

Dekat dengan Politikus India

Mukesh Ambani (66) saat ini adalah orang terkaya ke-10 di dunia dengan kekayaan bersih USD115 miliar, menurut Forbes. Ia juga merupakan orang terkaya di Asia.

Reliance Industries miliknya adalah konglomeraasi besar yang melaporkan pendapatan tahunan lebih dari USD100 miliar, di berbagai sektor mulai dari petrokimia, minyak dan gas, hingga telekomunikasi dan ritel. Di bawah kepemimpinan Ambani, Reliance yang didirikan oleh ayahnya pada 1966, memicu perang harga telekomunikasi dengan peluncuran telepon 4G dan layanan broadband Jio pada tahun 2016.

Saat ini, Reliance memiliki lebih dari 420 juta pelanggan dan menawarkan layanan 5G. Awal pekan ini, Disney mencapai kesepakatan senilai USD8,5 miliar untuk menggabungkan bisnisnya di India dengan Reliance Industries milik Ambani, sehingga membentuk raksasa media baru.

Para kritikus Ambani mengatakan perusahaannya berkembang terutama karena koneksi politik pada masa pemerintahan Kongres pada 1970-an dan 80-an dan kemudian di bawah pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi setelah 2014. Mereka mengatakan 'kapitalisme kroni' di India telah membantu perusahaan-perusahaan tertentu, seperti milik Ambani, untuk berkembang. 

 

4 dari 4 halaman

Profil Radhika Merchant Calon Menantu Mukesh Ambani

Mukesh mengestafetkan kepemimpinannya kepada kedua putra dan putrinya. Putra tertua, Akash Ambani, sekarang menjadi ketua Reliance Jio; putrinya, Isha, mengawasi ritel; dan yang termuda, Anant telah dilantik untuk mengepalai bisnis energi terbarukan.

Keluarga Ambani memiliki, antara lain, sebuah gedung apartemen pribadi 27 lantai, bernama Antila, senilai USD1 miliar di Mumbai. Bangunan itu memiliki tiga helipad, garasi berkapasitas 160 mobil, bioskop pribadi, kolam renang, dan pusat kebugaran.

Sementara, Radhika juga bukan orang sembarangan. Dikutip dari NDTV, Jumat, 1 Maret 2024, perempuan yang lahir di Mumbai, 18 Desember 1994, itu adalah putri dari Viren Merchant, CEO Encore Healthcare, sebuah perusahaan farmasi terkemuka di negara itu. Sementara, ibunya adalah Shaila Merchant.

Radhika bersekolah di The Cathedral and John Connon School di Mumbai, lalu Ecole Mondiale World School, dan menyelesaikan diploma International Baccalaureate di BD Somani International School. Ia kemudian mengambil jurusan politik dan ekonomi di New York University, dan lulus pada 2017.

Ia memulai perjalanan profesionalnya dengan magang di perusahaan konsultan Desai & Diwanji. Radhika kemudian bergabung dengan Isprava, sebuah perusahaan real estat yang berbasis di Mumbai, sebagai manajer penjualan junior. Ia saat ini menjabat sebagai direktur di Encore Healthcare. Ia juga dikenal sebagai seorang penari Bharatanatyam yang terampil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini