Sukses

IIPE 2023 Ajak Pencinta Hewan Ikut Lindungi dan Lestarikan Keanekaragaman Fauna Indonesia

Menurut Didit Siswodwiatmoko, selaku Direktur Utama Temali Indonesia sekaligus Ketua Penyelenggara IIPE 2023, Indonesia merupakan negara yang punya keanekaragaman fauna. Ini jadi tanggung jawab kita bersama untuk turut melindungi dan melestarikan hewan-hewan.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran hewan peliharaan terbesar di Indonesia, Indonesia International Pet Expo (IIPE), hadir kembali di 2023. IIPE 2023 akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD - Tangerang, 1--3 September 2023. Pada pelaksanaan di 2022, IIPE berhasil menghadirkan 29 komunitas pencinta berbagai hewan peliharaan, 186 exhibitor, dan lebih dari 53.000 pengunjung di area seluas 14.400 meter persegi.

Di IIPE tahun ini yang mengangkat tema "The Enchanting World of Pet", Temali Indonesia sebagai penyelenggara, akan mentargetkan 70.000 pengunjung dan lebih dari 200 exhibitor. Event berskala internasional, yang akan digelar untuk ke-9 kalinya ini, merupakan ajang yang sangat ditunggu oleh para pencinta hewan peliharaan.

Secara umum hewan-hewan peliharaan yang akan dihadirkan dibagi menjadi sejumlah kategori, yaitu reptil, hewan air, unggas, hewan rumah, dan hewan eksotis. Keseluruhannya dapat disaksikan di area seluas 19.440 meter persegi. Menurut Didit Siswodwiatmoko, selaku Direktur Utama Temali Indonesia sekaligus Ketua Penyelenggara IIPE 2023, Indonesia merupakan negara yang punya keanekaragaman fauna.

"Ini jadi tanggung jawab kita bersama untuk turut melindungi dan melestarikan agar hewan-hewan tersebut dapat terus berkembangbiak serta diperlakukan dengan layak. Event berskala internasional ini merupakan wujud kepedulian komunitas dan para pencinta hewan peliharaan di Indonesia terhadap animal welfare," tutur Didit dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (30/8/2023).

"Ajang ini bisa menjadi sarana pertukaran informasi dan edukasi, jadi para pemilik bukan hanya bisa merawat tapi juga turut memperhatikan kesejahteraan hewan-hewan peliharaannya tersebut," tambahnya. "Kami berharap annual event ini juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara."

Di antara exhibitor akan hadir special booth dari "deHakims Channel", akun YouTube resmi milik Irfan Hakim. Keluarga deHakims akan diwakili oleh beberapa hewan milik mereka termasuk yang lahir di deHakims.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Irfan Hakim Antusias Sambut IIPE 2023

Irfan Hakim mengaku sangat antusias menyambut event hewan peliharaan terbesar di Indonesia ini. Ia berjanji akan memberikan pengalaman kepada seluruh pengunjung dan subscribers deHakims agar bisa lebih mengenal channel miliknya.

"Kita juga akan berinteraksi dengan pengunjung melalui hewan hewan unik yang nantinya kita perkenalkan sebagai sarana edukasi," kata Irfan yang memelihara banyak hewan di rumahnya.

Selaras dengan tema yang diusung, exhibitor yang akan hadir pun akan semakin beragam dan menyesuaikan dengan seluruh kebutuhan kesehatan dan perawatan hewan peliharaan, yakni makanan, vitamin, produk perawatan, dokter spesialis hewan, aksesori, jasa pengasuh hewan peliharaan hingga toko ritel. Produk-produk yang dijual dan dipamerkan akan bervariasi mulai dari merek impor hingga brand lokal.

Selain penjualan produk, IIPE 2023 akan menampilkan special show dari beberapa komunitas, yaitu international dog show, international cat show, kontes ketangkasan anjing, talkshow edukatif, seminar dokter hewan, entertainment, dan tidak ketinggalan area F&B agar para pengunjung semakin nyaman.

3 dari 4 halaman

Berbagai Jenis Hewan Peliharaan

Pada kontes anjing dan kucing, pihak penyelenggara secara khusus mendatangkan para juri yang punya kompetensi di kelas internasional. Para pengunjung akan disuguhkan uji ketangkasan dari anjing dan kucing dari berbagai ras yang sudah terlatih.

Ada juga kontes burung kicau dengan hadiah puluhan juta rupiah. IIPE juga bekerjasama dengan Indonesia Veterinary Medical Association, dengan mengadakan Banten Veterinary Conference pada 1--3 September 2023 di tempat yang sama. Pengunjung yang ingin datang dapat membeli tiket masuk sebesar Rp60 ribu per orang melalui Tokopedia dengan kata kunci "Official Tiket IIPE 2023" pada menu pencarian.

Di tahun lalu, Indonesia International Pet Expo digelar setelah terhenti akibat pandemi Covid-19. Event yang menampilkan berbagai jenis hewan peliharaan ini digelar selama tiga hari pada 26--28 Agustus 2022 di Indonesia Convention Centre (ICE) BSD City, Tangerang.

Didit Siswodwiatmoko yang saat itu juga menjadi Ketua Panitia IIPE 2022, mengatakan pameran ini turut menampilkan berbagai jenis hewan peliharaan, mulai dari kucing, anjing, kelinci sugar glider, burung, reptil, ikan, dan lainnya. 

4 dari 4 halaman

Komunitas Pencinta Hewan

Ajang ini bertujuan untuk mengedukasi para pecinta hewan peliharaan, termasuk mempertemukan para pencinta hewan peliharaan dengan aktivis, komunitas, para pelaku pebisnis. "Tentunya untuk mempersatukan para pecinta hewan, aktivis, komunitas, para pelaku pebisnis, dan masih banyak lagi, supaya mereka bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman," kata Didit, Sabtu, 27 Agustus 2022.

IIPE 2022 sendiri merupakan event terbesar di Indonesia bagi para pecinta hewan peliharaan yang selenggarakan oleh Temali Indonesia selama tiga hari di Hall 8, 9, 10 Indonesia Convention Centre (ICE) BSD City, Tangerang. Event tersebut menghadirkan beragam produk makanan dan perlengkapan khusus hewan peliharaan, talkshow, atraksi, hingga kontes hewan peliharaan.

Selain itu, event yang sempat tertunda dua tahun akibat pandemi covid-19 ini juga dimeriahkan oleh 34 sponsor, 19 partner, dan 205 exhibitor. IIPE 2022 resmi dibuka 26 Agustus  2022 dihadiri Direktur PT Temali Indonesia sekaligus ketua panitia acara, Ketua PDHI cabang Banten II, dan Ketua Umum ASPERAPI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini