Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Lewotobi di Flores NTT yang Sering Disebut Gunung Berapi Kembar

Gunung Lewotobi adalah gunung berapi kembar yang terletak di bagian tenggara Pulau Flores, Indonesia. Gunung Lewotobi tersusun dari Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Lewotobi adalah gunung berapi kembar yang terletak di bagian tenggara Pulau Flores, Indonesia. Gunung Lewotobi tersusun dari Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan, itu sebabnya sering disebut gunung kembar.

Gunung berapi spektakuler ini layaknya seperti 'pasangan suami-istri' yang terdiri dari Lewotobi Perempuan dengan ketinggian 1703 mdpl dan Lewotobi Laki-laki ketinggian mencapai 1584 mdpl. Puncak gunungnya sering kali aktif, sebagian besar letusan terjadi dari lubang Laki-laki yang sempat meletus pada 2003.

Namun aktivitas seismik dan emisi vulkanik kecil sering terjadi di keduanya gunung tersebut. Masih banyak hal mengenai Gunung Lewotobi selain lokasi dan ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Lewotobi yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Minggu, 17 Desember 2023.

1. Titik Awal Pendakian 

Mengutip dari laman Gunung Bagging, ada beberapa kemungkinan titik awal pendakian. Namun yang paling terkenal adalah dari Pusat Vulkanologi di Desa Bawalatang (344 mdpl). Bawalatang berjarak sekitar 20 menit dari jalan utama Trans-Flores, antara Maumere dan Larantuka, di Boru.

Akomodasi di kawasan ini sangat sedikit sehingga sebagian besar pendaki tinggal di Maumere atau Larantuka, atau tidur di lantai rumah desa setempat. Apa pun yang Anda lakukan, pendakian ini memakan waktu, sehingga Anda harus berangkat sedini mungkin – setidaknya saat matahari terbit. 

Seorang pemandu sangat penting untuk melewati jalur melalui perkebunan di lereng yang lebih rendah dan, setelah itu, melalui hutan yang jalurnya tidak ditentukan dengan jelas. Anda tidak akan kesulitan menemukan pemandu di Bawalatang, sebaiknya tanyakan di Pusat Vulkanologi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Lokasi Masyarakat Berburu Rusa dan Babi

Meskipun gunung berapi ini terkenal, gunung-gunung tersebut hanya didaki beberapa kali setiap tahunnya. Kebanyakan yang menjelajahi gunung ini adalah para pemburu yang mencari rusa dan babi.

Setelah melewati perkebunan kakao, Anda akan memasuki hutan tempat bersarangnya banyak jenis burung langka seperti Burung Lulur Kaki Merah, Megapodius reinwardt. Namun penduduk setempat mempunyai panggilan nama sendiri untuk jenis burung tertentu.

Setelah beberapa waktu, Anda akan mencapai punggung bukit hutan yang jalannya sedikit lebih jelas. Akhirnya, pada ketinggian sekitar 1.053 mdpl, Anda akan mencapai selokan berbatu sebagai tempat para pemandu suka beristirahat. Tepat setelah titik ini, jalurnya terbagi – Lewotobi Perempuan ke kanan melintasi selokan dan Lewotobi Laki-laki ke atas selokan.

3. Cara Mencapai Gunung Lewotobi

Keluar dari jalan utama melalui Flores di Boru yang terletak sekitar setengah jalan antara Larantuka dan Maumere. Larantuka memiliki bandara, tetapi sebaiknya periksa kembali apakah ada penerbangan beroperasi di sana. Bandara Maumere adalah hub utama di Flores dan tidak jauh dari sana. 

3 dari 4 halaman

4. Jalur ke Gunung Lewotobi Perempuan

Dari titik awal pendakian tadi, Anda akan menyeberangi selokan berbatu dan memasuki padang rumput dataran tinggi dengan pepohonan eukaliptus yang tersebar. Jalan di sini samar dan Anda turun di satu atau dua tempat sebelum mendaki lagi. Setelah sekitar satu jam, pendaki akan mencapai jurang (1.228 mdpl) antara Laki-laki dan Perempuan yang ditandai dengan balok semen besar. 

Untuk mencapai kawah Perempuan, cukup berjalan dari tiang lalu belok kanan dan mulailah pendakian menaiki aliran lava kuno dan bongkahan batu besar. Di kawasan ini Anda dapat melihat satu atau dua sensor aktivitas gunung berapi yang digunakan oleh orang-orang di kantor Bawalatang untuk memantau gunung berapi tersebut.

5. Pemandangan Lewotobi Laki-Laki dan Ili Wukoh

Setelah sekitar 45 menit mendaki bebatuan terjal, Anda akan disuguhi pemandangan Laki-laki dan Ili Wukoh, puncak hutan misterius dengan puncak segitiga yang sepertinya tidak banyak diketahui orang. Akhirnya Anda akan mencapai batu gundul di tepi luar Perempuan.

Ikuti ini ke kanan selama 20 menit setelah itu Anda akan mencapai tepi bagian dalam kawah utama yang mengesankan itu sendiri, di dalamnya terdapat kubah lava, berwarna kekuningan di beberapa tempat karena belerang. Puncak Perempuan yang sebenarnya terletak sekitar 500 meter di luar lingkaran di sebelah selatan, namun hanya orang yang percaya diri saja yang boleh melakukan apa yang mungkin agak berbahaya. 

4 dari 4 halaman

6. Sebaiknya Mendaki Salah Satunya Saja

Pemandangan dari puncak Lewotobi Laki-laki ke dalam kawahnya (saat tidak aktif) sungguh menakjubkan. Sebuah lubang besar, lebarnya sekitar 15 meter, dengan kedalaman yang tidak diketahui dan turun ke dalam perut bumi.

Kita hanya bisa membayangkan apa yang keluar dari rongga yang sangat besar ini ketika gunung tersebut meletus secara berkala. Turun dari Gunung Lewotobi Laki-laki melalui jalan berbatu akan sulit dan berbahaya karena reruntuhannya yang lepas. Pendaki akan menuruni lereng curam menuju persimpangan antara Perempuan dan Laki-laki.

Lalu memasuki semak belukar Eucalypt dan menyusuri semak-semak hingga bertemu dengan jalur antara ‘selokan berbatu’ dan blok semen di tiang dan kemudian kembali ke Pusat Vulkanologi melalui hutan dan perkebunan.

Mendaki Perempuan dan Laki-laki dalam satu hari akan sangat butuh waktu, sehingga kebanyakan orang memilih untuk melakukan satu saja. Lewotobi Laki-laki mungkin lebih pendek, namun puncak Perempuan tentunya menawarkan pemandangan yang lebih spektakuler.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini