Sukses

Mencuci Pakaian Agar Wangi Tahan Lama dan Warna Tidak Pudar, Begini Triknya!

Melakukan penyortiran sebelum mencuci pakaian adalah langkah penting untuk mencegah kerusakan pada bahan pakaian dan kamu harus pisahkan antara pakaian warna terang dengan warna gelap.

Liputan6.com, Jakarta Mencuci pakaian merupakan kegiatan yang hampir setiap hari dilakukan oleh banyak orang. Pasalnya, pakaian yang Anda gunakan sehari-hari perlu perawatan yang tepat agar tidak mudah luntur, pudar serta terlihat seperti baru dan wangi. 

Untuk mendapatkan kondisi pakaian seperti itu, tidaklah sulit. Karena saat ini, mencuci pakaian tidak lagi pekerjaan rumah yang menyusahkan. Anda sudah dapat menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian sehari-hari. Selain tidak mengeluarkan banyak tenaga, hasil cucian pun tidak mengecewakan.

Namun, terkadang beberapa orang masih bingung bagaimana cara mencuci pakaian dengan tepat. Berikut ini beberapa trik yang dapat membantu Anda mencuci pakaian dengan tepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mencuci Pakaian yang Tepat

Anda harus perhatikan beberapa hal ini agar proses mencuci pakaian dapat menghasilkan aroma wangi, warna tidak luntur, dan terlihat seperti baru, ya.

1. Periksa Label Care

Sebelum mencuci pakaian, periksalah label care pada pakaian Anda. Label care akan memberikan informasi tentang bagaimana pakaian seharusnya dicuci, seperti suhu air, jenis deterjen yang disarankan, dan cara mengeringkan pakaian. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada label care untuk menghindari kerusakan pada pakaian.

2. Sortir Pakaian

Melakukan penyortiran sebelum mencuci pakaian adalah langkah penting untuk mencegah kerusakan pada bahan pakaian. Pakaian berwarna terang harus dicuci terpisah dari pakaian berwarna gelap. Selain itu, pastikan untuk mencuci dengan bahan yang sama, seperti kain sintetis atau katun bersama-sama.

Penyortiran pakaian akan semakin mudah dilakukan ketika Anda memilih mesin cuci 1 tabung Zeromatic Laguna dari Polytron. Bagaimana tidak? Mesin cuci tersebut memiliki fitur multi program washing yang mampu mencuci semua bahan pakaian dengan aman. Mulai dari wools, sutra, katun, hijab hingga batik. 

Selain itu, Zeromatic Laguna dari Polytron juga memiliki fitur Easy to Access, di mana fitur ini memudahkan pengguna yang mau melakukan proses mencuci dengan desain tombol yang fungsional.

3. Pemakaian detergen yang tidak berlebihan

Proses mencuci pakaian selanjutnya yang wajib Anda ikuti adalah gunakan deterjen yang tepat. Pemilihan deterjen yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitas pakaian. Deterjen yang berlebihan dapat membuat bahan pakaian menjadi kasar dan menimbulkan bintik-bintik pada warna. 

Agar deterjen yang digunakan tidak berlebih, mesin cuci dengan fitur turbo mix Zeromatic Laguna dari Polytron menjadi pilihan tepat. Pasalnya, fitur tersebut dapat memastikan pencampuran deterjen bubuk maupun cair tercampur sempurna dengan air tidak ada residu. 

Hasil tersebut menghasilkan cucian yang jauh lebih bersih dan menyeluruh dengan teknologi baling-baling yang dikendalikan oleh air.

4. Gunakan Softener yang Tepat

Penggunaan softener dalam mencuci pakaian bisa memberikan hasil yang lebih lembut dan nyaman untuk kulit. Namun, pemilihan softener yang tepat sangat penting untuk memastikan pakaian tidak rusak dan aman untuk digunakan.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan softener secara berlebih, akan menyebabkan residu pada pakaian, menyebabkan kain menjadi lebih cepat aus dan bahkan menyebabkan kulit iritasi.

Dan jika ingin menghasilkan cucian yang wangi tahan lama dengan softener dan lebih hemat 50 persen, Anda dapat memilih mesin cuci yang tersemat fitur aroma boost yang bisa mengatur pengeluaran softener secara efisien hanya pada proses pembilasan, menghasilkan cucian yang jauh lebih wangi dan lembut seperti pakai parfum. 

5. Jangan Terlalu Lama Rendam Pakaian

Proses merendam merupakan langkah dalam mencuci pakaian yang efektif untuk menghilangkan noda yang membandel. Namun, Anda harus mencermati jangka waktu perendaman. Usahakan merendam pakaian tidak lebih dari 30 menit sebelum dicuci.

Selain itu, Anda juga harus mencermati bahan pakaian sebelum merendamnya. Pasalnya, terdapat beberapa pakaian yang tidak boleh direndam dan harus direndam dengan air dingin.

Ketika Anda sudah melakukan cara merendam pakaian dengan tepat, noda yang membandel pada pakaian akan hilang dan warna pakaian tidak akan memudar.

Agar semakin menghilangkan noda membandel, Anda dapat memilih mesin cuci dengan fitur Laguna Wave dan Laguna Drum. 

Fitur Laguna Wave memiliki fungsi mengangkat kotoran membandel yang menghasilkan hasil cucian lebih bersih maksimal. Sementara, fitur Laguna Drum berfungsi untuk memaksimalkan daya spin dari mesin cuci sehingga menimbulkan efek seperti mengucek baju.

3 dari 3 halaman

Pilih Mesin Cuci dengan Fitur Lengkap

Anda bisa mendapatkan proses mencuci pakaian yang maksimal seperti yang sudah disebutkan sebelumnya melalui pemilihan mesin cuci dengan fitur lengkap. Salah satunya adalah mesin cuci top loading Zeromatic Laguna dari Polytron. 

Mesin cuci Zeromatic Laguna dari Polytron memiliki fitur lengkap yang mampu memenuhi kebutuhan mencuci pakaian Anda sehari-hari. Tak hanya fitur Easy to Access, Laguna Wave dan Laguna Drum, Turbo Mix, serta Aroma Boost, Zeromatic Laguna dari Polytron juga memiliki desain tombol lengkap.

Selain itu, Zeromatic Laguna dari Polytron juga memiliki fitur Ambient light yang dilengkapi dengan lampu penerang di dalam tabung untuk mempermudah proses pemantauan hasil mencuci pakaian. 

Anda juga dapat melihat proses mencuci dengan Zeromatic Laguna dari Polytron, karena memiliki soft closing tempered glass door yang dilengkapi dengan tempered glass door yang mewah serta soft demper sehingga pintu tidak akan terbanting.

So, tunggu apa lagi? Dengan deretan fitur mesin cuci 1 tabung Zeromatic Laguna dari Polytron, proses mencuci pakaian Anda terjamin wanginya dan terhindar dari kerusakan! 

Saatnya miliki mesin cuci Zeromatic Laguna dari Polytron, ya. Untuk mendapatkan Zeromatic Laguna dan produk dari Polytron lainnya bisa kunjungi website resmi Polytron atau di official store e-commerce Polytron. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.