Sukses

Akun Media Sosial Pitha Haningtyas Pacar Syabda Perkasa Belawa Dipenuhi Ucapan Duka dan Doa Warganet

Warganet tak hanya mengirimkan ucapan duka bagi Pitha Haningtyas Pacar Syabda Perkasa Belawa tapi juga dukungan bagi Pitha agar diberi ketabahan dan bisa tampil maksimal di Swiss Open 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pebulu tangkis muda Indonesia Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia akibat kecelakaan. Kabar duka tersebut dibagikan oleh mantan pemain nasional bulu tangkis Indonesia Yuni Kartika di akun media sosialnya pada Senin (20/3/2023).

Kepergian Syabda Perkasa Belawa tentu meninggalkan duka mendalam bagi orang-orang terdekatnya. Salah satunya bagi wanita bernama Pitha Haningtyas Mentari yang disebut sebagai kekasih pebulu tangkis muda itu. Pitha juga merupakan atlet bulu tangkis Indonesia.

Hal itu nembuat akun Instagram Pitha Haningtyas pacar Syabda Perkasa Belawa dibanjiri ucapan duka dan dukungan dari warganet. Pitha sebenarnya tidak aktif di Instagram karena sejauh ini hanya ada enam unggahannya di media sosial tersebut. Namun unggahan terakhirnya pada 14 Desember 2022, di kolom komentarnya banyak berisi ucapan duka.

Pitha sendiri tengah mempersiapkan diri menghadapi turnamen Swiss Open 2023. Warganet pun tak hanya mengirimkan ucapan duka tapi juga dukungan bagi Pitha agar diberi ketabahan dan bisa tampil di Swiss Open 2023.

"Kakk, semangat terus yaa, besok udah swiss open, i know it will be hurt even tho idk how that feelings, but.. kamu harus kuat kaa, buktiin kalo dia bisa lihat kamu jauh lebih,” komentar seorang warganet.

"Semangat ya. Pasti campuraduk skrng. Doa nya sj banyak2,” tulis warganet lainnya.

"Gimana perasaan e pitha ya Allah mau tanding dapat kabar pacarnya meninggal semangat tari *pelukkkkkkkkkk,” komentar warganet lainnya.

 "Pithaa semangat walaupun hati km hancur semoga itu tak akan jadi kendala buat fokus di turnamen selanjutnya ya hug jauhh,” timpal warganet lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pitha Meraih Medali di Ganda Campuran

Melansir berbagai sumber, pemilik nama lengkap Pitha Haningtyas Mentari ini lahir pada 1 Juli 1999. Ia merupakan pemain bulu tangkis Indonesia yang berasal dari klub Jaya Raya Jakarta badminton.

Pitha merupakan peraih medali emas pada Kejuaraan BWF Junior Dunia 2017 dan peraih medali perunggu pada Pesta Olahraga Asia Tenggara SEA Games 2019 pada ganda campuran bersama Rinov Rivaldy. Kekasih Syabda ini sempat tergabung dalam tim putri Indonesia di SEA Games 2019.

Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia pada Senin, 20 Maret 2023. Ia merupakan seorang atlet badminton muda binaan PBSI yang baru berusia 21 tahun.

Syabda adalah atlet bulu tangkis sektor tunggal putra yang kini bertengger di peringkat 90 BWF.  Ia meninggal dunia karena kecelakaan kendaraan yang ditumpanginya saat dalam perjalanan ziarah sang nenek. Kecelakaan mobil terjadi di tol wilayah Pemalang, Jawa Tengah.

Kabar Syabda Perkasa Belawa kecelakaan hingga meninggal dunia membuat warganet kaget dan turut berduka cita. Tidak terkecuali juga rekan satu tim, yakni atlet badminton Jonatan Christie alias Jojo dan Christian Adinata.

3 dari 4 halaman

Jojo Anggap Syabda Perkasa Sebagai Adik

Melalui akun media sosial Instagramnya, Jonatan Christie @jonatanchristieofficial mengucapkan duka cita mendalamnya untuk Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia. Bahkan, atlet badminton tunggal putra yang kini menduduki peringkat ke-2 dunia itu menyebut Syabda sudah seperti adiknya. 

Jojo mengunggah foto kebersamaannya dengan Syabda Perkasa Belawa ketika keduanya tengah mengikuti sesi latihan sepak bola di GBK Senayan, 2022 lalu.Dalam unggahannya, Jonatan menyebut ia bakal merindukan Syabda yang sudah dianggapnya sebagai adik.

"Akan merindukanmu Da! Meskipun kita belum lama bersama-sama, saya sudah menganggap kamu sebagai adik saya. Kamu akan selalu kami kenang," tulis Jonatan, disertai simbol hati berwarna hitam.

Jonatan Christie maupun Syabda Perkasa Belawa memang sama-sama merupakan atlet badminton Indonesia yang berada di Pelatnas PBSI dan memperkuat sektor tunggal putra badminton Indonesia. Tidak heran kalau memiliki kedekatan yang seperti saudara.

Pebulu tangkis tunggal putra lainnya, Christian Adinata, juga mengunggah Instagram Stories untuk mengungkapkan kehilangannya atas kepergian Syabda Perkasa Belawa, sang sahabat. Lewat akun @christianadinata16, Christian Adinata mengunggah kebersamaannya dengan Syabda Perkasa Belawa. Christian memang berusia sepantaran dengan Syabda Perkasa Belawa, membuatnya begitu dekat dengan Syabda.

4 dari 4 halaman

Kedekatan Syabda dengan Ibunda

"Tidak menyangka bakal secepat ini, rest in peace bestfriend ever @syabdaperkasa," tulis Christian di Instagram Stories-nya.Tidak hanya satu, Christian mengunggah enam fotonya bersama dengan Syabda Perkasa Belawa di IG Stories. Foto terakhir bahkan dilengkapi emoji menangis, memperlihatkan rasa kehilangannya atas kepergian sahabat.

Syabda sendiri terlihat sangat dekat dengan ibunya yang dikabarkan juga meninggal dunia dala kecelakaan tersebut. Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagramnya. Ia memang tidak terlalu aktif di Instgram dan apa yang diunggahnya sepertinya hanya yang dianggap penting saja olehnya.

Salah satunya adalah sebuah unggahan saat berfoto bersama ibunya, Anik Sulistyowati. "The one and only, Happy birthday mama! (satu-satunya dan tak ada bandingannya, selamat ulang tahun mama)," tulisnya dalam unggahan pada 27 Januari 2021.

Unggahan itu di-pin dan berada di urutan pertama sehingga terkesan sebagai unggahan terakhir Syabda di akun Instagramnya.

Unggahan itu dibanjiri komentar warganet yang menuliskan ucapan duka cita atas meninggalnya Syabda Perkasa Belawa dan ibundanya. Sampai berita ini ditulis, unggaham itu sudah mendapatkan lebih dari 3.650 komentar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.