Sukses

6 Cara Menjaga Kualitas Udara di Dapur agar Tak Timbulkan Penyakit dan Gangguan Pernapasan

Saat kita memasak di dapur, polusi udara bisa terjadi karena asap dan uap yang dihasilkan dari proses memasak.

Liputan6.com, Jakarta - Saat kita memasak, polusi udara bisa terjadikarena asap dan uap yang dihasilkan dari proses memasak. Penggunaan peralatan kompor dan oven untuk menggoreng atau memanggang menjadi sumber bau dan asap yang bisa menurunkan kualitas udara di dalam ruangan.

Di sisi lain, dapur termasuk salah satu area di dalam rumah yang berperan vital. Meski menjadi area yang cukup penting di rumah, sirkulasi udara di dapur kerap kurang diperhatikan oleh penghuni rumah.

Menjaga kualitas udara di dapur sangat mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan anggota keluarga. Untuk menciptakan lingkungan dapur yang bersih, segar, dan menyehatkan, ada sejumlah cara mudah yang bisa kita lakukan. Hal itu dubahas di acara peluncuran Modena Purifier Hood Series yang digelar di Modena Exoperience Center Suryo di kawasan Jakarta Selatan, Selasa, 12 Desember 2023. Berikut cara-cara sederhana tapi efektif untuk menjaga udara dapur tetap bersih:

1, Pakai Tutup Wajan dan Panci Saat Memasak

Untuk mengurangi pelepasan asap dan bau ke udara di dapur, gunakanlah tutup pada wajan dan panci saat memasak. Hal itu bisa membuat udara dapur yang kita hirup akan lebih sehat.

2, Merawat Peralatan Masak

Untuk menghindari penumpukan lemak dan residu yang dapat menyebabkan asap dan bau, sebaiknya bersihkan secara rutin kompor, oven, dan peralatan masak lainnya. Kita juga perlu membersihkan alat-alat masak setidaknya sekali dalam semiggu, atau sesuaikan dengan intensitas penggunaannya.

3. Ventilasi Udara

Hal lain yang tak kalah penting, agar kualitas udara di dapur tetap terjaga, pastikan ventilasi dapur berfungsi dengan baik. Kita juga bisa membuka jendela atau pintu untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih optimal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Rapikan Peralatan Setelah Memasak

Kebersihan dapur bisa membantu mencegah penumpukan debu dan kotoran yang dapat mempengaruhi kualitas udara. Tumpukan sampah bekas memasak pastinya akan memicu bau tak sedap. Sampah sebaiknya segera dibuang agar tidak menimbulkan penyakit.

5, Memasak yang Aman dan Sehat

"Memasak harus dilakukan dengan cara yang aman dan sehat supaya kualitas udara di dalam rumah terutama dapur tetap baik sebab jika sumber- sumber polusi udara didalam rumah tidak dapat dikendalikan, maka hal tersebut dapat memicu resiko masalah kesehatan pernapasan," terang Co-founder Bicara Udara Novita Natalia Kusumawardani. Caranya bisa dengan mengurangi penggunaan minyak goreng atau menggunakan minyak goreng yang mengandung lemak tak jenuh seperti minyak zaitun.

6. Alat Penyaring Udara

Cara terakhir adalah menggunakan alat penyaring udara atau air purifier di dapur. Hal ini penting dilakukan karena alat ini mampu mengurangi partikel-partikel kecil, seperti debu dan bau tidak sedap, serta menangkap zat-zat berbahaya seperti asap dan uap saat memasak. Dengan begitu, lingkungan di dapur Anda akan lebih bersih dan sehat.

3 dari 4 halaman

Menjaga Kebersihan Dapur dengan Efisien

Salah satu brand yang memiliki produk penyaring udara adalah Modena yang baru saja meluncurkan seri Purifier Hood sebagai kelanjutan kesuksesan dari kedua jenis produk unggulannya, yakni Cooker Hood dan Air Purifier. Menggabungkan kedua teknologi unggulannya, Modena mempersembahkan Purifier Hood series.

Seri ini hadir dengan tujuh model, dan tersedia dalam tiga ukuran, yakni 60, 70 dan 90 cm yaitu: AX 0611 BABK, AX 0711 BABK, AX 0921 BABK, AX 2711 CABK, AX 2921 CABK, AX 2725 CASS dan AX 2925 CASS. Seluruhnya dilengkapi oleh teknologi inovatif 5 PureProtect langkah pemurnian inti.

Menurut Jimmy Tjan, Supply Chain Management Vice President Modena, kelima langkah pemurnian tersebut adalah Grease-free Filter atau filter bebas minyak untuk menjaga kebersihan dapur yang dengan efisien menangkap uap minyak selama memasak yang intens. Selanjutnya, Carbon Filter yang dapat menghilangkan bau tak diinginkan, menjaga dapur tetap harum.

Ionizer Germinator bekerja pada tingkat molekuler untuk menghilangkan partikel berbahaya dan mikroba, menjaga udara di dapur tetap bersih. UV SterilWave yang membersihkan udara dari virus dan bakteri, membuat dapur menjadi tempat yang aman dan terakhir, filter HEPA ProShield yang menangkap partikel mikro terakhir, sehingga tercipta lingkungan dapur yang benar-benar bersih dan sehat.

4 dari 4 halaman

Polusi di dalam Ruangan

Jimmy menambahkan, kualitas udara dan asap dalam ruangan yang terjadi ketika memasak tanpa kita sadari bisa menyebabkan masalah kesehatan, khususnya bagi saluran pernapasan dan paru-paru. "Untuk itu, kita butuh filtrasi udara yang mampu menyaring udara dan asap dalam dapur saat kita memasak," kata Jimmy.

Peluncuran seri purifier hood adalah salah satu bentuk komitmen Modena dalam mewujukan konsistensinya dalam menyediakan peralatan rumah tangga.  "Produk ini untuk pertama kalinya diperkenalkan di Indonesia, yaitu sebuah produk hybrid yang menggabungkan kedua teknologi mutakhir antara Cooker Hood dan Air Purifier,” terang Jimmy.

Sementara itu, ahli paru-paru dr. Jaka Pradipta, Sp.P menyampaikan, polusi di dalam ruangan yang biasanya muncul karena aktivitas memasak, berkontribusi memicu gangguan pernapasan yang diawali dengan batuk. Jika tidak diatasi secara cepat, bisa menyebabkan risiko penyakit paru-paru lainnya seperti gangguan pernapasan, asma, alergi dan infeksi bakteri.

"Untuk itu dibutuhkan alat pendukung yang dapat memfiltrasi asap atau udara pada saat kita memasak, sehingga udara tetap sehat dan tidak memicu masalah pada pernapasan," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini