Sukses

Viral Video Jessica Wongso Duduk di Tempat Kecil dan Sempit, Diduga Ruang Tahanannya

Dalam video terlihat seorang pria berpakaian rapi duduk di samping Jessica Wongso. Saat itu Jessica memakai kaus berwarna hijau kebiruan dan celana panjang abu-abu serta sandal.di sebuah ruangan yang sempit.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin atau kopi sianida pada 2016 lalu kembali viral di media sosial setelah film dokumenternya dirilis pada bulan lalu. Seluk beluk mengenai Jessica Kumala Wongso atau Jessica Wongso, terdakwa kasus tersebut selalu menarik untuk dibahas.

Saat dirinya ramai jadi bahan pembicaraan, Jessica Wongso tentunya masih mendekam di penjara untuk menjalani hukuman selama 20 tahun. Baru-baru ini beredar video singkat yang memperlihatkan ruang tahanan yang diduga ditempati Jessica Wongso di Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur. Video itu diunggah di akun TikTok @oscarhasibuan890, 8 Oktober 2023 yang kemudian dibagikan ulang sejumlah akun di media sosial sejak beberapa hari lalu.

Dalam video terlihat seorang pria berpakaian rapi duduk di samping Jessica. Namun tidak disebutkan identitas pria tersebut. Saat itu Jessica memakai kaus berwarna hijau kebiruan dan celana panjang abu-abu serta sandal.

Keduanya duduk di atas ranjang kasur kecil dan bantal warna putih dilapisi seprei warna merah muda. Kamar dengan lantai keramik berwarna putih tersebut terlihat hanya untuk satu orang.

Dari video tersebut sudah dipastikan Jessica tidak berbaur dengan orang lain setelah resmi diputus bersalah dalam kasus kopi sianida. Wanita yang baru saja merayakan ulang tahun ke-35 ini menguncir rambut panjangnya, terlihat menunduk dan tersenyum.

"Nangis gue melihat Jessica di kamar kayak begini selama 7 tahun," tulis keterangan di video tersebut. Meski hanya membagikan sebuah foto yang kemungkinan besar menggambarkan kondisi Jessica di dalam penjara, unggahan itu sempat viral dan sudah dilihat lebih dari 12,4 juta kali dan mendapatkan lebih dari 309 ribu likes.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jessica Tak Mau Pindah Sel?

Sebelumnya beredar foto di media sosial yang memperlihatkan pengakuan Jessica mengenai dirinya tidak mau dipindahkan dari sel rumah tahanan. Dalam video itu, terdengar suara petugas tahanan yang menawarkan pindah ruangan.

"Nggak mau pindah (sel)?" tanya petugas kepada Jessica yang sedang duduk.

"Nggak. Yang penting nggak disatuin sama orang lain, nggak mau,” jawab Jessica. Sambil menganggukan kepala, Jessica bahkan begitu yakin tak ingin pindah dengan sel yang berisikan tahanan lain.

"100%, kalau mau pindah, saya sudah minta," tegas Jessica. Petugas pun kembali meyakinkan Jessica soal keinginannya yang tak ingin pindah sel dengan tahanan lain.

"Kamu tetap mau di ruangan yang segitu? Sendirian? Kan sudah tiga tahun di situ," ujar petugas. Lalu Jessica mengangguk tanda setuju tetap tinggal di sel yang sempit.

Beberapa hari lalu Jessica Wongso rupanya sempat mendapatkan ucapan selamat ulang tahun yang ke-35 dari seorang mahasiswi pada Senin (9/10/2023) lalu. 

 

3 dari 4 halaman

Jessica Dikunjungi Mahasiswa

Mahasiswi yang kuliah di salah satu universitas negeri di Jakarta itu, mengaku pernah bertemu dengan Jessica Wongso secara langsung saat sedang praktik mengajar narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pondok Bambu. 

 

Mahasiswi bernama Ardita Pebriani Sili itu mengunggah sejumlah foto bersama teman-temannya melalui akun TikTok @dithayou. Pada unggahannya yang pertama, Ditha hanya memamerkan foto-foto bersama teman-temannya di Lapas Pondok Bambu yang ia klaim merupakan hasil jepretan Jessica.

Namun pada unggahan kedua, Ditha memamerkan beberapa potret yang secara jelas memperlihatkan posenya dengan pemilik nama lengkap Jessica Kumala Wongso itu. "Selamat Ulang tahun ka Jessica Kumala Wongso. Semoga Kebenaran segera terungkap. Kak Jessica Kumala Wingso kurusan sih daripada pas masa-masa sidang," tulisnya sebagai keterangan dua unggahannya itu.

Tak hanya memamerkan foto, mahasiswi yang kemudian mengaku sedang mengambil jurusan pendidikan luar sekolah (pendidikan masyarakat) itu juga menjelaskan hal-hal yang membuatnya terenyuh sewaktu bertemu dengan Jessica di Lapas.

 

4 dari 4 halaman

Jessica Ramah dan Makin Cantik

Ditha tak menyampaikan kapan pastinya ia praktik di Lapas tempat Jessica Wongso dipenjara. Namun, ia memanfaatkan momen ulang tahun Jessica Wongso untuk menunjukkan sisi positif dari terpidana kasus kopi sianida yang divonis membunuh Mirna Salihin itu.

"Sedikit cerita dari aku yang praktek di Lapas dan ketemu Jessica Kumala Wongso... Aku bersama teman-temanku melihat nyata betapa 'baik dan ramahnya seorang kak Jessica'. Memang tidak percaya juga dia tega membunuh temannya, Mirna," tulis Ditha menyampaikan.

"Selain ramah, dia juga enggak pelit. Ketika mamanya berkunjung pasti bawa makanan dan dia selalu tawarkan dan bagi makanannya ke kami," sambungnya.

Lalu pada unggahan berikutnya, Ditha memenuhi permintaan seorang warganet yang bersimpati dengan Jessica dan ingin melihat penampilan terbaru sang terpidana.Tak disangka, foto-foto keakraban Ditha dengan sang terpidana membuat sejumlah warganet menilai Jessica kini lebih cantik dari tujuh tahun lalu.

"Makin cantik kak jessica🥰," kata seorang warganet."Lebih cantik skrg malah,dari yg pas kejadian itu.sehat selalu j smoga ada ke ajaiban untukmu," tulis yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini