Sukses

Bakso Goreng Masuk Daftar 50 Meatballs Terenak di Dunia Versi TasteAtlas

Bakso goreng mencatat skor 4,2 dari 5 dalam daftar 50 Meatballs Terenak di Dunia versi TasteAtlas.

Liputan6.com, Jakarta - Kuliner Indonesia kembali menguatkan portofolio sebagai "langganan" dalam daftar kurasi TasteAtlas, platform panduan online untuk makanan tradisional, ulasan kritikus makanan, serta artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer berbasis di Kroasia. Kali ini, wakilnya adalah bakso goreng.

Sajian itu berada di peringkat 14 dalam list 50 meatballs terenak di dunia. Mengutip situs webnya, Rabu (27/9/2023), dijelaskan bahwa pemeringkatan makanan TasteAtlas didasarkan pada peringkat pemirsa platform tersebut, dengan serangkaian mekanisme yang mengenali pengguna asli.

Pihaknya mengabaikan ulasan bot, nasionalis, serta patriotik lokal, namun memberi nilai tambah pada peringkat pengguna yang diakui sistem sebagai orang yang berpengetahuan. Terkait daftar bakso terlezat di dunia, tercatat ada 3.812 rating, di mana 2.280 di antaranya diakui sah oleh sistem, per Senin, 25 September 2023.

"Pemeringkatan TasteAtlas tidak boleh dilihat sebagai kesimpulan akhir global mengenai pangan," sebut mereka. "Tujuannya adalah mempromosikan makanan lokal yang unggul, menanamkan kebanggaan terhadap hidangan tradisional, dan membangkitkan rasa ingin tahu terhadap hidangan yang belum pernah Anda coba."

Bakso goreng mencatat skor 4,2 dari 5. Pihaknya menulis, "Bakso goreng merupakan jajanan renyah asal Indonesia yang juga dipengaruhi budaya China. Versi goreng adalah salah satu varian bakso yang disajikan di restoran dan warung makan di seluruh Indonesia."

Bakso biasanya dibuat menggunakan kombinasi daging ayam, daging sapi, ikan, udang, atau salah satunya. Untuk membuat bakso goreng, bakso diolah menggunakan daging giling dan campuran merica, bawang putih, minyak wijen, tepung terigu, telur, tepung kanji, gula, dan garam.

"Bakso kemudian digoreng hingga berwarna cokelat keemasan, bagian luarnya renyah, dan biasanya disajikan panas dengan saus sambal," tandanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peringat 3 Teratas

Sementara sajian bakso dengan skor tertinggi, yakni 4,5 dari 5, menempati peringkat tiga teratas. Di peringkat tiga ada youvarlakia, yakni sup asal Yunani yang memadukan bakso daging sapi yang empuk dengan kaldu lembut nan beraroma.

"Bakso dan kuahnya biasanya dibumbui berbagai bumbu segar, dan seluruh hidangan diakhiri tambahan avgolemono, telur kental, dan saus lemon, yang mengentalkan kuah dan menambah rasa gurih yang khas," paparnya. "Secara tradisional dikaitkan dengan musim dingin, youvarlakia biasanya dimakan dengan roti dan dinikmati sebagai hidangan utama yang bergizi."

Lalu, di peringkat dua ada kibbeh, yaitu campuran unik dari gandum bulgur yang direndam bersama bahan lain, biasanya daging domba, dan dianggap sebagai hidangan nasional Lebanon. "Dibumbui dengan harum dan dimakan sebagai camilan untuk santapan santai atau perayaan, Kibbeh bisa disajikan mentah, dipanggang, digoreng, atau disiapkan dalam versi vegetarian, diisi kentang, labu, dan tomat," tulisnya.

Biasanya disajikan dengan daun mint dan ditaburi minyak zaitun. Kata kibbeh berasal dari kata kerja bahasa Arab yang berarti membentuk menjadi bola atau lingkaran. Berbagai macam kibbeh yang digoreng, disebut kibbeh nabilseeyah, dibentuk jadi bola, diisi, kemudian digoreng dengan minyak.

3 dari 4 halaman

Bakso Terenak di Dunia

Posisi pertama ditempati polpette asal Italia. Secara tradisional, sajian ini terdiri dari daging giling atau daging sapi muda atau terkadang daging babi yang dibentuk jadi bola-bola kecil. "Bakso ini biasanya diperkaya dengan berbagai macam bahan, seperti peterseli, telur, bawang putih, bahkan terkadang mortadella atau Parmigiano Reggiano," jelasnya.

Meski beberapa orang mungkin berpikir bahwa polpette umum disajikan dengan pasta, itu sebagian besar merupakan makanan khas Amerika, polpette Italia biasanya dikonsumsi sendiri sebagai camilan, hidangan pembuka, atau makanan ringan yang sangat disukai anak-anak dari segala usia.

Sementara itu, ini bukan kali pertama makanan Indonesia masuk dalam daftar kurasi TasteAtlas. Sebelumnya, nasi goreng hingga tempe orek berhasil masuk dalam daftar tumisan terbaik di dunia, menurut platform tersebut. Daftar tersebut dibagikan dalam laman resmi TasteAtlas pada 13 September 2023 dengan 3.057 rating.

Nasi goreng berhasil duduk di peringkat ke-11 dengan poin 4,4 dari 5. Berlanjut, ada sajian nasi goreng ayam di posisi ke-14 dengan poin 4,4 dari 5. 

4 dari 4 halaman

Makanan Tumis dari Indonesia

Tidak ketinggalan, ada pula tempe orek di posisi ke-38 dengan 3,9 dari 5. Ini adalah salah satu cara menyajikan tempe yang paling umum di Indonesia. "Satu blok tempe diiris dan digoreng dengan kecap manis dan berbagai bahan lain yang biasanya berupa irisan cabai, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, lengkuas, air asam jawa, dan gula jawa," bunyi keterangan itu.

Kemudian, terdapat capcai di peringkat ke-42 dengan nilai 3,7 dari 5. Tumisan ini biasanya berbahan dasar sayuran, seperti kubis, wortel, kembang kol, daun bawang, jamur, atau brokoli, namun terkadang dibuat dengan tambahan bakso daging sapi, udang, ayam, atau ikan.

"Bahan-bahannya ditumis lalu akhiri dengan tambahan kuah kental yang biasanya memadukan kaldu daging atau sayur, saus tiram, bumbu halus, tepung maizena, dan terkadang kecap," jelas TasteAtlas. "Hidangan ini dibuat di bawah pengaruh kuliner China dan dalam dialek Hokkien, nama capcai diterjemahkan menjadi sayuran campur." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini