Sukses

Mini Album FML Seventeen Terjual Hampir 4 Juta Kopi, Lampaui Rekor BTS dan Duduki Puncak Tangga Lagu iTunes

Seventeen membuat sejarah baru atas mini albumnya FML yang terjual lebih dari 3,9 juta kopi pada hari pertama rilis dan kalahkan BTS.

Liputan6.com, Jakarta - Seventeen merilis mini album ke-10 mereka yang banyak ditunggu-tunggu 'FML,' yang menampilkan judul lagu "Super" dan "F*ck My Life". Di momen itu Seventeen membuat sejarah baru atas mini albumnya FML yang terjual lebih dari 3,9 juta kopi pada hari pertama rilis, 24 April 2023 waktu Korea. 

Pada hari yang sama, album fisik dirilis dan menurut grafik Hanteo, angka tersebut jadi rekor baru yang mengesankan di antara artis Korea dalam sejarah. Dengan ini, album comeback Seventeen 'FML' kini memegang album dengan penjualan tertinggi dalam sejarah Hanteo oleh artis Korea.

Mengutip laman Allkpop, Rabu (26/4/2023), rekor sebelumnya dimiliki oleh BTS dengan 'Map of the Soul: 7,' yang terjual lebih dari 3,3 juta unit pada hari pertama. Tidak hanya Seventeen yang memecahkan rekor sepanjang masa untuk album terlaris dalam penjualan hari pertama, tetapi mereka juga memecahkan rekor penjualan minggu pertama.

Hal itu membuat boyband asal Korea Selatan tersebut sangat mengesankan karena mereka melakukannya hanya pada hari pertama peluncuran. Sebelum perilisan 'FML,' album band dengan penjualan tertinggi dalam penjualan minggu pertama adalah 'Face The Sun,' yang terjual sekitar 2 juta unit dalam seminggu setelah dirilis.

Selanjutnya, pada hari yang sama, Seventeen melampaui total 17 juta kopi terjual untuk semua album mereka di Hanteo. Sehingga mereka pun dinobatkan menjadi artis kedua yang mencapai tonggak sejarah ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Duduki Puncak Tangga Lagu iTunes

FML sebagai album terbaru Seventeen sekarang tersedia untuk streaming di seluruh dunia. Album berisi total enam lagu, termasuk "F*ck My Life", "Super", "Fire", "I Don't Understanding But I Luv U", "Debu", dan "April Shower".

Pada 24 April 2023 waktu Korea, boy grup global Seventeen membuat comeback yang sangat ditunggu-tunggu dengan mini album ke-10 mereka 'FML.' Setelah dirilis secara global, album tersebut langsung menduduki puncak tangga lagu iTunes di seluruh dunia.

Pertama, 'FML' memulai debutnya di posisi 2 di chart album iTunes di seluruh dunia dan di posisi ke-3 di chart album iTunes Eropa. Selain itu, album ini menduduki puncak chart album teratas iTunes di total 30 negara, termasuk Australia, Chile, Finlandia, Yunani, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Belanda, Arab Saudi, Singapura, Taiwan, Thailand, dan banyak lagi.

Secara khusus, lagu utama "Super" mencapai No. 1 di chart lagu teratas iTunes di 26 wilayah. Beberapa termasuk Bolivia, Kamboja, Honduras, Peru, Filipina, Turki, dan Vietnam. 

3 dari 4 halaman

Deretan Prestasi Seventeen

Sebelumnya, Seventeen sendiri telah memiliki banyak prestasi. Mengutip kanal Regional Liputan6.com, 15 November 2022, dalam perhelatan MTV European Music Awards (EMA) 2022, boy group Seventeen (SVT) tercatat menjadi artis Kpop pertama yang berhasil meraih 'Best Push' di MTV EMA.

Best Push diberikan kepada artis terbaik yang tampil di segmen 'MTV Push'. Seventeen menjadi artis Kpop pertama yang tampil di 'MTV Push' dan langsung memenangkan penghargaan di kategori tersebut.

Bukan hanya meraih Best Push, SEVENTEEN juga berhasil menyabet penghargaan sebagai 'Best New' di ajang yang sama. Perjalanan Seventeen dalam industri musik di bawah naungan Pledis Entertainment memang patut diberi penghargaan.

Memulai debut pada 26 Mei 2015 melalui album 'Love & Letter', kehadiran Seventeen juga selalu menjadi hal yang paling ditunggu penggemarnya yang biasa disebut Carat. Nama Seventeen sendiri bukan diambil dari jumlah membernya. Pasalnya, Seventeen beranggotakan 13 orang, bukan 17, yakni S Coups, Jeonghan, Joshua, Jun, Hoshi, Wonwoo, Woozi, DK, Mingyu, The8, Seungkwan, Vernon, dan Dino.

4 dari 4 halaman

Keunikan Member Seventeen

Arti di balik nama grup tersebut yakni Seventeen atau 17 adalah sejumlah angka yang mewakili beberapa unsur dalam grup tersebut, mulai dari 13 anggota, ditambah 3 unit (vokal, hip-hop, dan performance), serta 1 grup (Seventeen).

Seventeen memiliki tiga unit, yakni vokal, hip-hop, dan performance. Hal tersebut tergolong unik karena biasanya pembagian unit KPop grup dibagi dalam beberapa spesialisasi keahlian, seperti vokal, dancer, dan rapper.

Pembagian unit dalam Seventeen sendiri antara lain, ada Woozi, Jeonghan, Joshua, DK, dan Seungkwan pada unit vokal. Sementara, S.coups, Wonwoo, Mingyu, dan Vernon masuk dalam unit hip-hop. Adapun yang termasuk dalam unit performance yaitu Hoshi, Jun, The8, dan Dino. Para member di Seventeen memiliki bakat luar biasa yang bisa dilihat dari penampilan live mereka yang selalu mengesankan para Carat.

Potensi besar yang dimiliki tiap member pun tak lantas membikin mereka 'terkurung' lantaran setiap membernya seolah diberi ruang untuk berkembang. Di samping tergabung bersama Seventeen, beberapa member juga menelurkan karyanya sendiri, salah satunya project spesial Wonwoo dan Mingyu yang berkolaborasi dengan Leehi saat menyanyikan 'Bittersweet'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.