Sukses

Pangeran William Sebut Humor dan Banyak Tertawa Memberi Pengaruh Besar pada Kesehatan Mentalnya

Pangeran William bersama Kate Middleton berbagi dengan para anak muda Inggris tentang bagaimana mengatasi persoalan mental. Salah satunya calon Raja Inggris itu mengungkap rahasia tentang humor dan banyak tertawa yang berpengaruh besar terhadap kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Wales belum lama ini muncul di forum kesehatan mental bersama istrinya, Kate Middleton. Pangeran William pun membagikan tipsnya untuk memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Bagi calon raja Inggris berusia 41 tahun itu, kesehatan mental secara umum berarti banyak berjalan kaki dan mencari udara segar untuk sejenak lepas dari sorotan publik. "Tertawa. Humor bagi saya adalah hal yang terpenting, saya suka tertawa. Kadang-kadang Anda harus melihat hal-hal ringan dalam hidup untuk merasa baik," kata putra Raja Charles III itu, seperti dikutip dari People, Kamis (12/10/2023). 

Sebelumnya William juga mengungkap bahwa, "Waktu bersama teman-teman dan keluarga adalah hal-hal yang sangat berarti."

Saat berbicara di Exploring our Emotional Worlds, sebuah acara yang ditujukan untuk anam muda berusia 16 hingga 24 tahun, William mengungkapkan bahwa dia juga mempelajari trik kesehatan mental dari peserta muda di sekitarnya dan istrinya Kate Middleton.

"Saat aku berbicara dengan kalian semua, aku memikirkan di kepalaku sebenarnya apa yang kalian lakukan," sambung William sambil mengatakan ia juga menyontoh apa yang dilakukan orang lain dalam mengelola kesehatan mentalnya sebagai strategi yang sangat berguna. 

"Anda selalu berusaha belajar dari orang lain tentang trik, tip, atau keterampilan apa yang mereka alami yang Anda gunakan untuk diri Anda sendiri. Itu mungkin merupakan perangkat paling luas yang saya miliki," jelasnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak Muda Lebih Terbuka Tentang Kesehatan Mental

Di tempat lain dalam forum tersebut, Kate Middleton, memberikan pidato di mana dia memuji kaum muda ketika diminta untuk berbicara lebih banyak mengenai kesehatan mental mereka dibandingkan sebelumnya. "Ini adalah sebuah langkah maju yang besar. William dan saya terus terinspirasi melihat generasi muda," ucapnya.

Kate menambahkan, "Sebagai sebuah generasi, Anda menghargai dan berbicara lebih banyak tentang kesehatan mental Anda dibandingkan orang lain sebelumnya, sesuatu yang benar-benar kami kagumi dan puji."

Kegiatan Exploring our Emotional Worlds telah mempertemukan 100 delegasi muda yang dinominasikan oleh 10 badan amal kesehatan mental dan keterlibatan remaja terkemuka untuk mengambil bagian dalam lokakarya bersama pasangan kerajaan yang berfokus pada emosi, hubungan, dan tindakan komunitas.

Forum ini mengawali serangkaian acara yang akan diikuti oleh pasangan kerajaan tersebut minggu ini, termasuk acara dengan mahasiswa dan petugas tanggap darurat, serta acara lainnya yang akan menyoroti interaksi antara kesehatan mental dan olahraga. 

3 dari 4 halaman

Kegiatan dengan Anak Muda di Hari Kesehatan Mental

Segera setelah tiba di pusat Pekerjaan Pabrik Birmingham, pasangan itu duduk untuk mengambil bagian dalam beberapa lokakarya. Di kesempatan itu Kate tertawa bersama dengan orang-orang muda selama satu sesi ketika dia dan yang lainnya bergiliran menggambarkan perasaan dan emosi, sementara orang lain di sekitar meja menebak apa yang mereka jelaskan.

Sharvari Patil, seorang sukarelawan berusia 21 tahun dari badan amal The Mix, mengatakan kepada wartawan setelah itu tentang lokakarya dengan Kate. Satu orang akan mempunyai roda emosi dan mereka akan memutarnya. 

Kemudian orang lain harus mencoba dan memberi tahu mereka, mencoba dan menjelaskan emosi apa yang muncul melalui tindakan dan bagaimana emosi tersebut disajikan. "Kami mendapat beberapa refleksi menarik seputar hal itu, dengan orang-orang mengatakan itu sulit karena semua orang mengekspresikan emosi dengan cara yang sama maupun cara yang berbeda," jelasnya. 

Ketika datang untuk berpartisipasi dalam lokakarya bersama Kate, Patil mengatakan sedikit gugup. Tapi setelah dia mulai berinteraksi, rasa gugupnya pun hilang. "Dia (Kate) benar-benar terlibat dan dia mencoba memberikan refleksi juga," lanjut relawan tersebut.

4 dari 4 halaman

Pangeran Harry dan Meghan di Hari Kesehatan Mental

Adarsh Ramchurn (22), yang menjadi host William dan Kate di acara tersebut, mengatakan kepada wartawan bahwa pasangan itu benar-benar tertarik dengan apa yang dibahas di forum tersebut. Dia menambahkan bahwa kehadiran mereka menunjukkan betapa mereka berdedikasi untuk memajukan masalah ini.

"Kami berbincang sebelum mereka pergi dan mengatakan bahwa mereka melakukan hal ini bukan hanya demi kepentingan, mereka sangat bersemangat dengan perubahan yang ingin mereka lihat," kata Ramchurn.

"Jadi, jika generasi muda mengetahui bahwa Pangeran dan Putri benar-benar mendukung peningkatan kesehatan mental, saya pikir akan membantu meningkatkan kesehatan mental mereka dan juga memberi mereka kepercayaan diri yang mereka butuhkan bahwa mereka mendapat dukungan," lanjutnya,

Tak hanya William dan Kate yang merayakan Hari Kesehatan Mental, Meghan Markle dan Pangeran Harry juga mengadakan inisiatif mereka sendiri untuk Archewell Foundation di kota New York. Acara bertajuk The Archewell Foundation Parents’ Summit: Mental Wellness in a Digital Age ini bertujuan untuk memberikan suara kepada keluarga-keluarga yang bersemangat membangun dunia online yang lebih aman bagi anak-anak dan remaja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini