Sukses

Youtuber Indonesia Butuh Waktu 100 Jam Bikin Replika Candi Borobudur dari Game Minecraft

Butuh Waktu 100 jam dan sekitar 200 ribu block untuk membuat replika Candi Borobudur dari Game Minecraft.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang YouTuber Indonesia membuat langkah kreatif di game Minecraft. Ia membuat repika Candi Borobudur dalam game Minecraft Hardcore. Video itu viral di media sosial dan salah satunya dibagikan oleh akun Twitter @sosmedkeras.

"Membuat Candi Borobudur di dalam game Minecraft. Seorang Youtuber dengan nama channel Baww meng-grinding sekitar 200 ribu block dengan menghabiskan waktu lebih dari 100 jam," tulis akun @sosmedkeras dikutip, Minggu, 26 November 2023.

Dia memilih platform Minecraft Survival karena bisa memberikan ruang kreativitas yang tanpa batas. Ide membangun Candi Borobudur tersebut berawal dari tanya jawab dengan warganet. Kemudian, ada yang mengusulkan untuk membuat candi.

"Siapa juga orang yang cukup gila untuk membuat Candi Borobudur di Minecraft Hardcore?" sebut dia. Baww mendedikasikan pembangunan Candi Borobudur tersebut untuk memperihati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Proses grinding tersebut dilakukan di dupper farm yang bisa menghasilkan 36 ribu blok dalam satu jam. Untuk proses pembuatan outline luar saja, Baww menghabiskan waktu sampai dengan lima jam. Sementara, proses membangun seluruh outline sampai dengan stupa puncak menghabiskan waktu 10 jam.

Pada bangunan asli, Candi Borobudur memiliki 10 tingkat yang menjadi simbol dari tingkatan Bodhisattva. Dari situlah proses terus dimulai.

Setiap tahapan tidak semudah yang dibayangkan. Butuh ketelitian tinggi karena membangun candi sangat rumit, apalagi dilakukan di gim Minecraft Hardcore. Tidak heran jika banyak warganet yang mengapresiasi kreasi tersebut. Pasalnya, Baww benar-benar membangun Candi Borobudur di Minecraft dengan detail yang sama.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mirip Kisah Membangun Candi dalam Semalam

Banyak juga warganet membayangkan bagaimana awalnya Candi Borobudur dibangun. Tentu butuh waktu dan tenaga yang sangat besar. Ada juga yang menyebutkan tentang Kisah Bandung Bondowoso yang membangun 1.000 candi dalam 1 malam, kini terjadi di dunia game. Legenda Candi Prambanan berkaitan dengan kisah Roro Jonggrang yang memberikan syarat membangun 1.000 candi dalam 1 malam jika Bandung Bondowoso mempersunting dirinya.

"Gila itu masih game loh, bayangin kalo bangun aslinya berapa tahun?" tulis seorang warganet.

"Seniat itu, kelihatan bikinnya pakai kerja keras dan rasa bosan yang nyiksa banget, respek buat masnya," komentar warganet yang lain.

"Hebat! Baww benar-benar menghidupkan Candi Borobudur di dunia digital. 100 jam? “Itu dedikasi yang luar biasa! Pasti lebih susah dari main congklak ya? Kapan nih kita bisa lihat Baww bikin Candi Prambanan di Minecraft? #IndonesiaBangga,” kata warganet lainnya.

"Dia bangun candi Borobudur di Minecraft mode survival dong mode creative ajh udh lama, ini lagi mode survival,” ujar warganet lainnya.

"Dia bikin candi Prambanan juga di depannya. bikin monas, macem2. cek aja di yt Baww," timpal warganet lainnya mengungkapkan karya-karya Baww lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Bangunan Ikonik di Minecraft Hardcore

Dilihat di kanal YouTube Baww, pria bernama asli Bagas Wirawansa itu sering mendirikan bangunan-bangunan ikonik di dunia nyata ke dalam di Minecraft Hardcore. Bahkan, Candi Borobur yang dibuat di game itu dilakukan tahun lalu.

Terbaru, Baww telah membangun Candi Prambanan. Proses pengerjaan Candi Prambanan bahkan lebih sulit dari Candi Borobudur menurut dia. Pasalnya dia melakukannya secara manual tanpa bantuan fitur-fitur yang ada di Minecraft.

Minecraft adalah video game terlaris sepanjang masa. Baru-baru ini, Minecraft diumumkan telah terjual sebanyak 300 juta kopi.

Mengutip The Verge, Selasa, 17 Oktober 2023, kepala Mojang Studios Helen Chiang mengungkapkan, "Menjelang ulang tahunnya yang ke-15, Minecraft tetap menjadi salah satu game terlaris sepanjang masa. Dengan lebih dari 300 juta salinan terjual, sebuah tonggak sejarah yang tidak dapat diimpikan oleh siapa pun ketika kami semua membuat blok pertama kami."

Kabar itu diumumkan pada Minecraft Live 2023, acara streaming langsung Minecraft yang membagikan berita, pembaruan komunitas dan acara pemungutan suara di mana pemain dapat memilih makhluk baru yang harus ditambahkan ke dalam game. 

4 dari 4 halaman

Minecraft Video Game Terlaris

Dilansir dari kanal Tekno Liputan6.com, tahun ini, makhluk baru yang menjadi pilihan pemain adalah kepiting, armadillo, dan penguin. Angka 300 juta salinan Minecraft adalah angka yang telah melampaui hampir semua media hiburan lainnya. Sebagai gambaran, Thriller, album musik terlaris sepanjang masa milik Michael Jackson, telah terjual sekitar 70 juta kopi.

Adapun konsol terlaris yaitu PS2, terjual sekitar 155 juta unit. Bahkan, video game terlaris kedua sepanjang masa, Grand Theft Auto V, tidak mendekati angka Minecraft. Video game ini dilaporkan hanya mencapai angka penjualan 185 juta kopi. Minecraft berada dalam kelasnya sendiri dan kemungkinan akan tetap berada di sana untuk waktu yang sangat lama---atau setidaknya sampai Half-Life 3 keluar.

Menurut laporan The Verge pada 2020, penjualan Minecraft secara resmi telah mencapai 200 juta, dengan 126 juta orang pemain setiap bulannya. Angka ini merupakan rincian angka penjualan saat Mojang Studios merayakan ulang tahunnya yang ke-11. Tepat sejak Minecraft Alpha Build dirilis.

Microsoft juga melihat peningkatan besar dalam penggunaan Minecraft selama pandemi. Minecraft mengalami peningkatan pemain baru sebesar 25 persen per April 2020 dan peningkatan sesi multipemain sebesar 40 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini