Sukses

4 Cara Terapkan Frugal Living, Gaya Hidup Hemat untuk Keuangan Lebih Baik

Konon, menerapkan prinsip frugal living bisa membuat seseorang menjalankan cara hidup lebih hemat dan membantu mencapai keseimbangan hidup yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Konon, menerapkan prinsip frugal living bisa membuat seseorang menjalankan cara hidup lebih hemat dan membantu mencapai keseimbangan hidup yang lebih baik. Pada dasarnya, prinsip ini memprioritaskan tujuan finansial dan lebih bijak dalam mengeluarkan uang. 

Kamu yang ingin menerapkan frugal living di kehidupan harus menentukan tujuan finansial terlebih dahulu. Misalnya, ada rencana untuk liburan ke luar kota dalam waktu dekat, kamu disarankan untuk menggunakan tabungan dan membawa bekal ketika bepergian. 

Frugal living bisa bantu kamu untuk mengontrol pengeluaran, memperkuat tabungan, dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang tanpa harus mengorbankan kualitas hidup. Dirangkum dari berbagai sumber, ada 4 tips agar bisa menerapkan frugal living dalam kehidupan sehari-hari.

1. Batasi Pengeluaran

Sebelum menerapkan frugal living, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu biaya pengeluaran yang harus kamu keluarkan, mulai dari kebutuhan hingga keinginan untuk jalan-jalan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa memulai dengan mencatat pengeluaran di aplikasi keuangan dengan membagi semua transaksi ke berbagai kategori. Jangan lupa juga untuk mengubah kebiasaan konsumtif menjadi lebih hemat, seperti berolahraga dan konsumsi makanan sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Manfaatkan Voucher

Memanfaatkan voucher adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghemat uang dan tetap membeli barang-barang yang kamu butuhkan. Saat ini yang serba mahal, hidup hemat sangatlah berharga untuk jangka panjang. 

Dengan memanfaatkan voucher belanja, kamu bisa mendapatkan diskon besar-besaran untuk membeli makanan, pakaian, peralatan elektronik, atau liburan. Ada banyak situs dan aplikasi yang menawarkan voucher belanja, jadi pastikan kamu sudah mengecek voucher belanja yang sedang berlangsung.

3. Berinvestasi

Investasi menjadi kunci untuk membangun kekayaan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Selain itu, investasi juga bisa membantu hidup kamu jadi lebih hemat dalam membantu mengendalikan pengeluaran.

3 dari 4 halaman

4. Beli barang secara bijak

Tips ini merupakan salah satu cara untuk menghemat uang dan mencegah pemborosan yang tidak perlu. Hal ini sangat penting bagi kamu yang ingin hidup hemat dan mengatur keuangan jadi lebih baik. 

Ada beberapa cara yang perlu kamu terapkan untuk membeli barang secara bijak, yaitu membuat daftar belanja sebelum pergi ke toko. Tahap ini dapat membantu kamu agar tetap fokus untuk membeli barang yang sedang dibutuhkan. 

Selain itu, kamu juga bisa membandingkan harga yang ingin kamu beli dengan harga di toko maupun marketplace. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah atau bahkan menemukan promosi yang menarik.

4 dari 4 halaman

3 Manfaat Frugal Living

1. Mencapai Kebebasan Finansial

Seseorang dianggap berhasil mencapai kebebasan finansial ketika sudah memiliki aset yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan menerapkan frugal living, kamu dapat mempertimbangkan keputusan keuangan secara cermat sehingga konsep kebebasan finansial jadi lebih mudah dicapai. 

2. Mengurangi Stres 

Dengan menerapkan prinsip frugal living, stres finansial kamu dapat berkurang. Misalnya, kamu jadi tidak perlu membeli pakaian mahal di akhir bulan yang harus dibayar dengan kartu kredit. Artinya, saat membeli barang harus sesuai dengan kebutuhan dan mencari alternatif dengan harga yang lebih murah agar hidup terasa lebih santai dan bahagia.

3. Baik untuk Lingkungan

Dengan menjalani prinsip frugal living, kamu akan membantu meminimalisir barang barang yang akhirnya dibuang pada tempat sampah. Contoh sederhananya adalah jika kamu tidak terlalu sering membeli makanan ringan atau makanan yang terbuat dari kaleng maupun plastik, kamu akan berkontribusi secara signifikan dalam mengurangi sampah plastik. 

Dalam hidup yang serba cepat, frugal living bisa menjadi cara yang tepat untuk menjaga kestabilan keuangan dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini