Sukses

6 Rekomendasi Wisata Kuliner di Pasar Baru yang Nikmat dan Wajib Dicoba, dari Bakmi hingga Cakue

Pasar Baru telah lama dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan di DKI Jakarta. Selain bersejarah, kawasan ini juga menjadi lokasi hadirnya beragam makanan legendaris yang sayang untuk dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar Baru telah lama dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan di DKI Jakarta. Selain bersejarah, kawasan ini juga menjadi lokasi hadirnya beragam makanan legendaris yang sayang untuk dilewatkan.

Menjelajah Pasar Baru tak lengkap rasanya bila tak wisata kuliner. Ada restoran yang sudah buka sejak era 50-an hingga sajian yang saat ini tengah jadi incaran para kawula muda untuk sekadar nongkrong dan menghabiskan waktu bersama yang terkasih.

Bagi Anda yang ingin wisata kuliner ke Pasar Baru, enam rekomendasi spot ini dapat jadi opsi. Apa saja? Simak rangkuman selengkapnya seperti berikut ini.

1. Bakmi Gang Kelinci

Seperti namanya, Bakmi Gang Kelinci menyuguhkan sajian khas, yakni bakmi. Restoran pilihannya pun beragam dan dapat disesuaikan dengan selera Anda, mulai dari bakmi polos, ayam, ayam jamur, ayam pangsit kuah atau goreng, hingga swekiau.

Selain bakmi, restoran pusat yang terletak di Jl. Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, Jakarta Pusat ini juga punya menu lainnya, seperti bihun, kwetiau, nasi goreng, ifumie, dan lainnya. Bila suka, Anda juga bisa memesan sepiring pangsit goreng sebagai teman untuk menyantap menu utama.

2. Mie Kangkung Berkat

Salah satu makanan yang wajib dicoba lainnya adalah Mie Kangkung Berkat. Mi kangkung yang berlokasi di Jalan Gereja Ayam ini ada di dalam gedung Metro Atom Pasar Baru lantai 1. Sajian khas Tionghoa-Betawi ini menyuguhkan mi kangkung dengan kuah kaldu gurih bercita rasa manis asin, ebi, potongan ayam, hingga jamur yang nikmat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Cakue Ko Atek

Saat ke Pasar Baru, Anda juga wajib mampir menyicipi Cakue Ko Atek yang berada persis di gang sebelah Bakmi Gang Kelinci. Usaha ini sendiri sudah berdiri sejak 1971 silam.

Cakue Ko Atek buka Selasa hingga Jumat pukul 10.00--15.00 WIB, Sabtu--Minggu buka pukul 10.00--16.00 WIB, dan Senin tutup. Ada dua camilan yang disuguhkan yang dibuat dan digoreng di tempat, yakni cakwe dan kue bantal dengan harga Rp6 ribu.

Cakwe sendiri merupakan penganan tradisional khas Tionghoa berupa roti goreng panjang, rasanya asin dan gurih, biasanya ditaburkan ke bubur atau dimakan bersama kopi. Namun, camilan ini juga cocok untuk dicocol ke saus cabai khas yang juga diberi ketika membeli Cakue Ko Atek.

Sedangkan kue bantal adalah kue yang dibuat dari terigu, ragi, telur, dan sebagainya yang digoreng. Seperti namanya, kue berbentuk menyerupai bantal ini juga dapat ditaburi biji wijen atau gula halus dan rasanya manis.

3 dari 4 halaman

4. Jungen Joint

Jungen Joint berlokasi di Jalan Kelinci Raya No. 30, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jungen menghadirkan beberapa menu burger, mulai dari The Franck seharga Rp60 ribu, Jungen Signature Rp50 ribu, Jungen+ Rp75,5 ribu. Ada juga pilihan kentang seperti potato wedges Rp25 ribu, french fries Rp23 ribu, hingga minuman root beer Rp22 ribu.

Dikutip dari Instagram Jungen Points, pihaknya menggunakan bahan no pork dan no lard. Jungen buka dari Rabu hingga Minggu mulai pukul 11.00--18.00 WIB (sampai habis). Pihaknya juga menyertakan cara memesan burger di Jungen, yakni siapa cepat dia dapat, makan di tempat ruangnya terbatas, untuk makan di tempat dan dibawa pulang, pembeli diminta untuk mengantre.

Sedangkan untuk burger yang dibawa pulang, per orang dapat memesan maksimal tiga burger. Jungen tidak menerima reservasi hingga order secara online.

"Meskipun tempat kami menawarkan suasana nyaman seperti rumah dengan dapur terbuka, kami tidak merekomendasikan tempat ini sebagai tempat ideal untuk hangout jangka panjang atau membawa anak/bayi karena terbatasnya ruang dan lingkungan yang padat. Anda dipersilakan untuk berkunjung, namun harap perhatikan keterbatasan ruang," bunyi keterangan dalam Instagram Jungen.

4 dari 4 halaman

5. Bakso Rusuk Samanhudi

Rekomendasi selanjutnya adalah Bakso Rusuk Samanhudi yang berlokasi di Jalan KH. Samanhudi No. 18D, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Ide membuat bakso rusuk di restoran yang pertama kali buka pada 2015 ini berangkat dari kecintaan sang pemilik, Dion Widjaja dan keluarga pada bakso dan rusuk. 

Ada berbagai jenis bakso yang ditawarkan di sini, mulai dari bakso jumbo, bakso mercon bagi yang menyukai pedas, bakso rudal yang di dalamnya ada urat, bakso goreng, bakso urat tanggung, hingga bakso halus kecil.

Harga variasi bakso di Bakso Rusuk Samanhudi pun beragam. Menu rekomendasi terdiri atas bakso urat, bakso telur, bakso kecil, bakso urat tanggung yang dijual seharga Rp26 ribu jika ditambah rusuk menjadi Rp52 ribu.

6. Nasi Padang Kapau Pariaman

Nasi Padang Kapau Pariaman berlokasi di Metro Atom Plaza, Lantai Ground di Jalan KH. Samanhudi, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Tempat makan yang buka 08.30--17.00 WIB ini menyuguhkan beragam lauk, mulai dari ikan, babat, rendang, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini