Sukses

Buka Puasa dengan Makanan Khas Mesir Kaya Rempah di Iftar Buffet PA.SO.LA

Di bulan Ramadhan The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place menyediakan hidangan Iftar Buffet yang lezat di Restoran PA.SO.LA. Khusus tahun ini, masakan otentik Mesir dihadirkan secara eksklusif oleh dua chef berbakat dari The Nile Ritz-Carlton, Kairo.

Liputan6.com, Jakarta - Selama bulan Ramadhan, umat muslim disibukkan dengan memilih tempat berbuka puasa bersama dengan orang tersayang. Banyak yang memilih paket buffet di hotel lantaran variasi pilihan makanan dan menu yang lezat dimasak para koki terpilih. 

Di bulan suci ini, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, Senayan, Jakarta Selatan juga menyediakan hidangan Ifftar Buffet yang lezat di PA.SO.LA Restaurant. Khusus tahun ini, masakan khas Mesir dihadirkan secara eksklusif oleh dua chef berbakat dari The Nile Ritz-Carlton, Kairo, yaitu Chef Ahmed Mohamed Abdel Moneim dan Chef Mustafa Adel Mohamed.

Hidangan buatannya yang otentik Mesir hadir mulai dari 23 Maret--23 April 2023. Kedua chef hebat ini memiliki pengalaman lebih dari tiga puluh dua tahun ini bekerja sama dengan Executive Chef PA.SO.LA, Willmer Colmenares.

Tim Kuliner PA.SO.LA juga telah menyiapkan hidangan tematik Timur Tengah dan Indonesia. Liputan6.com berkesempatan mencicipi hidangan Iftar di Restoran PA.SO.LA.

"Iftar Buffet di Restoran PA.SO.LA akan tersedia sepanjang bulan Ramadhan," ujar Cindy Chen, Marketing Communication The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, Senin, 3 April 2023.

Untuk memulai pengalaman bersantap Iftar, setiap Tamu menerima pilihan teh, kopi, dan takjil. Berbagai macam hidangan takjil tersaji, mulai dari kurma polos hingga kurma dengan topping kacang atau marshmallow yang lezat. Selain itu, ada juga kolak pacar cina, kue lupis, dan spring roll yang menggugah selera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hidangan Menu Variatif

Manu buffet yang disediakan di PA.SO.LA, The Ritz-Carlton Jakarta, sangat beragam. "Semua masakan ada. Indonesian, Eastern, Western," ungkap Andreas Winfrey, Marketing Communication The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place di kesempatan yang sama.

Hidangan dengan cita rasa Timur Tengah yang kaya rempah jadi pilihan yang disuguhkan. Pita bread yang bisa dinikmati dengan empat pilihan dipping sauce yaitu hummus kacang Arab, labneh, semacam yoghurt Timur Tengah, muhammara yaitu saus pedas khas Suriah, dan ful mudammas, bumbu berbahan dasar kacang dari Mesir. 

Selain menu masakan Mesir yang menjadi highlight, Iftar Buffet PA.SO.LA juga menawarkan beragam hidangan khas Indonesia. Hidangan iga seperti iga maranggi, iga balado, dan sop iga menjadi pilihan bagi pencinta daging sapi dan menjadi salah satu makanan yang paling ditunggu-tunggu di buffet PA.SO.LA.

Ada juga nasi liwet dan pepes Barramundi yang menghadirkan citarasa khas Indonesia. Tidak hanya itu, bagi pecinta hidangan Asia, tersedia sushi dan hakao yang lezat, serta shabu-shabu dan tomyum. Bagi yang menyukai hidangan ringan, Iftar Buffet PA.SO.LA juga menyajikan pilihan salad bar yang menyegarkan. Mulai dari ketoprak, pecking duck salad, russian potato salad, hingga spicy chickpeas salad. 

 

3 dari 4 halaman

Masakan Kairo Kaya Rempah

Khusus di bulan Ramadan tahun ini, PA.SO.LA menyuguhkan makanan khas Kairo, Mesir, yang dibuat langsung olehd dua chef dari The Nile Ritz-Carlton, Kairo, Chef Ahmed Mohamed Abdel Moneim dan Chef Mustafa Adel Mohamed. 

"Kalau tahun lalu kita highlight masakan Turki, tahun ini kita highlight masakan dari Kairo, masih Timur Tengah juga," jelas Andreas Winfrey. Di setiap Iftar Buffet, PA.SO.LA konsisten menghadirkan menu-menu masakan Timur Tengah agar nuansa Ramadhan semakin terasa.

Salah satu hidangan yang dapat dinikmati adalah vermicelli rice, gabungan beras putih bhasmati dan pasta vermicelli, yang mirip spaghetti namun lebih kecil dan pendek. Pengunjung juga dapat memilih potato harrah, kentang yang terasa pedas, gurih dan menyegarkan dengan cilantro. 

Hidangan berat tersedia dari sup daging domba, chicken kabsa yang kaya akan rempah seperti kapulaga, lada putih, kunyit, kayu manis, dan kayu manis. Ada pula hidangan gurih Fish Taraboulsiya, fillet ikan bakar yang disajikan dengan cabai, saus tartar, dan ketumbar.

Ada lamb ouzi yang sangat aromatik, dan chicken shish tawook, semacam sate yang sangat empuk dagingnya dengan rasa citrus yang menyegarkan. Terakhir, ada chickpea falafel yang sangat unik, semacam gorengan “kacang Arab”, yang rasanya tidak pernah Anda temui sebelumnya.

Sebagai hidangan penutup, tersedia pastry seperti baklava, kue manis lagit berisi kacang dari Turki, kahk, kue lebaran khas Mesir yang mirip kue putri salju, dan basbousa, kue dari tepung semolina yang direndam sirup manis. Ini dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk mengakhiri hidangan dengan rasa manis yang memanjakan lidah.

4 dari 4 halaman

Kopi yang Direbus Dengan Pasir

Salah satu hidangan paling menarik di Iftar Buffet PA.SO.LA adalah "hot sand coffee", yaitu segelas kopi yang direbus di atas pasir yang panas. Bukan pasir biasa, pasir yang dipakai diimpor dan memiliki tekstur yang lebih berkilauan. 

Cara perebusannya cukup sederhana, kopi dimasukkan ke dalam panci kecil berukuran gelas yang terbuat dari tembaga, kemudian diputar-putar di atas pasir yang sudah panas karena dihangatkan dengan kompor. Dalam beberapa detik saja, kopi sudah panas dan berbuih, kemudian siap dihidangkan. 

Tradisi merebus kopi dengan pasir datang dari Turki. Konon, merebus kopi dengan menggunakan pot tembaga di pasir akan membuat aroma kopi sedikit lebih enak dan ada rasa "terpanggang" yang unik. "Dulu pake tungku kayu, tapi sekarang udah modern jadi kita pakai kompor listrik," ujar sang bartender. 

Ia melanjutkan, "Kopi yang dipakai campuran arabica dan robusta. Aslinya sebetulnya arabica saja, yang dominan rasa asam, cuma disesuaikan dengan lidah orang Indonesia yang dasarnya lebih suka kopi pait seperti robusta."

Selain dapat mencicipi kopi yang unik ini, pengunjung bisa mencoba minuman menyegarkan lainnya seperti mango lassi, campuran mangga, yoghurt dan susu, atau Tamr Hindi, minuman campuran asam Jawa dan lemon. 

Dengan pemandangan gedung pencakar langit di Jakarta, disertai alunan live music dengan instrumen gitar gambus dan biola khas Timur Tengah, pengalaman buka bersama dengan Iftar Buffet di PA.SO.LA terasa hangat. Bahkan dari keterangan yang didapat, minggu ini paket Iftar Buffet di PA.SO.LA  sudah penuh pesanan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.