Sukses

Bioskop Local Cinema Dibuka di Jakarta, Siapkan 8 Pilihan Rasa Popcorn untuk Penonton

Popcorn yang dijual di bioskop Local Cinema menjadi salah satu pembeda untuk menarik perhatian pengunjung,

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta dimeriahkan dengan kehadiran bioskop baru bernama Local Cinema. Bioskop ini berlokasi di lantai tiga Lotte Mart Fatmawati, Jakarta Selatan, dan baru menggelar Grand Opening pada 15 Februari 2023.

Untuk menarik perhatian calon penonton, Local Cinema itu menghadirkan nuansa khas Indonesia ke dalam bioskop. Di Jakarta misalnya, pengelola menghadirkan ondel-ondel dan gendang ke dalam area lobi bioskop.

"Kita mengakuisisi dari Lotte Cinema, start buka di akhir Desember 2022," jelas Tiara, tim marketing Local Cinema, kepada Liputan6.com, Kamis, 23 Februari 2023. Ia menyebut bioskop itu mulai dibuka pada akhir Desember 2022.

Lokasi yang ditempati sebelumnya adalah bioskop Lotte Cinema yang dibuka sejak 2018. Bioskop terpaksa ditutup permanen pada 2020 akibat situasi pandemi COVID-19, diketahui dari laman Facebook Lotte Cinema. 

Sebagai pendatang baru, Local Cinema mencoba menawarkan pengalaman unik. Salah satunya dengan menyajikan popcorn yang tak biasa.

"Untuk makanan dan minuman mostly sama dengan cinema lain, tapi khusus popcorn kita punya delapan varian rasa,” jelas Tiara. Ini merupakan terobosan baru, karena biasanya hanya ada dua rasa popcorn yang umum ditemui, asin dan karamel. 

Seorang pengguna Instagram dengan akun @rizalmuhamaddd membagikan video Reels saat hadir pada grand opening Local Cinema. Ia mendaftarkan delapan rasa popcorn yang ditemukannya di Local Cinema, yaitu salty, caramel, sweet cheese, cheddar cheese, mandarin orange, dark choco, pineapple tart, dan Lotus Biscoff. 

Namun, menurut Tiara, rasa popcorn yang ditawarkan itu tentatif. "Karena rasa bisa berubah-ubah sesuai bulan, jadi better datang dan rasakan sendiri," ujar Tiara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bioskop Khusus Anak-anak

Terdapat tiga jenis ruangan bioskop di Local Cinema, yang terdiri atas ruangan “Regular”, “Prestige”, dan “Cine Kids”. Total ada lima ruangan di bioskop yang berada di daerah Jakarta Selatan ini. 

Tiara menjelaskan secara rinci detail tiap ruangan. "Tiga regular dengan total kapasitas 466 seat, satu Prestige dengan kapasitas 50 seat dan 1 Cine Kids dengan kapasitas 152 seat," ujarnya. 

Ruangan reguler difasilitasi dengan kursi beludru berwarna merah dan biru. Sementara, kursi di ruangan Prestige lebih mewah dengan kursi berbahan kulit berwarna cokelat keabu-abuan dan ukuran kursi yang lebih besar serta empuk.

Tipe ruangan terakhir ditujukan bagi anak-anak. Jenis kursinya sama dengan di ruangan Regular, tetapi lebih berwarna-warni, yaitu merah, kuning, hijau, biru, dan ungu. Temboknya juga berwarna cerah dengan hiasan huruf-huruf alfabet, dan lantainya memiliki motif-motif dengan warna kuning dan ungu. 

"Sinemanya bisa diatur agar tidak terlalu gelap dan tidak terlalu besar volume filmnya," kata Tiara. Pengaturan itu untuk mengakomodasi kekhawatiran orangtua saat membawa anak ke bioskop mengingat suaranya yang sangat kencang hingga dapat membahayakan pendengaran. Anak-anak yang menonton di ruangan Cine Kids tetap harus didampingi. 

3 dari 4 halaman

Film Lawas dan Baru

Local Cinema menyatakan akan menayangkan lebih dari film-film Blockbuster Hollywood terbaru. "Local Cinema akan terus update dengan film-film terbaru dan tetap memberikan ruang untuk penikmat film-film lama," kata Tiara. Maka, jangan heran jika penonton masih dapat menemui film lawas ditayangkan ulang di Local Cinema.

Lebih lanjut, sesuai namanya, Local Cinema juga ingin menonjolkan film-film dalam negeri di bioskopnya. "Sebagai bentuk support Local Cinema kepada sineas Indonesia," katanya. Dengan begitu, harapannya, Local Cinema dapat memajukan industri perfilman tanah air. 

Pencinta film Indonesia yang mengunjungi Local Cinema juga akan dimanjakan dengan desain interior bangunan bioskopnya. Bangunan Local Cinema tampak mewah dan klasik, sekilas condong ke gaya Eropa. Warnanya didominasi oleh emas dan hitam. Sentuhan kedaerahan terlihat dari penggunaan corak batik di beberapa titik. 

Desain yang berkelas merupakan salah satu tujuan Local Cinema. "Local Cinema ingin pengunjungnya merasa nyaman dan bisa berlama-lama di area lobi," ujar Tiara. 

4 dari 4 halaman

Harga Tiket

 

Akan tetapi, beberapa penonton menyayangkan keputusan Local Cinema untuk menggunakan lebih banyak bahasa Inggris di bioskopnya, yang dianggap kurang mencerminkan arti kata lokal.  Tiara berargumen bahwa, "Local Cinema masih menggunakan bahasa Inggris karena Local Cinema ingin mendunia.".

"Tidak hanya melayani orang lokal, tapi seluruh dunia," imbuh dia.

Harga tiket untuk menonton film di Local Cinema adalah 30.000 saat hari kerja dan 40.000 saat hari libur untuk ruangan Regular. Sementara itu, harga tiket ruangan Prestige adalah 50.000 saat hari kerja dan 70.000 saat hari libur. 

Inovasi juga dilakukan jaringan bioskop CGV dengan menghadirkan Private Box di CGV Grand Indonesia. Fasilitas itu sudah muncul di negara asal CGV, yakni di Korea Selatan. Melansir akun Instagram dan laman resmi CGV Indonesia dan beberapa sumber lainnya, konsep bioskop ini berada di bagian paling belakang sebah ruangan bioskop tapi posisinya lebih tinggi dibanding area penonton umum, sehingga pandangan tidak terhalang.

Dilihat dari tampilannya, bioskop eksklusif yang baru beroperasi pada 22 Desember 2022 ini diposisikan untuk pasar kalangan atas sehingga harganya dipastikan tidak murah. Salah satu daya tarik dari Private Box adalah kesan mewah, yang ditunjukan lewat penggunaan sofa recliner yang lebar dan empuk dan fasilitas tambahan seperti kulkas pintar, televisi, air purifier, dan meja tambahan.

Penonton juga disediakan remote yang bisa mengatur pencahayaan dan suhu udara. Penonton yang menyewa Private Box diberi welcome drink

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.