Sukses

Turis Kanada yang Mengamuk Bawa Senjata Tajam di Bali, Diduga Mabuk dan Kehilangan Kartu ATM

Turis asing asal Kanada membawa pisau sambil memaki orang-orang yang melintas di depan sebuah restoran di Kuta Utara, Bali

Liputan6.com, Jakarta - Turis asing kembali berulah di Bali. Kali ini bahkan melibatkan senjata tajam (sajam). Beredar sebuah video memperlihatkan seorang pria WNA (Warna Negara Asing) yang diduga mabuk mengamuk dengan membawa senjata tajam.

Peristiwa tersebut terjadi di sebuah kelab malam di Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Pria itu membawa pisau sambil memaki orang-orang yang melintas di depan sebuah restoran.

Di video tersebut tampak warga menghindari pelaku. Sedangkan beberapa warga setempaKutt dan sepasang WNA berusaha menenangkan pelaku.  Beberapa jam setelah beraksi dan videonya viral di media sosial termasuk di akun Tiktok @mr.dkey, pria berewok itu ditangkap tim Polsek Kuta Utara. Pria itu diketahui bernama Mohamed Reda dan berasal dari Kanada.

Dilansir dari berbagai sumber, insiden bermula ketika pelaku mengunjungi tempat hiburan malam di tempat kejadian perkara (TKP), Jumat malam, 9 Juni 2023. Beberapa jam kemudian pelaku marah-marah setelah menyadari kartu ATM miliknya hilang.

Turis Kanada itu bahkan terlibat adu mulut dengan beberapa orang di lokasi kejadian akibat kejadian. Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono mengatakan, pelaku marah karena kondisinya tak terkontrol, bukan karena ada masalah dengan orang lain.

Ia mengaku membawa pisau untuk berjaga-jaga. Meski begitu polisi masih mendalami kebenaran atas pengakuan Mohamed Reda. Video aksi tak terpuji turis asing itu juga dibagikan ulang akun Instagram politisi dan desainer asal Bali, Ni Luh Djelantik pada 10 Juni 2023.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turis Kanada Telah Ditahan Polisi

Ni Luh yang sepertinya sedang berada di Prancis memang sangat concern dengan maraknya aksi turis asing nakal di tanah kelahirannya. Dalam unggahannya ia menuliskan kalau pria Kanada itu telah ditahan pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut.

"Bravo Kapolsek Kuta Utara dan jajaran. Kalian keren 😍.Bule inisial MRD kewarganegaraan Kanada yang mengamuk gunakan senjata tajam, sudah ditangkap @polsek_kuta_utara dan udah ditahan. Kapolsek Kuta Utara menyampaikan via pesan WA. Terimakasih telah menjaga rakyat Kuta Utara dengan sepenuh hati,” tulis Ni Luh.

Beberapa pekan lalu, seorang WNA kembali berulah ketika liburan di Bali. Kali ini, seorang perempuan yang diketahui turis Denmark memamerkan alat kelamin di atas motor saat berada di jalan raya kawasan wisata di Bali.

Aksi tak terpuji ini diabadikan dalam sebuah video yang juga dibagikan Ni Luh Djelantik di akun Instagram pribadinya pada Jumat, 26 Mei 2023. Video itu menampilkan dua turis asing yang sedang di atas motor dan turis pria sedang berbincang dengan seseorang yang diduga merekam aksi tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Turis Asing Pamer Alat Kelamin

Sedangkan turis perempuan yang duduk di belakang pamer alat kelamin sembari tertawa. Turis pria itu lantas menghentikan aksi turis perempuan tersebut.

"Bule ndableg pamer apem. Tindak tegas !! Terimakasih Kakanim Ngurah Rai yang telah menindaklanjuti komunikasi kami. Terima kasih atas kerja keras kalian menjaga martabat bangsa kita tercinta. Indonesia tidak perlu turis sampah!!!" demikian bunyi keterangan yang diunggah Ni Luh Djelantik.

Ia melanjutkan ada banyak pengaduan mengenai turis berulah kepadanya lewat tagar Lapor Ni Luh dan kelakuan WNA kian menjadi-jadi. "Penegakan aturan dan penertiban bukannya bikin mereka kapok dan tahu diri. Dikasi hati minta kepala," tulisnya.

Pada unggahannya yang terbaru hari ini, Minggu (28/5/2023), Ni Luh Djelantik menyebut bahwa kedua turis itu sudah ditangkap pada Sabtu, 27 Mei 2023 dan akan dideportasi. Ia juga membagikan percakapannya dengan Kakanim Ngurah Rai Sugito terkait aksi tak senonoh kedua turis itu.

Sebelumnya, sebuah video memperlihatkan seorang perempuan Warga Negara Asing (WNA) bugil viral di media sosial. Video itu dibagikan ulang di sejumlah media sosial, salah satunya di akun Instagram @jeg.bali_ pada Rabu, 24 Mei 2023.

 

4 dari 4 halaman

Turis Jerman Alami Gangguan Jiwa

Turis asing itu terlihat berjalan lenggak-lenggok di sebuah pementasan tarian Bali. Dalam video itu, perempuan tanpa sehelai benang tersebut naik ke atas panggung ketika pementasan tari sedang berlangsung. Perempuan itu belakangan diketahui bernama Darja Tuschinski berusia 28 tahun dari Jerman.

Darja diketahui tinggal di Ubud Bungalow, Jalan Raya Monkey Forest, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Hasil sementara pemeriksaan, turis asing tersebut diduga mengalami gangguan jiwa. Ia bahkan dikabarkan sedang dirawat di RSJ Bangli, Bali.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Bali Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto di Denpasar, Bali, Kamis, 25 Mei 2023 mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Senin 22 Mei di Puri Saraswati Ubud, Gianyar, Bali saat pihak Puri mengadakan pertunjukan tari.

Menurut keterangan saksi yang diperiksa petugas, kejadian itu tepatnya terjadi pukul 20.00 Wita. DT yang datang ke Puri Saraswati pada pukul 19.30 WITA saat pergelaran tari tarian berlangsung di panggung Puri Saraswati, terlibat bersitegang dengan petugas di stan tiket tanpa alasan yang jelas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.