Sukses

KTT ASEAN 2023, PM Timor Leste Xanana Gusmao Ikut Joget Saat Disambut Tarian Khas Betawi

Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin, 4 September 2023 untuk menghadiri KTT ASEAN 2023. Kedatangannya disambut Pelaksana Jabatan Gubernur Banten Al Muktabar dan Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Talenta Kemendikbud Ristek Tatang Musttaqin.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri (PM) Timor Leste Xanana Gusmao tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin, 4 September 2023 untuk menghadiri KTT ASEAN 2023. Kedatangannya disambut Pelaksana Jabatan Gubernur Banten Al Muktabar dan Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Talenta Kemendikbud Ristek Tatang Musttaqin.

Saat turun dari mobil, Xanana Gusmao dikalungi selendang bergambar ondel-ondel. Ia juga disambut dengan tarian tradisional Betawi dari tim kesenian. Momen tersebut diabadikan dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden pada Senin, 4 September 2023.

Awalnya, Xanana menyaksikan tarian dengan saksama sambil ikut menggoyangkan badan dan menganggukkan kepala. Menariknya, ia akhirnya ikut berjoget mengikuti alunan musik dengan penuh semangat.

Setelahnya, seperti dikutip dari laman setkab.go.id, pertemuan bilateral terjadi antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Xanana Gusmao di Istana Merdeka, Jakarta di hari yang sama. Di kesempatan itu, Jokowi membahas penyelesaian batas darat dan mengajak pemerintah Timor Leste membentuk kawasan ekonomi di perbatasan kedua negara.

Dalam keterangan selepas pertemuan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut bahwa Jokowi mengharapkan batas darat dapat diselesaikan akhir tahun ini. "Kedua pemimpin juga menyepakati bahwa kerja sama ekonomi, terutama di daerah perbatasan, penting untuk ditingkatkan," lanjutnya.

Retno menyebut, Xanana mengapresiasi dukungan Indonesia pada Timor Leste dalam keanggotaan ASEAN. Dikatakannya, Jokowi juga menekankan dukungan ke depan untuk capacity building dalam rangka mempercepat keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN.

"PM Xanana Gusmao juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan center gravity of a peace dan effective voice dari perdamaian," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Delegasi 22 Negara yang Hadiri KTT ke-43 ASEAN

Dikutip dari Global Liputan6.com, satu per satu tamu undangan KTT ke-43 ASEAN mulai berdatangan di Jakarta. Menurut informasi dari pernyataan tertulis dari tim komunikasi dan media KTT ke-43 ASEAN 2023, yang dikutip Senin, 4 September 2023, total ada 22 delegasi negara yang menghadiri KTT ke-43 ASEAN 2023, yakni:

  1. Indonesia
  2. Singapura
  3. Thailand
  4. Malaysia
  5. Filipina
  6. Brunei Darussalam
  7. Vietnam
  8. Laos
  9. Myanmar
  10. Kamboja
  11. Timor Leste

Kemudian, ada delegasi sembilan negara mitra yang diundang, yaitu:

  1. Korea Selatan
  2. India
  3. Jepang
  4. China
  5. Selandia Baru
  6. Kanada
  7. Australia
  8. Rusia
  9. Amerika Serikat (AS)

Ada tambahan dua negara lagi yang diundang untuk hadir pada KTT ASEAN 2023, yakni:

  1. Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA)
  2. Cook Islands sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF)

Indonesia juga akan mengundang sejumlah organisasi internasional:

  1. Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB)
  2. World Bank
  3. International Monetary Fund (IMF)
  4. World Economic Forum
  5. Indian Ocean Rim Association (IORA)
  6. Public Investment Fund (PIF)
3 dari 4 halaman

Hutan Kota GBK Bakal Jadi Lokasi Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN

Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan tuan rumah untuk KTT ke-43 ASEAN 2023. Gelaran akbar tingkat regional tersebut akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada 5--7 September 2023.

Selaku tuan rumah, sejumlah persiapan dilakukan pemerintah Indonesia. Salah satunya adalah jamuan makan malam para kepala negara dan tamu-tamu VVIP atau gala dinner KTT ke-43 ASEAN 2023.

Dikutip dari laman indonesia.go.id, Minggu, 3 September 2023, gala dinner tersebut siap dilaksanakan di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) pada Rabu malam, 5 September 2023. Hutan Kota GBK sendiri berada di dalam kawasan Komplek Stadion GBK, Senayan, Jakarta.

Yozua Makes dari Plataran Group ditunjuk oleh Kementerian Sekretaris Negara melalui Pusat Pengelolaan Komplek GBK (PPKGBK) untuk ambil bagian dari agenda tersebut. Pihaknya diminta untuk ikut membantu pengelolaan kawasan hijau seluas 4,5 hektare itu.

"Iya benar, kami sudah diberitahu oleh pemerintah sejak beberapa bulan lalu Hutan Kota GBK dijadikan tempat santap malam kenegaraan para tamu VVIP dan delegasi yang ikut serta dalam KTT ke-43 ASEAN 2023," kata Yozua.

4 dari 4 halaman

Hutan Kota GBK

Ia melanjutkan bahwa Presiden Joko Widodo sendiri yang memilih lokasi gala dinner. "Kami hanya diminta menyiapkan tempat dan fasilitas penunjang lainnya seperti dapur, ruang makan utama serta beberapa tempat lain dari Hutan Kota GBK ini untuk pengisi acara gala dinner," tambahnya.

Menurut pernyataan Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam acara diskusi daring Kementerian Komunikasi dan Informatika, Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9), Jumat, 25 Agustus 2023 disebutkan bahwa Hutan Kota GBK menjadi satu dari dua lokasi di luar arena Jakarta Convention Center yang dipakai untuk kegiatan utama KTT ke-43 ASEAN 2023. Lokasi penyelenggaraan acara ini adalah Taman Mini Indonesia Indah untuk acara Spouse Program.

Dikatakan Satya, akan dilakukan rekayasa lalu lintas untuk kelancaran acara gala dinner. Salah satunya dengan menutup sebagian Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, saat gala dinner yang dilakukan mulai dari Jembatan Semanggi hingga Bundaran Senayan.

Pihaknya tetap mengupayakan agar mobilitas masyarakat tetap berjalan. Hutan Kota GBK adalah upaya Kementerian Sekretariat Negara selaku pemilik Komplek Stadion GBK pada 2016 lalu untuk mengembalikan fungsi areal komersial di sekitar kawasan olahraga seluas 295 hektare tersebut sebagai kawasan konservasi hijau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini