Sukses

Tips Menjaga Udara Tetap Bersih dan Segar Saat Tinggal di Apartemen

Jadi, bagaimana sih cara menjaga udara tetap bersih dan segar saat tinggal di apartemen?

Liputan6.com, Jakarta Tinggal di apartemen belakangan ini jadi pilihan kaum urban kekinian, terlebih bagi mereka yang bekerja di kota besar. Apartemen dinillai menjadi pilihan tempat tinggal yang sesuai dengan gaya hidup masa kini, misalnya saja dari sisi lokasi yang strategis sehingga memberikan kemudahan akses mobilitas sehari-hari.

Namun, tinggal di apartemen yang cenderung minim space bukan berarti nggak memiliki tantangan. Ruangan minim space yang cenderung tertutup ini membuat minimnya sirkulasi udara di dalamnya. Padahal, udara yang bersih dan segar sangat penting demi kualitas hidup penghuninya. Jadi, bagaimana sih cara menjaga udara tetap bersih dan segar saat tinggal di apartemen?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bersihkan Perabotan dari Debu

Untuk menjaga udara tetap bersih dan sehat, kamu bisa mengawalinya dengan kebiasaan sederhana yaitu membersihkan ruangan dan perabotan dari debu yang menempel. Jika dibiarkan menumpuk, debu dan kotoran ini akan memenuhi ruangan dan mempengaruhi kualitas udara yang dihirup di dalam apartemen.

Kalau nggak sempat membersihkannya setiap hari, kamu bisa membuat jadwal bersih-bersih rumah setiap seminggu sekali. Gunakan bantuan lap yang sudah dibasahi air agar debu tidak berterbangan dan terhirup ke dalam saluran pernapasan.

3 dari 6 halaman

Jaga Sirkulasi Udara

Apartemen merupakan bangunan yang memiliki tingkat kedap udara yang cukup tinggi. Jika udara kotor sudah terlanjur terjebak di dalamnya, akan sulit untuk keluar. Jadi, penting untuk memilih apartemen yang memiliki skema sirkulasi yang baik. Misalnya memastikan apartemen yang ditempati memiliki exhaust fan di beberapa bagian tertentu seperti kamar mandi dan dapur.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba membuka jendela dan pintu setiap pagi. Langkah kecil ini bisa membantu pergantian udara jadi lebih lancar. Penghuni pun bisa menikmati udara yang bersih dan segar di dalamnya.

4 dari 6 halaman

Manfaatkan Tanaman Hias

Memelihara tanaman hias bisa jadi pilihan untuk membuat udara di apartemen jadi lebih bersih dan segar. Beberapa jenis tanaman hias dapat dirawat secara indoor di tempat yang minim sinar matahari dan berperan untuk detoksifikasi udara di dalam ruangan.

Kamu bisa memilih jenis tanaman hias yang jadi favorit, misalnya saja sirih gading, lidah mertua, lidah buaya, atau aglaonema. Selain dapat membersihkan udara di dalam apartemen, aneka tanaman hias ini juga memiliki fungsi estetik. Kamu bisa mempercantik berbagai sudut di dalam apartemen dengan penataan yang tepat.

5 dari 6 halaman

Bersihkan AC Secara Berkala

Membersihkan AC yang ada di dalam apartemen secara rutin juga penting untuk menjaga udara tetap bersih dan segar. Debu yang menumpuk di dalam AC nggak hanya membuat kinerja mesin jadi terbebani. Performa AC jadi kurang optimal dan udara yang disemburkan pun terpapar debu yang ada.

Jadi, penting untuk selalu melakukan pembersihan AC secara rutin. Gunakan jasa teknisi profesional untuk melakukan proses tersebut sekaligus mengecek kondisi AC. Jadi, kalau ada kerusakan bisa segera ditangani dengan baik.

6 dari 6 halaman

Gunakan Air Purifier

Bagi yang tinggal di dalam apartemen, wajib banget memiliki air purifier untuk membantu menjernihkan udara di dalam ruangan. Pastikan pilih produk air purifier dengan teknologi terkini untuk membantu menghilangkan bau, menyaring virus dan bakteri, serta menghilangkan gas kimia berbahaya di udara.

Penggunaan air purifier juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur penghuninya, karena dapat menyaring alergen kamar tidur seperti jamur, bakteri, tungau dan debu yang memicu alergi dan gangguan tidur. Dengan menghirup udara yang bersih, pastinya kualitas tidur jadi lebih terjaga.

Itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas udara tetap bersih bagi para penghuni apartemen. Saatnya terapkan sekarang yuk!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini