Sukses

Gaya Kahiyang Ayu Saat Kegiatan dengan Para Ibu PKK di Medan, Logat Bicara dan Cara Berjalan Jadi Sorotan

Dalam sebuah kegiatan dengan sejumlah ibu-ibu PKK warga di Kelurahan Bengkel Baru, Kecamatan Medan Timur, Kahiyang mengapresiasi pengolahan buah sukun menjadi berbagai jenis produk untuk memberdayakan ekonomi keluarga dalam pemanfaatan lahan tidur atau pekarangan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai istri Walikota Medan, Kahiyang Ayu kerap bersinggungan dengan masyarakatnya di lapisan bawah. Tugas Kahiyang juga memberdayakan lewat kegiatan, penanganan kesehatan, membangkitkan perekonomian, dan mengaspirasi kesejahteraan warganya.

Dalam sebuah kegiatan dengan sejumlah ibu-ibu PKK warga di Kelurahan Bengkel Baru, Kecamatan Medan Timur, Kahiyang mengapresiasi pengolahan buah sukun menjadi berbagai jenis produk untuk memberdayakan ekonomi keluarga dalam pemanfaatan lahan tidur atau pekarangan .

"Saya mengapresiasi untuk kelurahan ini karena sudah membuat dodol sukun, bolu sukun, keripik sukun. Ada pertanyaan ataukah ada permintaan? Kalau permintaan janganlah banyak-banyak bu," tanya Kahiyang sambil disertai bercanda kepada audience-nya, dalam video TikTok diunggah oleh akun @prokopim_pemkomedan pada Jumat, 23 Februari 2024.

"Kalau ada kesempatan bolehlah bu, kami berstudi banding," jawab seorang ibu berkerudung hijau yang mewakili kelurahan tersebut.

Ia berharap bisa belajar dari daerah yang lebih maju, misalnya di pulau Jawa. Video lalu terpotong dengan cuplikan kegiatan selama Kahiyang membina kelurahan tersebut.

Mengenakan pakaian kemeja semi formal dan rok hitam, Kahiyang lalu berkeliling melihat hasil olahan buah sukun yang tadi disebutkan, lalu memetik sayur bersama anggota ibu-ibu PKK. Kegiatan itu lalu diakhiri dengan berfoto bersama dengan para partisipan di kelurahan.

Unggahan yang disukai oleh lebih dari 4.663 pengguna TikTok itu juga mendapat beragam komentar. "Mba Kahiyang di Medan udah berapa tahun? Logatnya masih logat lama," kata warganet.

"Gibran versi cewek, kok bisa sama mba Kahiyang," balas yang lain.

"Cara jalannya jiplek Presiden Jokowi," sambung warganet.

"Lebih suka mba Kahiyang versi gemoy," komentar warganet.

"Wajah mbak Kahiyang jadi kayak mas Gibran," yang lain menambahkan.

"Lah, bisa selangsing itu mba Kahiyang?" Tanya yang lain heran.

"Sepertinya sekarang langsing ya, jalannya mirip bapak Jokowi," terang warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kahiyang Ayu Kembali Berhijab

Sebelumnya diberitakan, Kahiyang Ayu kembali memakai hijab saat menghadiri sebuah acara. Kali itu iia mengenakan hijab saat mendampingi suaminya, Bobby Nasution yang didapuk sebagai Tokoh Nasional Tabagsel (Tapanuli baguan Selatanl).

Hal tersebut diketahui dari unggahan di akun Instagram Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu pada Senin, 5 Februari 2024. Dalam acara yang berlangsung pada Minggu, 4 Februari 2024 itu, Kahiyang tampak mengenakan dua busana berbeda.

Saat mengikuti prosesi adat, Kahiyang mengenakan busana gamis hitam dengan list emas sebagai variasi. Adik dari Gibran Rakabuming Raka tersebut tampak memakai hijab segi empat abu-abu dengan pembawaan yang lebih anggun.

Sementara pada deklarasi penyematan yang dihelat di alun-alun Bolak Kota Padangsidimpuan, Kahiyang terlihat mengenakan dress panjang berwarna abu-abu dengan motif yang unik. Ia memilih memadukannya dengan pashmina panjang abu-abu. Penampilan terbarunya ini mendapatkan banyak komentar positif dari warganet, terutama banyak yang memuji dirinya. 

 

3 dari 4 halaman

Dipuji Makin Cantik

Tak sedikit yang memujinya yang kini semakin cantik, Apalagi ia setelah berhasil menurunkan berat badannya. "Mbak Ayang cantik sekali kamu mbak, Masya Allah," komentar seorang warganet.

"Salfok sama mbak Ayank makin cantik masyaallah vibesnya kayak orang Korea dikerudungin," sebut warganet yang lain.

"Selamat untuk pak Boby. Berkah selalu ya pak 🙌,” ujar warganet lainnya memberi selamat pada Bobby.

Bobby yang merupakan Wali Kota Medan baru saja didapuk sebagai tokoh nasional yang berasal dari Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel) di Alaman Bolak, Kota Padangsidimpuan. 

Pengukuhan tersebut diberikan oleh raja-raja se-Tabagsel serta para tokoh masyarakat dari wilayah itu. Selain dianggap sebagai tokoh nasional, Bobby pun mendapatkan gelar kehormatan adat yakni Sutan Porang Gunung Baringin Naposo.

“Terimakasih atas gelar kehormatan yang diberikan kepada saya. Ini merupakan amanah bagi saya. Sebagai penyemangat agar tetap berkarya dan mengabdi untuk masyarakat khususnya masyarakat Tabagsel. Horas..Horas," tulis Bobby dalam unggahannya.

 

4 dari 4 halaman

Gaya Hijab Kahiyang Ayu

Di penampilan berhijab lainnya, ersama suaminya, Kahiyang beramah-tamah dengan warga di sebuah pengajian yang digelar di kota Medan. 

"Kali ini deklarasi dukungan datang dari ibu-ibu pengajian Kecamatan Medan Deli untuk memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Pesan saya tetap sama, kita harus menjaga kerukunan, kedamaian, dan kekondusifan Kota Medan. Jangan terpecah belah hanya karena berbeda pilihan," tulis Bobby Nasution di unggahan Instagram-nya, Rabu, 9 Januari 2024, seraya menandai akun sang istri.

Di potret tersebut, terlihat Kahiyang memakai turban putih dengan gaya tersampir. Ia memadukannya dengan gamis panjang warna biru langit yang dihiasi sentuhan embriodery dan manik-manik handmade yang cantik. Senyum khasnya terlihat tersungging di bibir merah merona yang berpadan dengan riasan cukup tipis.

Sebentuk anting oval sederhana menggantung di telingannya, membuat look-nya tampak ala bohemian. Di sampingnya, ada Bobby Nasution yang sedang tertawa di sela-sela acara pengajian. Menantu Jokowi itu tampil mengenakan kemeja biru, yang senada dengan busana Kahiyang, dan melengkapinya dengan peci hitam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.