Sukses

10 Makanan Indonesia Terbaik Versi TasteAtlas, dari Pempek hingga Siomay

Makanan Indonesia telah tersohor cita rasa dan kelezatannya hingga ke mancanegara. Hal tersebut tergambar pula dari TasteAtlas yang merilis daftar makanan Indonesia terbaik yang diambil berdasarkan para rating dari audiens.

Liputan6.com, Jakarta - Makanan Indonesia telah tersohor cita rasa dan kelezatannya hingga ke mancanegara. Hal tersebut tergambar pula dari TasteAtlas yang merilis daftar makanan Indonesia terbaik yang diambil berdasarkan para rating dari audiens.

Dikutip dari TasteAtlas, Kamis (31/8/2023), penilaian makanan Indonesia ini melalui serangkaian mekanisme, mulai dari mengenali pengguna sebenarnya dan mengabaikan rating bot, nasionalis atau patriotik lokal, dan memberikan nilai tambahan pada rating pengguna yang diakui sistem berpengetahuan luas. Untuk daftar "10 Makanan Indonesia dengan Rating Terbaik" hingga 27 Agustus 2023, tercatat sebanyak 4.707 rating, dengan 2.876 di antaranya diakui oleh sistem sebagai rating sah.

Lantas, mana saja ke-10 makanan tersebut? Yuk, simak rangkumannya berikut ini.

10. Pempek (4.6)

Pempek adalah kue ikan tradisional Indonesia yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Asal masakan ini sebenarnya dari Kota Palembang yang terletak di provinsi Sumatera Selatan.

"Kisah asal muasal pempek menceritakan bahwa seorang warga palembang yang sudah tua sudah bosan dengan ikan yang digoreng atau dibakar secara tradisional, sehingga ia memikirkan cara inovatif untuk menggiling dagingnya, mencampurkannya dengan tepung tapioka, dan menggorengnya hingga mendapatkan camilan yang renyah dan lezat," bunyi keterangan tersebut.

9. Pecel (4.6)

TasteAtlas menulis bahwa pecel Indonesia bisa merujuk pada saus kacang yang harum atau kombinasi saus dan berbagai sayuran. Bahan dasar sausnya terbuat dari kacang tanah panggang dan rempah-rempah yang biasanya meliputi cabai, gula jawa, bawang putih, air asam jawa, terasi, daun jeruk purut, garam, dan kencur, sejenis jahe aromatik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

8. Ayam Goreng (4.6)

Ayam goreng ala Indonesia terdiri dari potongan ayam dan bagian yang lebih disukai adalah dada atau paha. Ayam direndam dalam bumbu, kemudian direbus sebentar sebelum digoreng hingga berwarna keemasan dan renyah.

Bumbunya biasanya berbahan dasar rempah-rempah tradisional seperti serai, lengkuas, kunyit, dan asam jawa. Namun karena hidangan ini dinikmati di seluruh negeri, hidangan ini tersedia dalam berbagai variasi regional yang mungkin mencakup bumbu dan bumbu lainnya.

7. Manggis (4.6)

Manggis merupakan tanaman tropis yang ditanam karena buahnya yang manis. Asal-usulnya diyakini berada di Kepulauan Sunda, yang kini terbagi antara Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Timor Timur. Ciri khas manggis adalah kulitnya yang berwarna ungu tua, kokoh menutupi dan melindungi buah putih yang dapat dimakan.

6. Nasi Campur (4.7)

Nasi campur merupakan salah satu masakan Indonesia yang paling populer. Sajian ini terdiri dari setumpuk nasi dan berbagai macam lauk, bahan, dan bumbu. Biasanya disajikan dalam bentuk prasmanan dan pelanggan dapat dengan bebas memilih dari berbagai pilihan.

 
3 dari 4 halaman

5. Rawon (4.7)

Rawon merupakan masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dari daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, unsur kuncinya adalah buah kluwek, kacang hitam Indonesia.

4. Batagor (4.8)

Salah satu jajanan paling terkenal di Indonesia adalah batagor, pangsit ikan goreng yang disajikan dengan saus pedas tradisional. Ini berakar pada tradisi kuliner Tiongkok, yang telah meninggalkan jejak pada banyak masakan Indonesia. Meski jajanan terkenal ini mengingatkan kita pada pangsit China yang lebih terkenal, namun ciri khasnya adalah digoreng, bukan dikukus.

3. Nasi Padang (4.9)

Nasi Padang adalah kombinasi nasi Indonesia dan berbagai macam hidangan tradisional Padang. Dianggap lebih sebagai santapan atau gaya makan daripada hidangan, nasi Padang dapat disajikan dalam dua cara, yakni ketika pelayan biasanya membawakan nasi dan puluhan hidangan, atau sebagai pesanan dengan pelanggan disuguhi nasi di piring dan kemudian memilih hidangan.

 
4 dari 4 halaman

2. Roti Canai (4.9)

Roti canai adalah roti pipih goreng tradisional yang terbuat dari tepung, air, telur, dan lemak asal India, juga dikonsumsi di Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunei, dan Thailand. Adonan roti canai dilipat berkali-kali sehingga hasil akhirnya memiliki tekstur berlapis, bagian dalam lembut, dan lapisan luar renyah.

Lemak yang paling umum digunakan dalam roti canai adalah ghee, mentega tradisional India. Konon masakan ini berasal dari India ketika para buruh India yang merantau ke Malaysia membawa resep dan tradisi pembuatan kue kering renyah ini ke luar negeri.

1. Siomay (4.9)

Siomay adalah masakan Indonesia yang terdiri dari pangsit ikan kukus berbentuk kerucut, telur, kentang, kubis, tahu, dan pare. Setelah dikukus, semua bahan diletakkan di piring, dipotong-potong seukuran sekali gigit, dan ditaburi saus kacang pedas. Sentuhan terakhir pada hidangan ini adalah siraman kecap manis dan sambal, serta sedikit perasan jeruk nipis.

Di Indonesia, siomay merupakan masakan sehari-hari yang sangat digemari oleh kalangan pelajar. Ini adalah makanan yang umum ditemui di pusat jajanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini