Sukses

Dokter Ingatkan Bahaya Konsumsi Kopi Berlebihan Usai Viral Video Pria Minum Kopi Segalon

Video minum kopi segalon itu mendapat tanggapan dari dokter Ayman Alatas. Lewat unggahan di akun TikTok pribadinya, sang dokter menerangkan bahaya minum kopi berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi termasuk minuman favorit banyak orang. Minum kopi bukan saja terasa nikmat, tapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tentunya jika dikonsumsi dengan cara yang benar.

Tapi bagaimana jika minum kopi dalam jumlah yang sangat banyak dalam sehari? Hal itulah yang terlihat dalam sebuah video viral di TikTok. Dalam video tersebut, tampak seorang pria membuat segalon atau satu galon minuman kopi.

Dia juga berusaha meminum semuanya dalam beberapa tahap sampai habis. Video minum kopi segalon itu kemudian mendapat tanggapan dari dokter Ayman Alatas. Lewat unggahan di akun TikTok pribadinya @aymanalts, sang dokter menerangkan bahaya minum kopi berlebihan.

"Jangan ditiru karena itu bisa berefek bahaya bagi kalian kalau minum kopi berlebihan," tukasnya dalam unggahannya pada 23 September 2023. Dokter Ayman Alatas lalu menjelaskan bahwa batas aman kafein yang dikonsumsi seseorang 400 mg atau sekitar empat cangkir dalam sehari.

Selain itu ada beberapa efek konsumsi kafein berlebih, yaitu muncul masalah pencernaan, jantung berdebar tak normal, hingga berpengaruh pada tingkat kecemasan."Bisa dehidrasi juga, tekanan darahnya bisa jadi naik juga. Jadi komplikasinya itu bisa ke mana-mana dan bisa berbahaya sekali," terangnya.

"Aku berharap masnya setelah itu semoga aman-aman aja, nggak kenapa-kenapa, nggak ada efek yang sampai berbahaya,” harapnya,

“Ya, tapi please, jangan ditiru, ya. Jangan dijadikan contoh kalau masnya nggak apa-apa, berarti yang lain nggak apa-apa. Nggak gitu, ya, konsepnya," sambungnya.

Video dokter Ayman yang menyoroti bahaya minum kopi berlebihan telah ditonton sebanyak lebih dari 270 ribu kali dan disukai lebih dari 18 ribu kali sampai berita ini ditulis. Unggahan itu pun mendapat beragam komentar dari para warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kopi dan Asam Lambung

 

"Jangankan minum kopi segalon, minum air mineral segalon aja bisa keracunan kalau berlebihan," ungkap seorang warganet.

“Pertanyaan ku apa nggak eneg gitu loh minum kopi sebanyak itu 😭🥺,” kata warganet yang lain.

“Alhamdulillah gua sering minum kopi tapi tidak berlebihan, maksimal nya hanya 3 gelas sehari itupun hanya pas krja dulu skrng mah hanya 1/2gelas,” ujar warganet lainnya.

“Gw udh satu tahun lebih gk minum kopi krna dulu sehari kadang 3-4x minum trus masuk rs krna kena asam lambung,” timpal warganet lainnya.

Belum lama ini viral di media sosial aksi pria minum kopi satu galon. Habis dalam waktu kurang lebih satu hari saja, warganet jadi khawatir dengan lambungnya karena kafein di dalam kopi dapat mempercepat proses terbentuknya asam lambung.

Aksi pria minum kopi satu galon dan habis dalam waktu kurang lebih satu hari ini ini dilansir Liputan6.com dari laman TikTok @alamsss04, Senin, 25 September 2023.  Dalam video tersebut terlihat sang pemilik akun unggah momen saat ia membuat kopi segalon hingga menghabiskan.

Namun tidak habis dalam sekali duduk, pria tersebut selingi dengan beragam kegiatan mulai dari makan, tidur, sampai main game. Dilihat dari suasananya, sang pria mencoba menghabiskan kopi tersebut tidak lebih dari satu hari. Setelah diselingi dengan berbagai kegiatan, ia pun berhasil habiskan kopi hingga tetes terakhir.

 

3 dari 4 halaman

Pendapat Warganet Soal Minum Kopi Segalon

Ada warganet yang percaya, ada pula yang tak percaya kalau sang pemilik akun berhasil habiskan kopi satu galon dalam waktu kurang dari sehari. Terlepas dari benar atau tidaknya, di akhir video terlihat kopi satu galon tersebut memang sudah habis.

Warganet khawatir dengan lambung pria tersebut kalau hal itu memang benar adanya. Video yang diunggah pada 21 September 2023 ini sudah ditonton lebih dari 33 juta kali, disukai lebih dari 1,5 juta kali dan mendapatkan lebih dari 23 ribu komentar.

"Penjelasnya : 1 gelas kopi 4.5L( 5 jam menahan tidur) + 1 galon 3.785L jadi 4,5L ÷ 840 (gelas) = 3.784,5 (menahan ngntuk 175 Hari) TOTAL KESELURUHAN,” tulis seorang warganet yang mencoba menganalisa berapa lama sang pria menahan kantuk.

"Gapercaya sih kecuali sambil live, org mukbang aja kadang ga semuanya dimakan kok 😂,” komentar warganet yang tidak percaya dengan kebenaran video itu.

Namun beberapa tahun lalu sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi sampai 25 cangkir per hari masih aman untuk jantung. Hal itu telah memicu perdebatan di antara para ahli kesehatan.

Sebagian besar pakar justru menyarankan orang dewasa tidak mengkonsumsi lebih dari 400 miligram kafein per hari atau sekitar empat cangkir kopi, terutama jika Anda mengalami efek samping seperti gelisah, sakit kepala, masalah perut dan gangguan suasana hati. Lalu, amankah minum secangkir kopi setiap jam sehari?

 

4 dari 4 halaman

Dampak Minum 25 Gelas Kopi dalam Sehari

Dilansir dari Antara, 9 Juni 2019, Alice Lichtenstein seorang profesor di Tufts Friedman School of Nutrition Science and Policy mengatakan, data tentang konsumsi kopi yang sangat banyak sangat langka, sehingga sulit untuk memberikan jawaban pasti. Tiap orang juga merespons dan memetabolisme kafein secara berbeda, sehingga risikonya mungkin tidak sama. Namun ada sejumlah hal yang harus diingat.

Mereka yang tekanan darahnya bermasalah punya risiko paling jelas. Kelebihan konsumsi kafein bisa meningkatkan tekanan darah mereka ke tingkat yang tidak sehat. Minum 25 kopi sehari misalnya, mungkin juga akan mempengaruhi tidur. Kurang tidur dikaitkan dengan obesitas dan berbagai penyakit kronis lainnya, belum lagi masalah kelelahan dan kehilangan produktivitas.

Menurut Lichtenstein, ukuran penyajian kopi dan kandungan kafein dapat bervariasi secara drastis --25 cangkir espresso mungkin punya efek yang berbeda dari 25 kopi lainnya, misalnya-- dan minum kopi hitam lebih sehat daripada kopi dengan krim dan gula.

Lichtenstein menambahkan, menyeduh kopi secara terus-menerus bisa jadi adalah tanda ketergantungan, terutama bagi mereka yang merasa tidak dapat berfungsi tanpa kopi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini