Sukses

6 Fakta Menarik Ethiopia, Negara Tertua di Dunia yang Pernah Berbatasan dengan Laut Merah

Ethiopia adalah negara terbesar dan terpadat di ujung Afrika, pernah berbatasan langsung dengan Laut Merah.

Liputan6.com, Jakarta - Ethiopia merupakan negara di ujung Afrika. Wilayah Ethiopia terletak sepenuhnya di garis lintang tropis, dengan ibu kota Ethiopia adalah Addis Ababa yang memiliki makna "Bunga Baru", letaknya hampir di tengah negara itu.

Ethiopia adalah negara terbesar dan terpadat di ujung Afrika. Ethiopia berbatasan dengan Eritrea di utara, Djibouti di timur laut, Somalia di timur, Kenya di selatan, Sudan Selatan dan Sudan di sisi barat. Dulunya Ethiopia berbatasan dengan Laut Merah, sebelum bagian wilayah negaranya yaitu Eritrea menjadi negara sendiri.

Masih banyak hal mengenai Ethiopia selain letak geografisnya. Berikut adalah enam fakta menarik Ethiopia yang dirangkum Liputan6.com pada Minggu, 12 Maret 2023.

1. Ethiopia adalah salah satu negara tertua di dunia

Luas wilayah Ethiopia bervariasi selama ribuan tahun keberadaannya. Di zaman kuno itu Ethiopia tetap berpusat pada Aksum, ibu kota kekaisaran yang berada di bagian utara negara modern, sekitar 100 mil (160 km) dari pantai Laut Merah.

Wilayah saat ini dikonsolidasikan selama abad ke-19 dan ke-20 saat kekuatan Eropa merambah ke dalam domain sejarah Ethiopia. Ethiopia disorot pertama kali pada 1896, saat mengalahkan kolonial Italia dalam Pertempuran Adwa, dan sekali lagi pada 1935–1936, ketika diserbu dan diduduki oleh fasis Italia.

Ethiopia adalah salah satu negara merdeka pertama yang menandatangani Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan memberikan dukungan moral dan material untuk dekolonisasi Afrika dan pertumbuhan kerjasama Pan-Afrika. Juga berperan atas berdirinya Organisasi Persatuan Afrika (sejak 2002, Uni Afrika) dan Komisi Ekonomi PBB untuk Afrika, yang berkantor pusat di Addis Ababa. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ragam Etnis di Ethiopia Dibedakan Lewat Bahasa

Orang Etiopia beragam secara etnis dengan perbedaan terpenting berdasarkan kategorisasi linguistik. Ethiopia adalah mosaik dari sekitar 100 bahasa yang dapat diklasifikasikan menjadi empat kelompok.

Sebagian besar bahasa milik kelompok Semit, Kushitik, atau Omotik, semua bagian dari rumpun bahasa Afro-Asiatik. Amharik merupakan salah satu bahasa utama negara itu dan berasal dari daerah tengah dan barat laut.

Gurage dan Hareri dituturkan oleh relatif sedikit orang di selatan dan timur, yang paling menonjol Bahasa Kushitik adalah Oromo dan Somalia. Oromo berasal dari wilayah barat, barat daya, selatan, dan timur negara itu.

Somali dominan di antara penduduk Ogaden dan Hawd, sedangkan Afar paling banyak ditemukan di Dataran Denakil. Bahasa Semit dituturkan terutama di bagian utara dan tengah negara itu. Sementara Geʿez, bahasa kuno kekaisaran Aksumite, saat ini hanya digunakan untuk tulisan-tulisan keagamaan dan ibadah di Gereja Ortodoks Ethiopia.

4. Kopi Menjadi Devisa Utama Bagi Ethiopia

Pertanian memegang penting sumber pemasukan Ethiopia, meski wilayahnya cenderung kering. Pertaniannya menghasilkan sebagian besar biji-bijian pokok seperti teff, gandum, barley, dan oat serta sorgum, jagung.

Sementara jenis pertanian kedua adalah tanaman komersial. Produk termasuk kopi, minyak sayur, lilin lebah, dan tebu. Kopi, yang berasal dari Ethiopia adalah satu-satunya ekspor terpenting. Bahkan kopi adalah penghasil devisa utama Ethiopia. 

 

 

3 dari 4 halaman

5. Warisan Budaya UNESCO Berupa Gereja dari Batu yang Dipahat

Gereja Saint George yang sering dikunjungi wisatawan dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Pelancong akan disuguhkan sebuah bangunan gereja terbuat dari batu besar yang dipahat dan berbentuk menyerupai salib.

Arsitektur gereja ini masih aktif digunakan untuk kegiatan keagamaan dan akan sangat ramai saat perayaan Natal atau Paskah. Uniknya, bangunan gereja terbuat dari batuan vulkanik scoria basaltik pada ketinggian 2.630 mdpl.

5. Wisata Bangunan Sejarah Kuno di Ibu Kota Lama Ethiopia

Sebagai salah satu negara tertua di dunia, Ethiopia memiliki banyak bangunan kuno yang menarik. Di Gondar yang dulunya ibu kota Ethiopia pada 1636 hingga 1855 terdapat cukup banyak bangunan kuno. Salah satunya Kastil Gondar atau juga disebut Kastil Fasiladas. Kastil Gondar ada di lingkungan kerajaan Fasil Ghebbi, sehingga ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. 

Selain itu, Aksum adalah salah satu tempat bersejarah yang ada di Provinsi Tigray, Ethiopia bagian utara, berlokasi sekitar 160 km dari Laut Merah. Dahulunya tempat ini ibu kota kekaisaran pada abad ke-1 hingga ke-7 Masehi.

Walau dipercaya memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap peradapan di Afrika dan sekitarnya, menandingi zaman Mesir, Yunani dan Romawi. Tapi di tempat yang sudah diakui sebagai situs bersejarah UNESCO ini tidak banyak naskah tertulis mengenai sejarah atau deskripsi lebih jauh tentang peradaban di Afrika.

4 dari 4 halaman

6. Kuliner Tradisional Ethiopia

Mengutip dari Taste Atlas, Minggu 12 Maret 2023, Wat adalah hidangan nasional Ethiopia, rebusan pedas yang dibuat dengan berbere - campuran bumbu yang biasanya terdiri dari cabai yang sangat pedas, bawang putih, jahe, rue, basil, ajwain, nigella, dan fenugreek, semuanya dijual di pasar dan tanah Ethiopia. 

Wat merupakan hidangan paling populer di negara ini dan dapat dibuat dengan daging sapi, ayam, domba, lentil, sayuran, atau ikan. Daging babi tidak pernah digunakan karena alasan agama.

Di Etiopia, tidak ada yang terbuang, sehingga setiap potongan daging yang memungkinkan digunakan di wat, baik segar maupun kering, dari potongan halus hingga organ.

Di masa lalu, wanita Ethiopia dinilai berdasarkan keterampilan memasaknya, dan mereka yang membuat yang terbaik adalah yang paling dihormati oleh tetangga dan suami mereka. Wat diawali dengan bawang bombay, digunakan untuk mempermanis dan mengentalkan rebusan, dilanjutkan dengan berbere, air, saus tomat, dan daging atau sayuran, dimasak perlahan hingga sempurna.

Selain itu, ada Kitfo yang merupakan hidangan Ethiopia populer yang terdiri dari daging sapi mentah yang baru digiling dan dipadukan dengan mentega Ethiopia (niter kibbeh) dan rempah-rempah seperti cabai dan garam. Hidangan disajikan dengan berbagai macam roti, dengan injera menjadi makanan pokok di setiap restoran yang menyajikan kitfo. Meski kitfo biasanya disajikan sendiri, bisa juga ditemani keju asin atau collard greens.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.