Sukses

Konsep Unik di Pernikahan Ahli Gizi, Tiap Menu Makanan Ada Info Jumlah Kalorinya

Informasi jumlah kalori di tiap sajian makanan memungkinkan tamu undangan pernikahan untuk mencegah surplus kalori harian saat kondangan. Konsep ini bisa dibilang ramah pelaku diet.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang paling menjadi perhatian saat resepsi pernikahan adalah makanan atau hidangan yang disediakan. Di acara pernikahan kita bisa mencoba beragam hidangan khas dan memilih mana yang kita sukai.

Namun, pernahkah Anda merasa waswas memilih makanan atau minuman yang disajikan karena takut mengonsumsi terlalu banyak kalori?  Baru-baru beredar sebuah video di media sosial yang cukup unik dan menarik perhatian warganet.

Dalam video berdurasi 20 detik itu, dibagikan momen kondangan unik. "Kondangan ahli gizi: setiap menu ada jumlah kalorinya," tulis akun TikTok @farchuuu dalam video unggahannya pada 25 September 2023.

Sang pemilik akun menunjukkan salah satu menu makanan dalam acara pernikahan tersebut. Pada papan nama, tertulis Chocolava Ice Cream dengan sekitar 335 kkal per porsi. Informasi jumlah kalori memungkinkan tamu undangan untuk mencegah surplus kalori harian saat kondangan. Konsep ini bisa dibilang ramah pelaku diet.

Bisa jadi ini adalah konsep baru dalam menyajikan makanan dalam sebuah resepsi pernikahan, atau mungkin juga sudah pernah diteraptakn sebelumnya tapi baru kali ini menjadi viral. Yang jelas, sampai berita ini dittuli, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 2.9 juta kali, disukai lebih dari 267 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 3.870 kali.

"Boleh juga nih konsepnya bisa jadi inspirasi,” komentar seorang warganet."Mending nggak makan, sih, daripada kepikiran karena tahu kalorinya berapa," komentar warganet lainnya.

"Aku ahli gizi dan memang kepikiran bikin stand makanan ada informasi kalorinya di nikahan aku. Semoga terwujud,” ujar warganet yang lain.

"Aku membutuhkan ini dmna pun tolong org2 ahli gizi bekerja keraslah agar indonesia tiap tmpat makan tag nya ada total kalori/serving 🤣🤣🤣🤣,” tulis warganet lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sajian Makanan Berdasrkan Jurusan Ilmu Lainnya

Menariknya lagi, banyak warganet mengaku terinspirasi untuk membuat membikin konsep penyajian di pesta pernikahan berdasarkan jurusan ilmu lainnya.  "Kondangan anak psikologi, tiap menu ada aja masalahnya," kata seorang warganet.

"Kondangan anak farmasi, tiap menu ada dosisnya," komentar warganet lain.

"Kondangan anak perawat. Setiap mau makan menu prasmanan harus ditensi dulu, ya, dan timbang berat badan,” kata warganet lainnya.

"Kondangan anak peternakan, tiap makanan ada hewan aslinya," komentar warganet lainnya.

"Kondangan ank akuntansi=setiap menu ada anggarannya,” timpal warganet lainnya.

Belum lama ini sebuah konten kondangan layaknya wisata kuliner juga sempat mencuri atensi di jagat maya. Kisah ini dibagikan oleh akun TikTok @olinseftani yang jadi salah seorang tamu di sebuah resepsi pernikahan. Dalam video berdurasi 29 detik tersebut ia berkeliling memperlihatkan sederet suguhan di acara tersebut.

Video dibuka dengan gerobak hingga meja bertaplak putih dipenuhi dengan piring juga mangkuk berisi makanan. Para tamu pun mengantre untuk mengambil satu per satu sajian bak wisata kuliner. 

Ada beberapa merek makanan dan minuman kekinian, sampai es krim yang bebas diambil oleh para tamu undangan. Tak hanya itu, ada pula gerobak yang berisi spesial telur gulung.

3 dari 4 halaman

Beragam Pilihan Makanan

Dalam daftar menu terlihat ada pilihan telur gulung original, telur gulung isi bakso, telur gulung isi sosis, pisang aroma (keju, cokelat, dan pisang cokelat, serta martabak telur. Tamu tampak mengantre untuk mengambil ragam pilihan di gerobak itu.

Selain itu, pilihan makanan lain juga disediakan, mulai dari bakso hingga makanan prasmanan dengan berbagai lauk. Pengunggah juga mengabadikan momen pelaminan dan di akhir video menunjukkan paper bag berisi beragam makanan.

"Kondangan full senyum," tulis akun tersebut. Kolom komentar juga dibanjiri beragam tanggapan dari warganet.

"pengen sih, tapi di komplekku ibu ibunya kang bungkus makanan, gimna kalo dia ambil banyak Dibungkus nya coba, tekor," tulis seorang warganet. Banyak pula warganet yang berkomentar bahwa mereka tidak akan pulang sebelum acara selesai untuk dapat menikmati ragam sajian di undangan

Anggaran untuk katering biasanya menyerap bujet hampir setengah dari biaya pernikahan. Calon pengantin akan memilah menu hingga membatasi jumlah undangan agar bisa menghemat pengeluaran. 

Namun sebenarnya masih ada pertimbangan lain yang membuat bujet katering pernikahan bisa disiasati. Senior Financial Consultant dari ZAP Finance, Tia Wibowo mengatakan membatasi tamu adalah hal pertama yang jadi pertimbangan.

 

4 dari 4 halaman

Bujet Katering Pernikahan

 

"Besaran biaya katering tergantung dengan jumlah tamu yang diundang. Namun, jika memang anggaran terbatas maka harus pintar-pintar memilih tamu undangan," sebut Tia dalam wawancara tertulis dengan Liputan6, Jumat, 29 Juli 2023.

Usai menentukan jumlah tamu undangan, calon pengantin juga harus menghitung jumlah porsi hidangan yang harus disiapkan. Ia menyarankan agar menyederhananya dengan mengalikan dua jumlah tamu undangan kemudian kurangi 10 persen untuk kemungkinan tamu yang tidak hadir.

Tia menambatkan, saat mengurangi bujet katering kualitas makanan dan rasanya tetap bisa menyenangkan hati tamu undangan. Menurutnya bila bujet terbatas selain mengurangi jumlah undangan, dapat disiasati juga dengan mengadakan acara pada jam tertentu, seperti saat tea time.

Melakukan test food terlebih dulu juga menjadi cara, agar didapatkan makanan berkualitas sesuai selera pengantin agar tidak mengecewakan tamu. Selain itu ternyata menurutnya ada pilihan untuk mencari katering yang baru mulai merintis, karena biasanya harganya masih bersahabat dan menawarkan promo menarik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini