Sukses

Vogue Singapura Ulas Jamu Sebagai Praktik Wellness di Kalangan Perempuan Melayu

Jamu sebagai bagian dari seni penyembuhan di kalangan perempuan Melayu, entah dari Indonesia, Malaysia, maupun Singapura, diulas dalam seri "Medicine Women" Vogue Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Jamu sebagai bagian dari seni penyembuhan di kalangan perempuan Melayu, entah dari Indonesia, Malaysia, maupun Singapura, diulas dalam seri "Medicine Women" Vogue Singapura. Bersama jamu, bengkung dan mandi bunga pun dibahas dalam ulasan yang diterbitkan pada 7 Maret 2023 itu.

Melansir situs webnya, Senin, 21 Agustus 2023, bahasan jamu dan lulur melayu diwakilkan pebisnis sekaligus model asal Singapura, Dana Safia. Ia berkata, "Nenek saya biasa memproduksi obat tradisional untuk kami dan kliennya saat saya masih kecil. Saat itu, minat saya kecil hingga saya menyadari betapa pentingnya menyeimbangkan pengobatan modern dan tradisional."

Lini bisnisnya, yakni Jamu by Dana Safia dan Tresna Rejuvenating Lulur, masing-masing disebut menggunakan resep turun-temurun dari keluarganya. Dijelaskan bahwa jamu adalah ramuan tanaman obat yang ampuh, menggunakan bahan-bahan asli dan bervariasi, termasuk akar, bunga, rempah-rempah, dan kulit kayu yang dicampur, lalu diolah jadi tonik maupun pasta herbal.

Ramuan jamu secara umum digunakan untuk "memperkuat dan menjaga kekebalan tubuh." "Pasta jamu yang digunakan bersama pijatan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan retensi air, menghilangkan 'angin,' mendukung keluarnya lochia, serta membantu pemulihan rahim," catat publikasi itu.

"Tonikum penambah daya tahan tubuh yang mengandung kayu rapet dan manjakani ini juga dipercaya dapat menjaga kandungan dan kesehatan wanita secara umum. Bahan umum lainnya pun kaya antioksidan dan anti-inflamasi, seperti kunyit, kencur, serai dan madu yang meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, dan menjaga tubuh 'hangat'," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pijat Jamu Pelangsing yang Populer di Singapura

Dana berkata, "Pondasi resep kami berasal dari (resep) nenek moyang kami yang memanfaatkan tumbuhan alami dan herbal, tanpa bahan kimia atau pengawet yang ditambahkan ke produk kami, sehingga umur simpan jamu kami pendek."

Sementara, lulur dulunya adalah perawatan tubuh yang diperuntukkan bagi bangsawan dan pengantin yang akan mengikuti ritual kecantikan setiap hari selama 40 hari sebelum hari besarnya. Ritual lulur di seluruh Indonesia, Malaysia, dan Singapura kini sudah jadi hal yang lumrah, namun resep lulur Safia memungkinkan perawatan diri dari rumah.

Sebelumnya sudah diulas bahwa pijat jamu pelangsing memang populer di Singapura. Melansir PN Singapore, 18 Juli 2023, paket pijat jamu pelangsing biasanya dilengkapi produk jamu di dalamnya. Di antara produk yang umum adalah minyak pijat, seperti minyak biji anggur, serai, lemon, losion jahe, pilis, dan tapel.

Minyak akan digunakan selama sesi pemijatan dan Anda akan terus menggunakan losion setelah pemijatan untuk menghangatkan diri dan meningkatkan peremajaan kulit. Pilis adalah ramuan herbal yang akan dioleskan di dahi, sementara tapel diaplikasikan di perut selama sesi pemijatan.

3 dari 4 halaman

Prosedur Pijat Jamu Pelangsing

Disebutkan bahwa keduanya dipercaya membantu mengeluarkan angin dan meningkatkan hasil pelangsingan. Bagi orang-orang dari budaya tertentu, pijat jamu pelangsing mencakup prosedur lengkap dari apa yang dilakukan selama dan setelah pijat seluruh tubuh.

Prosedurnya biasanya meliputi pemijatan seluruh tubuh menggunakan minyak jamu, mengoleskan pasta jamu (pilis dan tapel) setelahnya, dan "perekatan" yang dapat disesuaikan di area perut. Berasal dari abad ke-17, jamu pertama kali muncul di sekitar Asia Tenggara, khususnya masyarakat Jawa, dari mana istilah itu diciptakan.

Konsep jamu sebagai obat tradisional yang terpercaya telah diwariskan secara turun-temurun. "Meski sering diasosiasikan dengan budaya Jawa dan Indonesia, pijat jamu juga berasimilasi dengan budaya Cina, India, dan lainnya, terutama sebagai bagian dari praktik perawatan setelah melahirkan," catatnya.

Meski hanya disebut pijat jamu secara luas dalam budaya Melayu, budaya praktis lain pun menggunakan minyak yang sama dan metode serupa untuk proses selama dan setelah pijat.

"Hampir semua budaya yang Anda kenal akan memiliki versi pijat dengan ramuan serupa, tapi prosedur berbeda sesuai apa yang mereka warisi dari generasi lebih tua. Beberapa menganggapnya sebagai bagian penting dari praktik pelestarian budaya tradisional masing-masing," catatnya.

4 dari 4 halaman

Seberapa Efektif?

Dibanding pijatan biasa yang terutama menghilangkan ketegangan otot, pijat jamu pelangsing lebih berfokus pada jaringan dalam tubuh yang dilakukan pemijat terampil. Ini melibatkan tekanan ibu jari yang dalam di mana sensasi sakit ringan dapat dirasakan.

Pijat ini secara khusus menargetkan ketegangan yang muncul selama kehamilan, serta mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pascamelahirkan. Selama kehamilan, Anda akan memberi tekanan yang sangat besar pada beberapa bagian tubuh, terutama punggung dan kaki.

Berbeda dengan tubuh orang yang sehat, tubuh ibu baru dikatakan memiliki konstitusi lebih buruk karena masih dalam proses penyembuhan dari luka melahirkan. Terapis pijat biasanya akan menyesuaikan teknik pemijatan agar sesuai dengan kondisi dan rasa sakit setiap ibu.

Fokus utama pijat terkenal ini adalah efek pelangsingan. Pijat pascamelahirkan dilakukan dengan tujuan utama yang sama, sehingga penggunaan produk jamu yang hangat dan menenangkan juga sangat disukai.

Efektivitas pijat jamu pelangsing sepenuhnya tergantung pada individu. Ini bekerja secara berbeda bagi setiap orang. Bagi sebagian orang, hasilnya dapat terlihat sangat awal, hanya setelah beberapa sesi, sementara yang lain mulai melihat perubahan setelah menyelesaikan lebih dari 10 sesi.

 

Disclaimer: Jamu adalah ramuan tradional berbahan alami yang bisa membantu kesehatan tubuh. Bila ada keluhan kesehatan, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini