Sukses

Mengeksplorasi Bakat Artistik Anak sampai Orang Dewasa dengan Melukis Karya Ikonik Vincent Van Gogh

Bartega Studio akan menggelar kegiatan seni yang berfokus pada melukis keramik bisque. Para peserta bisa berkesempatan untuk melukis karya-karya ikonik dari pelukis asal Belanda, Vincent Van Gogh

Liputan6.com, Jakarta - Vincent Van Gogh merupakan pelukis legendaris asal Belanda yang karya-karyanya bisa dijumpai di banyak negara, termasuk di Indonesia. Di Jakarta, kita bisa menikmati karyanya dari dekat di Van Gogh Alive di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Van Gogh Alive merupakan pameran seni multi-sensori terkenal yang diadakan dan diproduksi oleh Grande Experiences. Mereka baru saja mengumumkan kolaboras dengan Bartega Studio, sebuah perusahaan event management yang berbasis di Jakarta dengan spesialisasi dalam workshop melukis akrilik.

Kolaborasi unik yang berlangsung di Mall Taman Anggrek, Jakarta ini akan menghadirkan kegiatan seni yang menarik bagi masyarakat Jakarta, menawarkan kesempatan yang menyenangkan bagi anak-anak dan orang dewasa untuk mengeksplorasi bakat artistik mereka.

Sebagai bagian dari kolaborasi ini, Bartega Studio akan menggelar kegiatan seni yang berfokus pada melukis keramik bisque. Para peserta bisa berkesempatan untuk melukis karya-karya ikonik Van Gogh seperti "Starry Night", "Almond Blossom", dan "Sunflower".

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Bartega Studio dalam menawarkan pengalaman seni yang lebih dari sekadar pameran pada umumnya. Kolaborasi ini jadi kesempatan unik bagi para pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan karya-karya Van Gogh,” terang Lin Wei Hsien, selaku Chairman Meta Doers Innovation Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (5/10/2023).

“Kami bertujuan agar memperdalam hubungan mereka dengan dunia seni, menumbuhkan apresiasi yang lebih besar terhadap kejeniusan artistik Vincent van Gogh. Kami juga percaya bahwa kolaborasi ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi pasar seni Indonesia dengan mendorong minat dan apresiasi terhadap seni di kalangan masyarakat lokal,” lanjutnya.

Kegiatan yang cocok untuk pemula ini terbuka untuk 15 peserta dan akan berlangsung di Mal Taman Anggrek, The Anggrek Kitchens Area, Lantai Dasar yang hanya butuh tiga menit berjalan kaki dari pameran Van Gogh Alive.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghilangkan Stres Lewat Seni

Pengalaman ini memberikan kesempatan unik bagi para peserta dalam mendapatkan wawasan tentang dunia seni, yang memungkinkan mereka untuk menyelam dalam warna-warna menawan dari karya-karya Van Gogh.

Bartega Studio, yang didirikan pada April 2017, didedikasikan dalam menciptakan kegiatan sosial yang menyenangkan dan dapat menghilangkan stres yang berpusat pada seni. Melalui spesialisasi dalam workshop lukisan akrilik, Bartega Studio mendorong para peserta untuk mengeluarkan jiwa seni mereka sambil memupuk kesadaran melalui proses kreatif.

Setiap workshop dirancang dengan cermat agar bisa mengakomodir peserta dengan berbagai latar belakang, mulai dari penggemar seni hingga mereka yang mungkin belum pernah memegang kuas sejak dini. Menurut Jazz Pratama selaku perwakilan Bartega Studio, pihaknya percaya bahwa seni harus dapat diakses dan dinikmati oleh semua orang dari berbagai kalangan.

"Kolaborasi kami dengan Van Gogh Alive sangat selaras dengan tujuan utama kami dalam mengembangkan kreativitas dan kesadaran melalui ekspresi artistik. Kami sangat senang dengan kesempatan untuk memperkenalkan pengalaman yang luar biasa ini kepada masyarakat Jakarta," tutur Jazz Pratama.

3 dari 4 halaman

Jadwal Kegiatan Melukis Karya Van Gogh

Mereka menawarkan kesempatan unik untuk terlibat dengan seni melalui cara yang bermakna dan mudah diakses. "Kami berkomitmen untuk menjadikan seni sebagai bagian yang memperkaya dan menyenangkan dalam kehidupan setiap orang," sambungnya.

Pengalaman seni kolaboratif ini menjanjikan pengalaman yang menarik dalam pameran Van Gogh Alive, yang memungkinkan pengunjung membenamkan diri dalam dunia seni yang terinspirasi oleh mahakarya Vincent van Gogh.

Kegiatan ini dijadwalkan mulai pada pukul 10.30 pagi dan diperkirakan selesai pada pukul 12.00 siang, setelah itu dilanjutkan dengan tur di dalam area pameran Van Gogh Alive. Kegiatan kreatif ini terbuka untuk peserta dari segala usia dan tidak terbatas pada anak-anak; orang dewasa juga dapat ikut serta.

Biaya partisipasi untuk kegiatan ini adalah sebagai berikut, peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan biaya Rp425 ribu per orang. Untuk orangtua yang ingin mendampingi anaknya mengikuti tur di dalam pameran Van Gogh Alive, biayanya adalah Rp200 ribu per orang atau Rp400 ribu untuk dua orang.

 

4 dari 4 halaman

3.000 Lukisan Karya Van Gogh di Jakarta

Van Gogh Alive sendiri mendarat di Jakarta setelah melanglangbuana ke lebih dari 100 kota di dunia. Van Gogh Alive diklaim bukan pameran seni biasa. Pameran itu memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati lukisan Van Gogh dengan multisensosi, perpaduan cahaya, warna, suara, dan aroma semarak.

Lebih dari 3.000 lukisan Van Gogh diproyeksikan secara digital ke layar besar yang memenuhi dinding dan sebagian lantai. Pameran itu juga menyertakan panel-panel informasi, video, dan elemen interaktif lainnya untuk memberikan konteks, informasi latar belakang tentang kehidupan serta perkembangan seni Van Gogh.

Lin Wei Hsien, Ketua Meta Doers Innovation Indonesia, menyebutkan pameran tersebut memberi pengalaman lebih menyenangkan bagi orang awam dalam memahami karya seni sang maestro. Pengunjung yang datang bahkan bisa menghemat banyak uang untuk menikmati karya Van Gogh dibandingkan melihat lukisannya secara langsung ke luar negeri.

Orang dewasa dan anak-anak bisa menikmati pertunjukan karya seni itu dari sudut pandang baru dan menemukan perspektif yang unik. Pengunjung juga berkesempatan untuk melihat sumber inspirasi Van Gogh melalui foto dan video yang dipajang di samping karya-karyanya.Van Gogh Alive berlangsung di Jakarta selama kurang lebih tiga bulan, dari 7 Juli 2023 hingga 9 Oktober 2023 di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Pameran buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Tiket tersedia di situs web resmi Van Gogh Alive https://vangogh.co.id/reserve/tiket dan platform tiket lainnya, dengan harga Rp218.000 per orang di hari kerja dan Rp243.200 per orang di akhir pekan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.