Sukses

Hujan Serpihan Plastik Diprediksi Terjadi di Paris Prancis, Kok Bisa?

Hujan serpihan plastik ini diprediksi akan terjadi saat diplomat dari 175 negara mengadakan pertemuan di Paris, Prancis untuk membicarakan perjanjian plastik.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan diprediksi akan mengguyur Paris saat diplomat dari 175 negara berkumpul untuk membicarakan perjanjian plastik dalam pertemuan lima hari yang berlangsung sejak Senin (29/5/2023), waktu setempat. Tidak hanya air biasa, ramalan cuaca menyebut hujan serpihan plastik akan terjadi di ibu kota Prancis.

Melansir Japan Today, Senin (29/5/2023), miliaran partikel mikroplastik akan jatuh dari langit Paris sepanjang minggu ini, menurut ramalan cuaca polusi plastik pertama di dunia. Hujan diprediksi akan menjatuhkan antara 40 dan 48 kilogram serpihan plastik per 24 jam di wilayah Paris dan sekitarnya, kata para ilmuwan yang terlibat pada AFP.

Jika cuaca menyebabkan hujan lebat, "jatuhan plastik" kemungkinan akan meningkat hingga 10 kali lipat. "Ini harus mempertajam fokus negosiator," kata Marcus Glover, kepala penelitian plastik di Minderoo Foundation yang berbasis di Perth, Australia.

Ia menyambung, "Partikel plastik terurai ke lingkungan dan koktail beracun ini berakhir di tubuh kita, di mana ia merusak kesehatan kita dengan cara yang tidak terbayangkan."

Kekhawatiran atas dampak plastik terhadap lingkungan dan kesejahteraan manusia telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir seiring peningkatan penelitian yang mendokumentasikan kemahahadiran dan kegigihannya.

Di alam, mikroplastik multi-warna, dengan definisi berdiameter kurang dari lima milimeter, telah ditemukan di es dekat Kutub Utara dan di dalam ikan yang menjelajahi ceruk terdalam dan tergelap di lautan. Serpihan plastik diperkirakan membunuh lebih dari satu juta burung laut dan 100 ribu mamalia laut setiap tahun, menurut Program Lingkungan PBB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahaya Mikroplastik

Tercatat pula bahwa paus biru pemakan filter mengkonsumsi hingga 10 juta keping mikroplastik setiap hari. Itu setara dengan sampah plastik setruk sampah yang dibuang ke laut setiap menit. Pada manusia, potongan plastik mikroskopis telah terdeteksi dalam darah, ASI, dan plasenta.

Uji coba pada hewan telah mengaitkan bahan kimia dalam mikroplastik dengan peningkatan risiko kanker, masalah reproduksi, dan mutasi DNA. Tapi, data tentang dampaknya terhadap manusia masih harus diteliti lebih jauh.

"Dalam tubuh kita, plastik yang paling perlu kita khawatirkan mungkin berukuran antara 10 nanometer dan satu mikrometer," kata dokter anak Christos Symeonides, peneliti di Murdoch Children's Research Hospital dan Minderoo Foundation.

"Mereka yang paling mungkin melewati membran biologis kita ke dalam jaringan, termasuk penghalang darah-otak," katanya pada AFP. "Kami baru saja 'menarik kepala kami keluar dari pasir' ketika datang ke bahaya kesehatan mikroplastik."

Prakiraan hujan serpihan plastik di Paris minggu ini hanya mencakup partikel yang jauh lebih besar, kebanyakan serat sintetis dengan panjang minimal 50 mikron. Sebagai referensi, rambut manusia berukuran sekitar 80 mikron atau 80 ribu nanometer.

 

3 dari 4 halaman

Metode Penelitian Hujan Serpihan Plastik

Metode yang dikembangkan para peneliti Yayasan Minderoo tidak mengukur plastik yang jatuh melalui atmosfer secara real time. Sebaliknya, ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan di Paris mulai 2015 yang mengumpulkan sampel dari berbagai lokasi sepanjang tahun dan menyaringnya di laboratorium.

Karya perintis para ilmuwan Prancis ini menemukan bahwa sebagian besar partikel plastik yang jatuh di daerah tangkapan air Paris seluas 2.500 kilometer persegi adalah nilon dan poliester, mungkin dari pakaian. Bagian lainnya terlempar ban, yang melepaskannya terutama saat kendaraan mengerem.

Selama setahun penuh, tercatat hingga 10 ton serat mikroplastik mengendap di wilayah Paris, menurut perkiraan mereka. Kepadatan "jatuhan plastik" dapat meningkat dengan urutan besarnya selama hujan lebat. Pengukuran yang dilakukan tim lain telah mereplikasi temuan ini di setengah lusin kota di seluruh dunia.

Mikroplastik yang jatuh ke tanah masih bisa tertelan atau terhirup, misalnya di hari berangin. Tahun lalu, 175 negara sepakat membuat perjanjian yang mengikat secara hukum untuk mengekang polusi plastik, yang bertujuan menyelesaikan negosiasi pada 2024.

4 dari 4 halaman

Pembatasan Langsung Produksi Plastik

Tidak ada terobosan besar yang diharapkan pada pembicaraan teknis yang dimulai pada Senin (29/5/2023), tapi kebijakan utama yang diperdebatkan akan mencakup larangan global terhadap barang-barang plastik sekali pakai, skema "pembayaran pencemar" dan pajak atas produksi plastik baru.

Kebijakan ini, bahkan jika diterapkan sepenuhnya, mungkin tidak cukup untuk mengurangi konsumsi plastik sekali pakai, menurut para ahli dan kelompok hijau yang menyerukan pembatasan langsung pada produksi plastik.

Pada tren saat ini, produksi tahunan plastik berbasis bahan bakar fosil akan hampir tiga kali lipat pada 2060, jadi 1,2 miliar ton. Sementara, limbah plastik akan melebihi satu miliar ton, menurut Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

Menurut data International Union for Conservation of Nature, sebanyak 80 persen pencemaran di laut berasal dari plastik dengan 8--14 metrik ton plastik berakhir di laut setiap tahunnya. Dari situ, tercatat 50--75 triliun keping plastik dan mikroplastik di lautan.

Jumlah sampah plastik diperkirakan akan melebihi jumlah ikan di laut pada 2050. Masalah ini berdampak serius, tidak hanya bagi kehidupan ekosistem laut, tapi juga pada ketahanan pangan dan kesehatan manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.