Sukses

Dikira Jessica Wongso yang Baru Rayakan Ultah di Penjara, Kreator Konten Jadi Korban Salah Alamat

Gelombang kehebohan dokumenter Netflix Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso yang mengangkat kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Wongso masih terus berlanjut dan membuat seorang kreator konten perjalanan jadi sasaran "salah alamat."

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang kehebohan dokumenter Netflix Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso yang mengangkat kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Wongso masih terus berlanjut. Di antara ramai teori pro kontra, ada satu pihak yang ternyata jadi sasaran "salah alamat."

Ia adalah seorang kreator konten perjalanan yang juga bernama Jessica Wongso. Di Instagram-nya, yang punya hampir 41 ribu pengikut saat artikel ini ditulis, Jessica menanggapi berbagai komentar yang semula menyangka akunnya sebagai milik terdakwa kasus kopi sianida tersebut.

Ia membagikan tangkapan layar komentar warganet melalui Instagram Story, Senin, 9 Oktober 2023, yang berbunyi, "Udah bebas dari lapas?" dan "Yang sabar ya mba saya yakin Tuhan tahu mba tidak membunuh. Sehat-sehat ya mba di tahanan."

Si travel influencer menanggapi, "Ho oh biarkan Tuhan yang membalas. Saya sudah cape berkata lagi." Ada juga yang menyangka fotonya merupakan hasil operasi plastik dari wajah asli terdakwa Jessica. "Omaigat ini muka saya dari dulu enggak pernah oplas," sahutnya.

Di beberapa unggahan terbaru Jessica, beberapa warganet "salah alamat" juga terdeteksi. "Kirain ini Jessica yang viral," komentar seorang pengguna, sementara yang lain menulis, "Duh maaf mba saya salah lapak. Iseng nyari IG-nya Jessica kopi sianida. Abis namanya sama persis."

"Mau kepoin Instagram-nya Jesicca sianida eh malah jadi ketemu akun mbak. Jangan salah lapak ya netizen," yang lain memperingati. Ada juga yang bahkan mengucapkan selamat ulang tahun. "Semoga keadilan segera terungkap," begitu bunyi doa dari salah satu warganet

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rayakan Ulang Tahun di Penjara

Sementara itu kemarin, Sein, 9 Oktober 2023, Jessica Kumala Wongso baru saja merayakan ulang tahun ke-35. Tepat di hari ulang tahunnya, beredar video ibudanya, Imelda Wongso, mendatangi rumah tahanan (rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur, untuk merayakan ulang tahun putrinya.

Imelda datang bersama para kuasa hukum Jessica, namun tidak terlihat Otto Hasibuan dalam video yang dibagikan akun TikTok @terkini69. Mereka membawa tumpeng bertuliskan "Happy Birthday Jessica". Menurut Imelda Wongso, putrinya biasanya berkumpul bersama kakak-kakaknya saat berulang tahun.

"Biasanya kan kumpul, sama kakaknya, kedua kakaknya, ponakannya, ibu bapak. Sekarang di sini, ulang tahunnya sama lawyer-lawyer," ucap Imelda. Kunjungan itu kabarnya benar-benar jadi kejutan bagi Jessica karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Di kesempatan itu, Imelda berharap putrinya yang terjerat kasus kopi sianida dapat segera bebas dari penjara. "Iya cepet bebas ya. Harapan ibu cuma itu," ia menyebut. Konten ini pun mengundang ragam komentar warganet, dengan kebanyakan dari mereka ikut mengucapkan selamat pada perempuan yang pernah kuliah di Australia itu.

"Selamat ulang tahun Jes, semoga panjang umur dan sehat selalu. Semoga keadilan berpihak padamu,” komentar seorang warganet. "Jessica kamu wanita hebat. Sabar ya, netizen sedang berjuang," sahut yang lain,

 

3 dari 4 halaman

Surat Tulisan Tangan Jessica?

Sehari sebelum ulang tahunnya, Minggu, 8 Oktober 2023, viral di media sosial surat hasil scan yang diduga ditulis Jessica Wongso dari dalam jeruji besi untuk temannya yang bernama Tami. Surat itu dibagikan TikToker @Awbimax.

Di surat yang beredar, Jessica mengucapkan terima kasih usai mendapatkan sepatu dari salah satu sahabatnya. "Hai, Tami. Senangnya kamu dan yang lain terima suratu, kirimnya lebih praktis kalo lewat scan, thank you banget yah sepatunya aku pakai di sini kalau lagi mau olahraga, pas kok ukurannya. Tapi jangan aku aja ya yang olahraga, kamu juga, ayo hilangin males-malesan," tulis Jessica di suratnya.

Ia menyebut bahwa jika teman-temannya mau kirim foto, ia bakal menerima, tapi di penjara, ia kesulitan untuk berfoto. Ia bahkan mengaku sengaja menghindari kamera. Tidak lupa, Jessica menyebut bahwa ia baik-baik saja berada di penjara.  "Aku di sini setiap hari sibuk bantuin petugas, enggak pernah di kamar, selain hari Sabtu dan Minggu," ungkap Jessica.

"Iya jam 5 sore bisa lebih awal atau terlambat tergantung kerjaan dan petugasnya. Aku balik ke sel untuk istirahat dan lanjut besoknya. Soal tas rajutan, nanti kalau ada kesempatan dan benang yang bagus, aku buatin ibu kamu ya," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Jarang Minum Kopi

Jessica menambahkan bahwa ia sudah tidak banyak minum kopi. "Aku sekarang udah enggak minum kopi, lho. Sejak bulan Maret kemarin udah quit, jadi paling kalau lagi kepengen aja, tapi jarang banget. Dulu aku juga ketagihan sama kopi, tapi udah berhenti," ceritanya

Ia menyambung, "Aku baik-baik aja kok di sini, di sini sangking gak ada kerjaan malah jadi perawatan, rajin olahraga :). Selain rutinitas kamu itu, ada hobi yang lain gak? Suka nonton atau baca? :)"

Jessica juga sepertinya tahu bahwa saat ini ia sedang jadi topik perbincangan. Dengan nada bercanda, ia menebak teman-temannya juga tidak luput membicarakannya.

"Kemarin waktu ada artikel yang bawa nama-nama aku di media, pasti kalian ngomongin aku malem-malem? Berasa mulesnya soalnya :) Salam buat keluarga kamu ya, Aku tulis surat buat Ibu Anas juga, mau bilang terima kasih udah dikirimin kerupuk enak :) Take care, Jess xx," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini