Sukses

Anak Ferdy Sambo Hadiri Wisuda Akpol 2023 Magelang, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Ikut Mendampingi

Ada momen di mana wajah anak Ferdy Sambo, Tribrata terlihat begitu murung di tengah kebahagiaannya menjalani wisuda di Akpol. Hal ini pun sempat menyita perhatian banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta - Anak kedua Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Tribrata Putra hadir dalam acara Wisuda Prajurit Bhayangkara Taruna (Prabhatar) Akademi Kepolisian (Akpol). Acara wisuda digelar dii Lapangan Sapta Marga, Kompleks Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Selasa 28 November 2023.

Momen wisuda yang tak dihadiri orangtua Tribrata yang saat ini tengah menjalani hukuman dalam kasus pembunuhan Brigadir J berjalan haru. Ia hanya diwakilkan sang kakak, Trisha Eungelica yang membagikan unggahan di Instagram lewat Insta Story pada Rabu (29/11/2023).

Trisha bahkan terlihat merekam sang adik dan bangga akan pencapaiannya. Kehadiran sosok Tribrata dalam acara tersebut juga diunggah di akun TikTok @kepokedinasan. Dalam acara wisuda tersebut, terlihat Tribrata mengenakan seragam taruna (gamtar) pakaian dinas upacara (PDU) sabuk silang berwarna merah marun.

Dia juga menenteng satu buket bunga. Ada momen di mana wajah Tribrata terlihat agak murung di tengah kebahagiaannya. Hal ini pun sempat menyita perhatian banyak orang.

Meski begitu, sejumlah orang yang hadir dalam acara tersebut satu per satu menghampiri Tribrata. Mereka mengucapkan selamat atas pencapaian pemuda itu dan mengajaknya berfoto bersama.

Salah satu orang yang mendatangi Tribrata adalah Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo. Edhy yang diketahui baru beas dari penjara setelah dihukum karena kasus korupsi, terlihat memberi semangat kepada Tribrata dan mengucap selamat atas pencapaiannya. "Kamu pasti bisa,” ucap Edhy Prabowo kepada Tribrata "Siap,” sahut anak Sambo

Dalam wisuda ini sebanyak 1.234 Prajurit Bhayangkara Taruna (Prabhatar) Akademi TNI dan Akademi Kepolisian dinyatakan lulus mengikuti Pendidikan Integratif Kemitraan Akademi TNI-Akpol 2023. Jumlah tersebut terdiri dari 535 Pratar Akmil, 240 Pratar AAL, 155 Pratar AAU, 300 Bhatar Akpol dan 4 taruna Republik Demokratik Timor Leste.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lulus Masuk Akpol

Pendidikan Integratif Kemitraan Akademi TNI dan Akpol merupakan ujian misi pertama bagi Prabhatar TNI-Polri untuk menanamkan sinergisitas kepada generasi penerus TNI-Polri. Dengan adanya pendidikan ini, para perwira TNI-Polri diharapkan punya ikatan emosional saat bertemu di wilayah tugas yang sama di kemudian hari.

Juga hadir dalam acara tersebut Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto serta Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dan Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo.

Sebelumnya, Tribrata Putra atau biasa disapa Brata, lolos masuk Akademi Kepolisian atau Akpol 2023. Hal itu diketahui dari pengumuman Sidang Akhir Rekrutmen Calon Taruna (Catar) Akpol 2023 yang diumumkan pada Senin, 24 Juli 2023.

Pengumuman tersebut disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Penyediaan Personel. Lolosnya putra Ferdy Sambo di Akpol 2023 dari Polda Metro Jaya itu juga diketahui melalui komentar yang ada di dalam unggahan video akun TikTok @kepokedinasan. Akun tersebut membagikan potongan video pengumuman Sidang Akhir Rekrutmen Catar 2023.

 

3 dari 4 halaman

Ucapan Selamat untuk Putra Ferdy Sambo

Seorang warganet kemudian menanyakan apakah Brata, anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi lolos Akpol atau tidak. Akun yang berisi pusat informasi Akpol, Akmil dan sekolah kedinasan tersebut menjawab bahwa Brata lolos masuk Akpol.

"Lulus,” jawab akun @kepokedinasan pada Selasa, 25 Juli 2023. Selain itu, adik Trisha Eungelica tersebut juga mendapatkan ucapan selamat karena berhasil lolos Akpol 2023 oleh akun fanbase sang ayah yakni @ferdysambo_official.

Melalui unggahan Instagram Story-nya, akun itu memberikan selamat kepada Brata. "Congrats mas,” tulis @ferdysambo_official sambil mengunggah foto Brata yang diduga bersama neneknya. Unggahan yang dibagikan oleh Trisha di Instagram Story-nya @trishaeas itu juga seakan mengisyaratkan bahwa ia sedang merayakan adiknya yang baru saja lolos Akpol.

Trisha terlihat mengunggah sebuah buket bunga berwarna peach yang diduga untuk diberikan kepada Brata. Pendidikan Akpol 2023 akan dimulai pada Agustus 2023 mendatang dengan lama pendidikan selama empat tahun.

Sebelumnya, Tribrata Putra telah lulus dari sekolah Taruna Nusantara pada 6 Mei 2023 lalu. Di hari kelulusannya, kedua orangtua siswa angkatan ke-31 SMA Taruna Nusantara itu tak bisa turut hadir mendampinginya.

 

4 dari 4 halaman

Anak Sambo Diajak Berfoto Orangtua Siswa Lainnya

Meski tak didampingi oleh ayah dan ibunya saat hari kelulusan, rupanya ada orangtua siswa lain yang mengajak anak Ferdy Sambo untuk foto bersama layaknya siswa lain bersama orangtuanya. Hal itu diketahui lewat dua unggahan video yang dibagikan oleh akun TikTok @boxx.sambo.

Dalam video tersebut terlihat anak Ferdy Sambo yang memakai batik diajak berfoto bersama oleh orangtua siswa lainnya. Mereka juga tampak memberikan dukungan kepada Brata.

"Ada yang buat sedih di hari kelulusan mas Brata. Dimana bapak dan ibu tidak bisa hadir di hari kelulusan mas Brata. Hanya sebuah nama," tulis keterangan dalam unggahan di akun tersebut pada Minggu, 7 Mei 2023.

"Tetapi ada orangtua siswa yang mengajak mas Brata untuk ikut foto. Mereka memberi support ke mas Brata," lanjut keterangan dalam video tersebut. Sang pemilik akun pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada orangtua siswa lain tersebut yang sudah mau mendukung Brata dan memahami keadaannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.