Sukses

Emak-Emak di Depok Bikin Bingung, Bawa Timbangan Usai Petugas Damkar Evakuasi Ular Piton

Seorang emak-emak berbaju kuning tampak menimbang ular piton yang sudah dimasukkan ke dalam karung oleh damkar. Jarum timbangan menunjukkan berat ular sebesar 5 kilogram.

Liputan6.com, Jakarta - Emak-emak kerap menyita perhatian dengan beragam aksi tak terduga. Baru-baru ini, sebuah kejadian unik terjadi saat evakuasi ular piton di sebuah permukiman di Depok, seperti yang dibagikan oleh akun TikTok @arifdamkar_ pada Senin, 4 September 2023.

Akun TikTok yang diketahui dimiliki seorang petugas damkar bernama Arif ini semula hanya ingin membagikan momen ketika ia dan tim dari pemadam kebakaran berhasil menangkap seekor ular piton berukuran besar. Video tersebut memperlihatkan bagaimana mereka berupaya keras untuk mengevakuasi ular dari kawasan pemukiman.

Tak disangka, setelah ular piton tersebut berhasil diamankan dan dimasukkan ke dalam karung, sebuah kejutan datang dari seorang emak-emak. Ia datang dengan percaya diri sambil membawa timbangan, seperti yang biasa digunakan untuk menimbang bahan-bahan kue di rumah.

Dengan langkah cepat, emak-emak yang mengenakan baju berwarna kuning tersebut meletakkan karung berisi ular piton di atas timbangan. Semua mata yang ada di lokasi seketika tertuju pada jarum timbangan yang bergerak dan menunjukkan angka sekitar 5 kilogram.

Ternyata, rasa penasaran emak-emak tersebut bukan tanpa alasan, ia tampak sangat ingin tahu seberat apa ular piton yang berhasil ditangkap. Tentu saja, momen ini menjadi salah satu bagian yang mencuri perhatian dan membuat video tersebut menjadi lebih menarik di mata warganet.

"emang ada bae kelakuan ibu² kalau kita lagi kerja," tulis akun tersebut pada unggahannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suguhkan Es Teh dan Gorengan

Tak hanya berinisiatif membawa timbangan, emak-emak yang berdomisili di dekat lokasi evakuasi ular juga memberikan es teh untuk petugas pemadam kebakaran. Minuman yang tersaji dalam kantong plastik itu ditemani dengan aneka gorengan yang tersaji di sebuah piring.

Perilaku emak-emak tersebut dengan cepat menjadi sorotan bagi netizen. Banyak dari mereka yang merasa terhibur dengan tindakan spontan dari emak-emak tersebut.

"Ditimbang biar lebih seru kalo ngerumpi ama desa sebelah," tulis salah satu akun di kolom komentar.

"Tadi diruma tetangga ada uler gede banget, beratnya se anak elu"," tulis warganet lain.

"Baru kali ini nemu ular yang dibahas "berapa kilo mak?" biasanya "berapa meter tuh ularnya 😂" bubuh akun lainnya.

Evakuasi serupa juga pernah dilakukan petugas damkar lain dalam kesempatan berbeda. Berdasarkan laporan dari kanal Citizen6 Liputan6.com, pengguna TikTok dengan akun @baju_skoda mengunggah video yang menunjukkan petugas kebakaran sedang mengevakuasi ular di plafon rumah milik warga. 

Video berdurasi 1 menit 31 detik yang diunggah pada Minggu, 12 Februari 2023, itu awalnya memperlihatkan detik-detik seekor ular piton berukuran besar yang menjuntai dari plafon sebuah rumah, yang kemudian terlihat beberapa pemadam kebakaran menarik ular tersebut dengan alat bantu.

3 dari 4 halaman

Tak Hanya Satu Ular

Dari plafon yang setengah bolong, tampak ekor ular yang menggantung. Petugas damkar segera mengambil alat khusus mereka untuk menangkap ular tersebut. Plafon sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan parah dan tidak stabil.

Saat petugas mencoba menarik ular itu, tak diduga plafon rumah malah ambruk. Tapi, kejutan sesungguhnya adalah saat terungkap bahwa di dalam plafon bukan hanya ada satu ular, melainkan ada dua ular piton sekaligus dengan ukuran yang mengejutkan.

Ular pertama, yang ekornya tampak pertama kali, belum sempat jatuh ke lantai ketika plafon runtuh karena ditahan oleh petugas. Namun, saat petugas memilih untuk mundur, ular tersebut jatuh dan terguling di atas kasur yang ada di ruangan itu. Sementara itu, ular kedua tampak mencoba merayap keluar dari reruntuhan plafon.

Mereka menarik badan ular pertama, dan dengan hati-hati membawanya keluar ruangan. Ular raksasa itu kemudian diamankan dalam kandang besi yang telah disiapkan, sementara tim lain bekerja untuk menangani ular kedua. 

4 dari 4 halaman

Bikin Merinding

Meski lokasi pasti dari kejadian ini belum diketahui dengan jelas, dari beberapa petunjuk, banyak yang menduga bahwa kejadian ini berlangsung di sebuah wilayah di Malaysia. Dalam waktu singkat, video tersebut telah disaksikan lebih dari 34 juta kali, respons netizen pun beragam.

Dari sekian banyak komentar yang muncul, rasa kaget mendominasi respons para warganet. Sebagian mengajukan pertanyaan dan spekulasi tentang bagaimana ular-ular besar itu bisa berada di plafon rumah tersebut.

Astagfirullah ya Allah kenapa sampai ada ular segede itu di dalam rumah mana ada 2 , merinding,” tulis akun @Nazindaollshop. 

Jadi parno kalo ada yang gedebak gedebuk diatas plapon,” tulis akun @oy_Oyen.

"Kalian bertanya napa 🐍 ular sering ditemukan di atas asbes? Karena di atas asbes hawa nya Lembab disebabkan dingin nya AC tu sering terjadi di atap," akun @Mindset_2022 beri penjelasan. 

"Sepasang gitu mah pasti beranak pinak. Curiga banyak ular-ular kecil lainnya.. ahhh udah fix pindah rumah," kata akun @Joanitha_jo khawatir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.