Sukses

Aftonsparv, Saat Imajinasi Anak tentang Luar Angkasa Jadi Kenyataan di IKEA

IKEA meluncurkan koleksi terbatas Aftonsparv yang terinspirasi dari imajinasi anak-anak soal luar angkasa.

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya bila alien, bumi dan para astronot jadi teman bermain anak di rumah? Pasti seru dan penuh dengan imajinasi. Inilah yang melatarbelakangi IKEA meluncurkan Aftonsparv, koleksi mainan anak yang terinspirasi dari luar angkasa dan hasil wawancara anak-anak di beberapa negara tentang imajinasi yang ingin mereka wujudkan di dalam rumah.

Dalam kanal resmi Kemendikbud disebutkan, bermain mampu menyegarkan dan mengembangkan kognitif melalui kreativitas, memecahkan masalah, menguasai konsep-konsep baru. Bermain juga baik untuk membangun kepercayaan diri anak, menumbuhkan kemauan berbagi, dan mengontrol fisik, menguji ketahanan fisik, melatih otot-otot tangan, dan menghasilkan gerakan baru.

Sementara, menurut psikolog anak, Amanda Margia Wiranata, bermain sangat penting untuk kehidupan sehari-hari yang lebih baik di rumah. Bahkan dengan bermain atau aktifitas fisik, juga bisa mengobati ketergantungan anak dan penyakit syaraf anak yang diakibatkan dari bermain gawai terlalu lama.

"Bagi anak-anak, bermain sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Begitulah cara mereka belajar mengekspresikan diri dan menemukan dunia baru. Bermain adalah cara yang alami dan menyenangkan bagi anak-anak untuk tetap aktif, tetap sehat dan bahagia," ujar Amanda, ditemui di sela peluncuran di Tangerang, Kamis, 19 Oktober 2023.

Melalui kegiatan bermain, lanjutnya, anak bisa lebih bebas untuk mengekspresikan diri lewat imajinasi dan kreativitas yang mereka miliki. Mengembangkan kreativitas anak perlu dilakukan sejak dini, agar mereka bisa bertumbuh menjadi pribadi yang dapat memecahkan masalah, memiliki banyak gagasan dan ide-ide baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inspirasi Nama Koleksi

 

Aftonsparv dipilih sebagai nama koleksi tersebut yang diambil dari nama burung yang gemar bermigrasi di musim tertentu. IKEA berharap, koleksi barunya dapat mengembangkan imajinasi anak setinggi mungkin.

Untuk mewujudkan hal tersebut, IKEA ingin mewujudkan imajinasi anak lewat penataan kamar atau ruang bermain yang bertemakan alam semesta dan luar angkasa. Jadi, tak heran, di dalam kamar anak akan ada boneka berbentuk alien lucu berwarna hijau.

Ada pula boneka kucing, kelinci, dan beruang berbaju astronot yang bisa dilepas pasang oleh anak. Tak ketinggalan dengan boneka bumi berbentuk bulat, lengkap dengan kaki dan tangannya.

Orang dewasa juga bisa ikut bermain karena tersedia boneka jari karakter astronot dan alien. Para orangtua bisa berdongeng tentang alam semesta dan luar angkasa untuk mengisi waktu berkualitas bersama anak.

Suasana kamar makin seperti di luar angkasa sebab terdapat kardus yang bisa dibentuk seperti roket yang bisa memenuhi imajinasi anak. Belum lagi berbagai pernak pernik selimut, bantai, seprai, dan lainnya, sehingga membuat anak semakin betah bermain di dalam ruangan.

3 dari 4 halaman

Wawancara dengan Anak-Anak

Menurut Angela Krisyanti, Sales Leader IKEA Indonesia, ide di balik koleksi Aftonsparv ini berasal dari diskusi dengan sekelompok anak-anak penggemar ruang angkasa berusia antara 3 dan 7 tahun. Mereka diundang ke serangkaian lokakarya di berbagai perwakilan negara, seperti negara asal IKEA di Swedia, laboratoriumnya di China, dan anak-anak di Indonesia.

Desainer berdiskusi dengan anak-anak untuk mewujudkan ide-ide para anak tentang luar angkasa, seperti apa benda-benda yang ada di luar angkasa, dan jenis transportasi apa yang mereka bayangkan di luar angkasa. Anak-anak juga diminta untuk memvisualisasikan gagasan mereka tentang luar angkasa.

Seperti alam semesta, anak-anak berpikir sangat luas mengenai hal ini, sehingga masukan mereka sangat penting dalam menciptakan koleksi ini. "Koleksi ini dirancang untuk menggabungkan semua jenis permainan, baik aktif, kreatif, atau bermain peran, dalam suasana apapun – mulai dari peluncuran roket di pagi hari hingga cerita pesawat luar angkasa," katanya.

Karena fokus untuk anak-anak, setiap produk dalam koleksi terbaru ini diklaim telah mematuhi undang-undang dan standar internasional dan nasional yang relevan di semua negara tempat produk-produk tersebut dipasarkan. Selain itu, IKEA telah melakukan segala cara untuk memastikan bahwa produk aman digunakan untuk anak.

"Misalnya, untuk bagian mata di tiap boneka, kami tidak menggunakan kancing atau suatu benda yang bisa copot lalu membuat resiko tersedak pada anak. Jadi, semua disulam atau jahit," ia menjelaskan.

4 dari 4 halaman

Hasil Penjualan Akan Disumbangkan untuk Ketersediaan Air Bersih untuk Anak

Ririn Basuki, PR & Communication Manager IKEA Indonesia menjelaskan, koleksi Aftonsparv ini menghadirkan ruang luar angkasa ke dalam rumah. Koleksinya dirancang untuk memicu permainan dan rasa ingin tahu anak usia 3 hingga 7 tahun.

"Di IKEA, kami percaya, anak-anak mempunyai hak untuk bermain karena itulah cara terbaik bagi mereka untuk belajar, berkembang dan bertumbuh. Kami berharap koleksi ini dapat memacu kreativitas anak-anak dan menginspirasi mereka untuk memiliki rasa ingin tahu tentang luar angkasa serta membantu mengembangkan kreativitas mereka," jelasnya.

Untuk koleksi terbatas ini, IKEA Indonesia akan menyisihkan sebesar Rp10 ribu dari setiap item yang terjual untuk didonasikan. Mereka bekerja sama dengan Yayasan Save The Children untuk menyalurkan donasi yang diperuntukkan bagi perbaikan sanitasi air bagi anak di pedesaan.

"Jadi misal, ada satu mainan seperti gantungan kunci itu seharga Rp29.900. Maka, besaran Rp10.000-nya akan disumbangkan ke Yayasan Save The Children," Ririn menjelaskan.

Ia menerangkan koleksi boneka dibanderol di harga Rp129.000, tenda dari kardus berbentuk roket dibanderol Rp329 ribu, serta selimut berkarakter luar angkasa Rp 399 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.