Sukses

6 Rekomendasi Restoran Halal di Singapura yang Makin Ramah Muslim

Singapura kini semakin ramah bagi Muslim yang hendak berwisata ke negara di ujung selatan Semenanjung Malaya itu. Rata-rata restoran di Singapura sudah memiliki logo halal dari Majlis Ugama Islam Singapura berlokasi di sebuah mal maupun bandara.

Liputan6.com, Jakarta - Singapura kini semakin ramah bagi Muslim yang hendak berwisata ke negara di ujung selatan Semenanjung Malaya itu. Tak seperti beberapa tahun yang lalu, makin banyak restoran halal di Singapura yang memiliki logo halal dari Majlis Ugama Islam Singapura berlokasi di sebuah mal maupun bandara.

Sebelumnya agak sulit mencari makanan halal saat bepergian ke Singapura yang merupakan negeri multietnis didiami oleh bangsa Tionghoa, Melayu, India, Arab, dan berbagai keturunan Asia ini. Setidaknya bagi Muslim yang ingin wisata kuliner, harus lebih teliti dengan menanyakan dulu ke penjual tentang kehalalannya.

Tetapi kini berbeda, saat Liputan6.com berkunjung untuk peluncuran jenama kopi asal Indonesia yang baru membuka gerainya di Singapura sudah makin mudah ditemukan restoran dan produk makanan berlogo halal. Berikut enam rekomendasi restoran halal di Singapura yang dihimpun pada Minggu, 1 Oktober 2023. 

1. Mackenzie Rex Restaurant

Mackenzie Rex Restaurant masuk di urutan pertama restoran halal di Singapura. Restoran yang beralamat di 66 Prinsep Street ini telah ada sejak tahun 1966.

Menu klasik di sini adalah Nasi Hainan yang bergaya oriental. Menilai cita rasanya, Nasi Hainan yang sempat Liputan6.com coba untuk nasi terbilang terasa berbumbu dengan aroma jahe dan kaldu ayamnya.

Keunggulan restoran yang telah melayani beberapa generasi sejak pertama kali berdiri membuatnya selalu dicari. Harga yang ditawarkan restoran ini juga terbilang masih terjangkau dibanding restoran terkenal lainnya di Singapura. Untuk Nasi Hainan yang klasik, mulai dari 5 dolar Singapura, begitu juga menu lainnya yang di bawah 10 dolar Singapura. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Nasi Hainan di The Food Place, Raffles City

Selanjutnya, tempat makan halal di Singapura yang sempat Liputan6.com coba berlokasi di sebuah food court bernama The Food Place, Raffles City. Di sini ada berbagai macam pilihan makanan yang bisa dipilih, mulai dari makanan oriental seperti dari China, Jepang, Thailand, hingga Indonesia.

Di The Food Place juga terdapat pilihan makanan non-halal, sehingga saat mengitari tempat tersebut sebaiknya lihat secara seksama. Tapi tenang saja karena, terdapat pemisahan tempat peralatan makan halal dan non-halal.

Ada beberapa gerai makanan yang menjual menu halal, salah satu yang Liputan6.com coba adalah Nasi Hainan. Harga yang ditawarkan beragam mulai dari kisaran 6 dolar Singapura. Untuk paket Nasi Hainan lengkap yang dipilih didapat seharga 7,3 dolar Singapura yang di dalamnya sudah termasuk sayuran.

3. Ayam Penyet

Masih berlokasi di The Food Place, Raffles City, Anda bisa menemukan menu Indonesia berupa Ayam Penyet. Namun tentu tak seperti di Indonesia, Ayam Penyet di Singapura terbilang cukup mahal yakni sekitar 8 dolar Singapura atau setara hampir Rp100.000 per porsi.

Tapi porsinya terbilang besar, sudah termasuk nasi dan sayurannya lengkap bersama sambal. Pilihan ayam penyet bisa menjadi pelepas kangen, Anda terhadap Indonesia jika selama beberapa hari makan ala India atau menu oriental.

3 dari 4 halaman

4. Zam Zam Singapore

Jika Anda menyambangi kawasan Arab Street yang dekat sekali dengan Masjid Sultan, maka di dekatnya akan ada banyak restoran Timur Tengah termasuk dari Lebanon. Namun harga yang ditawarkan di dekat kawasan sekitar masjid bersejarah tersebut terbilang mahal yakni rata-rata sekitar 15 dolar Singapura atau setara hampir Rp170.000 per porsi. 

Tetapi tepat di seberang Masjid Sultan yang agak jauh dari kawasan, ada Zam Zam Singapore dengan menu khas Timur Tengah. Mereka menawarkan salah satunya Nasi Biryani, nasi goreng dan menu lainnya.

Liputan6.com pun memesan Nasi Biryani Ayam seharga 8 dolar Singapura yang sekitar Rp90.000 per porsi. Saat makanan datang, terlihat porsi yang sangat besar bisa untuk dinikmati oleh dua orang, begitu juga dengan ayam yang telah dibumbui dengan beragam rempah. 

Mengenai cita rasanya, terbilang sangat aromatik. Meski secara visual tak menarik karena penataannya yang kurang, tapi beras basmati yang diolah dengan rempah-rempah itu sangat pas di lidah. Namun sebelum pramusaji mengambilkan menu, sebaiknya minta agar jangan terlalu diberikan kuah yang banyak karena rasanya akan makin berempah dan terasa pedas.

4 dari 4 halaman

5. Poulet Bijou, Jewel Changi Airport

Poulet Bijou merupakan bistro bertema Prancis modern yang menawarkan hidangan klasik Prancis sejak 2012. Restoran ini terkenal dengan menu French Roast Chicken, yakni ayam panggang segar yang direndam semalaman menggunakan resep rahasia internal.

Mengutip dari laman web resminya, Poulet Roti memiliki saus khas, antara lain saus krim jamur home made yang lezat, saus diane, saus cranberry, dan saus lada hitam. Mereka menciptakan simfoni sempurna untuk hidangan khasnya, termasuk pada menu dessert yang bervariasi jika tak menginginkan untuk makan makanan berat. Untuk harganya rata-rata kisaran di atas 10 dolar Singapura per menu.

6. NaNa Thai Restaurant

Ingin merasakan cita rasa Thailand yang cenderung asam manis dan pedas, maka Anda bisa pergi ke NaNa Thai Restaurant yang sudah memiliki sertifikat halal di Singapura. NaNa Thai Restaurant memiliki beberapa cabang, salah satunya berlokasi di Aperia Mall.

Berbagai menu di sini juga beragam pilihannya, kebanyakan cocok dinikmati bersama dalam sebuah grup besar atau keluarga. Pilihan menu yang bisa dipilih antara lain NaNa Seafood Combo, Dry Curry Crab, Cashew Nut Chicken hingga menu sayurannya yang beragam. Untuk harganya berkisar mulai dari 12 dolar Singapura per menu untuk beberapa orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.