Sukses

Raja Charles III Bertemu Pangeran William Bahas Perselisihan Rasisme Kerajaan di Buku Endgame

Raja Charles III telah terbang pulang ke Inggris untuk mengadakan pembicaraan darurat dengan Pangeran William. Dikabarkan diskusi ayah dan anak ini mengenai cara mengatasi perselisihan rasisme kerajaan yang melanda Istana Buckingham setelah penerbitan buku baru oleh penulis Omid Scobie.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III telah terbang pulang ke Inggris setelah beberapa hari menghadiri KTT lingkungan hidup COP28 di Dubai. Kepulangannya untuk pembicaraan darurat dengan Pangeran William.

Dikabarkan diskusi ayah dan anak ini mengenai cara mengatasi perselisihan rasisme kerajaan yang melanda Istana Buckingham setelah penerbitan buku baru oleh penulis Omid Scobie. Dikutip dari Express.co.uk, Selasa (5/12/2034), para asisten utama akan berkumpul untuk membuat rencana melawan potensi dampak buruk dari penerbitan Endgame.

Buku ini menampilkan dua bangsawan besar yang disebutkan berkomentar tentang potensi warna kulit Pangeran Archie, putra sulung Pangeran Harry dan Meghan Markle, sebelum kelahirannya. The Daily Express memilih untuk tidak menyebutkan nama kedua bangsawan yang dilihat oleh Scobie, setelah nama mereka disebutkan dalam edisi pertama buku tersebut dalam bahasa Belanda, yang dirilis minggu lalu.

Pertemuan kedua tersebut akan membahas bagaimana mereka harus merespons, dan para pejabat bersikeras bahwa "waktu dan kehati-hatian" harus diambil sebelum keputusan. Namun sumber-sumber Istana bersikeras bahwa semua opsi tetap ada, termasuk mengambil tindakan hukum terhadap penulis, yang sebelumnya dicap sebagai juru bicara Meghan.

Pasangan yang tinggal di California sejauh ini menolak mengomentari kehebohan tersebut meskipun mendapat tekanan besar untuk berbicara tentang "penelitian" Scobie. Raja Charles diketahui menaruh perhatian publik terhadap buku tersebut dengan "sangat serius".

Ia juga khawatir akan kerusakan yang dapat ditimbulkannya terhadap Royal brand di seluruh dunia. Namun para penasihat senior resmi mengatakan keluarga pekerja Kerajaan minggu ini akan terus menjalankan tugas mereka dengan cara "bisnis seperti biasa".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diskusi Keluarga Kerajaan

Charles dan Camilla saat ini berada di Sandringham. Namun keduanya akan kembali ke London pada pertengahan minggu untuk serangkaian acara resmi minggu ini, termasuk upacara di Istana Buckingham dan konser lagu amal di Westminster Abbey.

Sebuah sumber yang dekat dengan Istana mengatakan kepada Sunday Telegraph, "Diskusi (telah) dilakukan dan kami akan melanjutkan diskusi tersebut minggu ini, namun tidak dalam bentuk pembicaraan krisis."

"Keputusan (akan) dibuat dengan hati-hati, waktu, dan profesionalisme daripada terburu-buru di akhir pekan," lanjut sumber itu. Dalam perkembangan lebih lanjut, Istana Buckingham tengah menyelidiki siapa yang berpotensi melihat surat-surat antara Raja dan Meghan Markle yang diduga menyebutkan nama-nama tersebut.

Namun, sumber mengatakan mereka yakin kebocoran tersebut tidak datang dari dalam tembok Istana. Sumber meyakini hanya "segelintir" orang yang pernah melihatnya.

Scobie sementara itu berusaha menjauhkan diri dari keluarga Sussex. Ia menulis di X, sebelumnya Twitter, "Saya bukan 'sahabat Meg'.

 
3 dari 4 halaman

Soal Rasisme

Teman-teman Duchess of Sussex, yang diduga menuliskan nama kedua anggota keluarga tersebut dalam surat kepada Raja Charles, bersikeras bahwa dia "tidak pernah bermaksud agar mereka diidentifikasi secara publik."

Mereka bersikeras bahwa isi surat-surat itu "tidak dibocorkan kepada Scobie oleh siapa pun di kampnya". Namun salah satu sumber yang dekat dengan Keluarga Kerajaan kini meminta Harry dan Meghan untuk berbicara secara terbuka mengenai masalah ini.

Mereka berkata, "Bagi pasangan yang berbicara tentang 'kematian karena seribu orang tidak berkomentar', keheningan saat ini memekakkan telinga."

Orang dalam lainnya menambahkan bahwa keputusan untuk tidak menanggapi adalah "menarik", mengingat keluhan keluarga Sussex sebelumnya tentang tidak didukungnya mereka terhadap berita negatif di media.

Sementara itu mantan Perdana Menteri Boris Johnson berpendapat bahwa menanyakan pertanyaan tentang warna kulit bayi tidak dapat dianggap rasis. Ia berkata, "Mengajukan pertanyaan seperti itu, untuk menantikan peristiwa bahagia, adalah sifat manusia yang sederhana. Ini adalah salah satu kebahagiaan dan misteri terbesar dalam hidup ketika kita tidak memiliki gambaran nyata, di dalam rahim, seperti apa rupa anak-anak kita nantinya."

4 dari 4 halaman

Buku Baru tentang Keluarga Kerajaan Inggris Ditarik di Belanda

Terjemahan bahasa Belanda dari buku "End Game", sebuah buku baru tentang keluarga kerajaan Inggris, telah ditarik dari rak-rak toko di Negeri Kincir Angin. Hal tersebut dikarenakan buku itu dilaporkan mengungkapkan sosok di keluarga tersebut yang diduga berkomentar tentang warna kulit Archie, putra Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Dikutip dari CBS News, Kamis, 30 November 2023, Xander Uitgevers, penerbit buku Omid Scobie di Belanda, mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada CBS News bahwa versi baru buku tersebut akan kembali tersedia di toko pada Jumat, 8 Desember 2023. "Xander Uitgevers untuk sementara meniadakan buku tersebut dari penjualan, karena kesalahan yang terjadi pada edisi (bahasa) Belanda," bunyi pernyataan itu.

Dalam wawancara pada 2021 dengan Oprah untuk CBS, Meghan Markle, yang berkulit setengah kulit hitam, mengatakan seorang anggota keluarga kerajaan mempertanyakan seperti apa warna kulit bayinya. Archie lahir pada 2019 dan pasangan tersebut dikaruniai seorang putri, Lilibet, pada 2021.

"Pada bulan-bulan ketika saya hamil, semuanya terjadi pada waktu yang hampir bersamaan, jadi kami bersama-sama membicarakan dia tidak akan diberi keamanan, dia tidak akan diberi gelar, dan juga kekhawatiran serta perbincangan tentang betapa gelapnya kulitnya saat dia lahir," katanya.

"Apa?" Oprah bertanya. "Siapa yang ngobrol denganmu? Apa?"

Harry dan Meghan memilih merahasiakan identitas orang tersebut. Dalam versi bahasa Inggris dari buku tersebut, yang mengkritik para bangsawan, Scobie menuduh dia mengetahui identitas dua orang yang terlibat dalam percakapan dengan Megan, namun dia tidak menyebutkan nama mereka karena alasan hukum, menurut BBC News. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.