Sukses

Viral Warteg Palsu di Malang, Jual Gelato dalam Wujud Nasi Tumpeng hingga Mi Instan

Sebuah tempat yang menjual gelato di Malang tengah viral, lantaran menampilkan gerai layaknya warteg dengan aneka lauk pauk makanan Indonesia dalam etalase kaca.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gerai di Malang tengah viral lantaran menampilkan menu layaknya warteg dengan aneka lauk pauk makanan Indonesia dalam etalase kaca. Saat diulik dari dekat, menu-menu yang tampak lezat di mata itu bukan seperti wujudnya, melainkan kudapan asal Italia, gelato.

Di etalase kaca terlihat berbagai macam menu piilihan yang menggiurkan. Pramusaji dengan sigap mengambil menu mana yang diinginkan.

"Warteg paling happening di Malang," sebut Andreas D Setiawan, seorang kreator konten dikutip Jumat (7/4/2023).

Video yang diunggah pada April 2022 lalu itu kembali viral setelah banyak orang yang kembali mengunjungi gerai yang diklaim sebagai warteg palsu. Mereka membuat ulang konten serupa baru-baru ini bertepatan dengan momen Ramadhan 2023. 

Tempat tersebut bernama Koono Gellato Malang. Lokasinya berada di Jalan Jl. Bromo No.19, Kota Malang. Menu yang ditawarkan di gerai itu di antaranya mini tumpeng, telur, sate daging, ayam goreng dan lainnya. Terdapat lima paket yang bisa dipilih dengan harga Rp85.000, yaitu berupa nasi dengan lauk pauknya.

Meski ini merupakan gelato, bentuknya benar-benar mirip aslinya. Menurut pembuat konten, rasa gelatonya tak perlu diragukan lagi.

Di video terlihat menu sate juga diberikan kecap dari salah satu merek terkenal yang seperti aslinya. Alih-alih kecap yang dituangkan, cairan itu digantikan dengan saus cokelat. "Fix kalian wajib coba varian yang ini," sambungnya sambil menyantap gelato berbentuk sate. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Juga Menjual Varian Mochi

Selain gelato dengan bentuk yang unik tersebut, Koono Gellato Malang ternyata juga menjual mochi dengan berbagai variasi rasa. "Varian durennya the best," kata Andreas.

Menurutnya tekstur mochi terbilang lembut, bahkan makan satu tidaklah cukup. Untuk mochi sendiri dikemas dalam plastik satuan. Lucunya lagi mereka juga menyediakan berbagai hampers dengan isi gelato dan mochi, sangat unik dan berkesan bagi penerimanya.

Sang kreator konten sempat menuliskan bahwa tumpeng dan sate merupakan tema tahun lalu, tetapi tahun ini Koono Gellato Malang mengkreasikan bentuk mi instan dalam cup. Menu-menu yang ada ternyata musiman dan akan berganti terus di lain waktu. 

Video yang diberi tanda suka oleh lebih dari 64,9 ribu pengguna itu ramai mendapatkan reaksi warganet. "Wow hebat banget inovasinya," tulis seorang warganet.

"Kreatif banget, mauuu," tulis yang lain.

"Ga tega makannya," sambung warganet.

"Ga ada di Jakarta," kata warganet.

"Kenapa harus di Malang," komentar yang lain.

 

3 dari 4 halaman

Perbedaan Gelato dan Es Krim

Hidangan segar dan manis kadang kala menjadi pilihan utama sebagai pencuci mulut. Salah satu makanan penutup yang paling banyak digemari adalah buah-buahan dingin. Dianggap dapat menyegarkan mulut, buah biasanya dikonsumsi setelah makan berat.

Selain buah, ada makanan dingin yang selalu menjadi favorit semua orang, yaitu es krim. Es krim adalah sajian dingin yang dibuat dari campuran susu, kuning telur dan gula melalui proses pembekuan. 

Mengutip dari kanal Citizen Liputan6.com, 21 Oktober 2022, makanan ini memiliki berbagai macam pilihan rasa, mulai dari coklat, vanilla, stroberi, durian dan lain-lain. Bukan cuma es krim adapula makanan penutup dingin yang populer lainnya, yakni gelato. Hidangan penutup satu ini sempat jadi incaran anak muda.

Saat datang ke kedai es krim dan gelato, biasanya kamu akan dihadapkan etalase dengan berbagai macam pilihan rasa dan boleh memilih sesuai selera. Selain itu, kamu juga bisa memilih ingin menggunakan gelas cup atau cone sebagai wadahnya.

4 dari 4 halaman

Sejarah Es Krim dan Gelato

Dilansir melalui healthline, awalnya es krim tidak populer di kalangan rakyat biasa, lantaran makanan ini hanya disajikan untuk kaum elit. Abad ke-17, makanan ini dikenal dengan hidangan penutup bagi Charles I dan tamunya.

Kemajuan teknologi mengubah segalanya, es krim menjadi makanan paling banyak diminati. Penemuan mesin es krim jadi awal mula kepopuleran hidangan penutup dingin satu ini. Pertama kali ditemukan di abad ke-19, industri susu dan teknik pendingin mulai memproduksi dan mendistribusikan es krim dengan harga murah dan jumlah besar.

Gelato pertama kali dibuat di Italia, walau ada beberapa perdebatan terkait ini. Sebagian mengungkapkan gelato ditemukan di Sisilia, adapun yang lainnya yakin makanan ini berasal dari Kota Firenze, Italia. 

Perbedaan antara es krim dengan gelato dapat dibedakan melalui tekstur dan rasa yang tersedia. Kamu perlu mencoba hidangan dingin satu ini barulah bisa membedakan keduanya.

Gelato punya tekstur lebih halus dan padat daripada es krim. Tidak heran jika, kalau rasa gelato lebih pekat karena kebanyakan perasa yang digunakan berasal dari sumber alami. Sebabnya, variasi gelato tidak sebanyak pilihan rasa es krim, antara lain coklat, stroberi, durian, jagung, taro, semangka dan rasa asing lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini