Sukses

Gelombang Panas Bikin Anak-Anak Sekolah Bertambah Rentan Terkena Masalah Kesehatan

Selama rekor gelombang panas terpanas dalam sejarah, jutaan siswa masih harus berangkat ke sekolah di bulan Agustus ini.

Liputan6.com, Jakarta - Selama rekor gelombang panas terpanas dalam sejarah, jutaan siswa masih harus berangkat ke sekolah pada Agustus 2023. Melansir CNN Health pada Kamis, 3 Agustus 2023, sekolah telah dimulai di Atlanta dan San Bernardino, California dengan suhu mencapai lebih dari 90 derajat Fahrenheit atau yang setara dengan 32 derajat Celcius minggu ini.

"Ketika indeks suhu mencapai lebih dari 32 derajat Celcius, kita berada dalam zona bahaya yang tinggi. Ini menimbulkan ancaman kesehatan serius seperti heat stroke dan kondisi terkait panas," ungkap Dr. Lisa Patel, seorang dokter anak dan Profesor Asosiasi Klinis Pediatri di Stanford Medicine Children's Health di California.

Di Phoenix dan beberapa kota lainnya di Maricopa County, Arizona, banyak siswa telah memulai tahun ajaran baru meski suhu baru-baru ini mencapai 43 derajat Celcius. Suhu ini sangat tinggi hingga bisa menyebabkan kondisi serius, bahkan luka bakar yang mengancam jiwa jika seseorang terjatuh ke tanah, sesuai laporan CNN.

Di New Orleans dan Baton Rouge, Louisiana, anak sekolah juga mulai kembali ke sekolah minggu ini dengan prediksi suhu mencapai sekitar 37,8 derajat Celcius. Patel, yang juga merupakan Direktur Eksekutif Konsorsium Masyarakat Medis untuk Iklim dan Kesehatan, menambahkan, "Perlu diingat bahwa anak-anak berada di antara kelompok yang paling rentan terhadap efek heat exhaustion dan heat stroke."

Jadi, apa yang dapat dilakukan oleh orangtua? Meski cuaca sangat panas, kehadiran anak-anak di sekolah adalah esensial untuk pertumbuhan emosi, mental, sosial, dan pendidikan mereka, sebuah pelajaran yang telah kita pahami selama pandemi, menurut para pakar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fasilitas Pendingin Ruangan

Bagi keluarga yang merasa khawatir, mereka dapat mempersiapkan anak-anak mereka untuk sekolah dalam kondisi gelombang panas dengan memahami fasilitas dan kebutuhan yang tersedia di sekolah mereka. Patel, penulis utama laporan terbaru tentang ketahanan iklim di sekolah-sekolah California, menyatakan bahwa lebih dari 40 persen sekolah di Amerika Serikat tidak dilengkapi dengan HVAC atau memiliki sistem pendingin udara sentral yang tidak berfungsi dengan baik.

Meski ada sekolah yang memiliki HVAC yang berfungsi, mereka dapat mengalami gangguan listrik atau penurunan voltase sementara karena sistem yang ketinggalan zaman dan terlalu banyak digunakan. Mike Pickens, Direktur Eksekutif Dewan Nasional untuk Fasilitas Sekolah, mengungkapkan dalam "State of Our Schools Report," bahwa ada defisit 85 miliar USD yang setara dengan Rp1 kuadriliun antara kondisi fasilitas sekolah saat ini dan di mana mereka seharusnya berada.

"Salah satu masalahnya adalah peralatan HVAC telah terlalu lama digunakan," tulis Pickens dalam email. "Dengan 8,1 miliar kaki persegi ruang sekolah di negara kita, masalah HVAC dan lingkungan menjadi suatu kekhawatiran yang sangat signifikan."

Di daerah dengan iklim yang lebih panas, sekolah yang tidak memiliki AC sentral biasanya memiliki solusi alternatif seperti kipas angin atau unit AC jendela untuk mendinginkan ruang kelas, setidaknya sampai batas tertentu, menurut Patel.

3 dari 4 halaman

Bijak Menggunakan Pendingin Ruangan

Dr. Prabu Selvam, seorang petugas medis darurat di Americares, organisasi nirlaba yang berfokus pada kesehatan dan pengembangan, mengingatkan bahwa penggunaan kipas angin di suhu 32 derajat Celcius atau lebih bisa berbahaya daripada memberikan manfaat.

"Menggunakan kipas angin yang menghembuskan udara panas 32 derajat Celcius pada Anda bisa justru membuat Anda merasa lebih panas," kata Selvam, seorang dokter di ruang gawat darurat Rumah Sakit Kesehatan Frederick di Frederick, Maryland.

Dr. Lisa Patel menambahkan bahwa orangtua dan penjaga juga harus memahami bahwa solusi pendinginan alternatif mungkin tidak tersedia jika sekolah anak mereka berada di area yang biasanya tidak mengalami cuaca panas. Ini bisa berarti bahwa para guru tidak memiliki sarana untuk mendinginkan ruangan mereka.

"Di San Francisco Unified, tempat saya tinggal, hanya ada lima gedung di seluruh distrik kami yang dilengkapi dengan sistem HVAC - termasuk sekolah yang dihadiri oleh putri saya tidak memiliki sarana untuk mendinginkan bangunan," ujar Patel.

Dia menyarankan bahwa orang tua dan penjaga perlu menyelidiki kondisi sistem pendinginan di sekolah anak mereka dan mendorong perubahan jika perlu.

Walaupun lingkungan sekolah anak Anda mungkin sejuk, banyak anak yang akan menghabiskan waktu di luar ruangan, baik saat istirahat atau berpartisipasi dalam aktivitas setelah sekolah. Mendidik anak-anak tentang gejala awal heat exhaustion dapat membantu mereka mengenali kapan harus memberitahu orang dewasa tentang gejala mereka, ujar Patel.

"Jika anak merasa lemas, sangat lelah, sakit kepala, demam, kehausan ekstrem, mual atau muntah, tidak buang air kecil selama beberapa jam, dan rasa sakit atau kejang otot, ini adalah tanda bahwa mereka mungkin dalam bahaya," katanya.

4 dari 4 halaman

Melindungi Anak dari Cuaca Panas

Ahli menyarankan bahwa jika anak menunjukkan gejala penyakit panas, mereka harus segera dibawa ke lingkungan yang memiliki AC atau ke tempat yang teduh dan disemprot atau dikompres dengan air hangat atau dingin. Bantuan medis darurat mungkin dibutuhkan.

Meski sebagian besar waktu anak-anak dihabiskan di sekolah di bawah pengawasan guru, ada langkah-langkah yang dapat diambil oleh keluarga untuk membantu mencegah penyakit terkait panas.

1. Memastikan anak Anda selalu memiliki akses ke air. Bayam, brokoli, lentil, biji-bijian, sayuran berwarna hijau, alpukat, jamur, zucchini, pisang, dan jeruk juga adalah sumber yang sangat baik dari beberapa mineral ini.

2. Pakaian yang tepat. Pakaian berwarna cerah memantulkan sinar matahari dan pakaian longgar memungkinkan sirkulasi udara melalui tubuh, menurut para ahli. Pilihlah bahan yang dapat bernapas seperti katun, atau pilihlah pakaian yang dibuat dari bahan yang dapat menyerap kelembapan, seperti yang biasa dipakai oleh atlet.

3. Berikan waktu bagi anak Anda untuk berada di bawah AC selama beberapa jam setiap hari. Tubuh perlu waktu untuk pulih dari panas yang ekstrem, Berapa lama anak perlu berada di lingkungan yang sejuk akan bergantung pada berbagai faktor, termasuk suhu dan tingkat kelembapan, kondisi medis yang sudah ada sebelumnya pada anak, tingkat aktivitas, tingkat hidrasi, dan lain-lain.

Sementara itu, anak-anak dengan kondisi seperti diabetes, asma, atau kondisi pernapasan lainnya mungkin memerlukan langkah-langkah pencegahan tambahan, menurut Patel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini