Sukses

6 Cara Upgrade Interior Rumah yang Sederhana dan Murah

Anda bosan dengan suasana rumah? Cobalah untuk meningkatkan kesan rumah Anda dengan cara-cara berikut yang mudah dan tentunya ekonomis.

Liputan6.com, Jakarta Rumah, sebuah tempat yang tak hanya sekadar bangunan, tetapi juga simbol kehangatan dan keamanan bagi banyak orang di seluruh dunia. Dari balik dinding-dindingnya, rumah menjadi saksi bisu bagi berbagai cerita kehidupan. Namun, bagi sebagian orang, rumah bukanlah sekadar tempat tinggal, melainkan juga investasi berharga yang mencerminkan status dan identitas sosial.

Rumah juga mencerminkan kepribadian dan selera pemiliknya. Desain interior, furnitur, hingga warna cat dinding merupakan ekspresi dari preferensi estetika dan gaya hidup penghuninya. Selain itu, rumah juga menjadi tempat untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk dunia luar, tempat di mana kita bisa merasa aman dan nyaman. Maka tidak mengherankan jika kita selalu berusaha menjadikan rumah sebagai tempat yang indah, fungsional, dan menyenangkan untuk ditinggali.

Semua hal yang kita peroleh dalam hidup cenderung mengalami perubahan. Rumah Anda adalah salah satu contohnya. Anda akan terbiasa tinggal di sana, dan semua detail kecil yang membuat Anda jatuh cinta padanya. Lalu suatu hari Anda terbangun pada tempat itu akan menjadi biasa saja, dan akan merasa rumah kesayangan Anda terasa agak tua dan membosankan.

Salah satu solusi adalah melakukan proyek renovasi besar-besaran, tetapi Anda akan memikirkan waktu, biaya, dan usaha yang diperlukan. Namun, Anda tidak perlu merombak seluruh rumah untuk membuatnya terasa segar dan baru, ada banyak perubahan kecil yang membutuhkan sedikit biaya, sedikit usaha, namun memberikan dampak besar

Berikut beberapa hal yang bisa di-upgrade untuk mempercantik rumah Anda, dilansir dari Lifehacker.com, Sabtu (24/02/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Lemari Dapur

Saat memikirkan cara untuk memperindah dapur, banyak orang cenderung langsung memikirkan renovasi besar-besaran seperti mengecat atau mengganti kabinet. Namun, mengganti engsel dan gagang lemari bisa memberikan efek dramatis pada tampilan lemari dapur Anda, serta meningkatkan fungsionalitasnya. Mengganti bagian-bagian lemari dapur ini sangatlah ekonomis, tergantung seberapa besar lemari dapur Anda.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengecat ulang lemari dapur tersebut, misalnya, mengubahnya dari warna metalik menjadi hitam pekat, yang bisa memberikan dampak besar dengan biaya yang terjangkau, dengan hanya beberapa kaleng cat saja.

Untuk peningkatan yang signifikan, pertimbangkan untuk mengganti engsel dasar pada lemari dapur dengan engsel yang dapat ditutup dengan menghasilkan suara yang lembut. Hal ini dapat membuat lemari yang murah sekalipun terasa mewah, dan akan sangat membantu, jika Anda seringkali dikejutkan oleh suara keras saat seseorang menutup atau membuka lemari dapur.

3 dari 7 halaman

2. Pintu

Pintu-pintu di rumah Anda memiliki pengaruh yang signifikan pada kesan keseluruhan ruangan rumah Anda. Pintu yang murah dan berongga dapat membuat rumah terasa kurang berkualitas, sementara pintu masuk yang lusuh dan sederhana dapat memberikan kesan membosankan pada rumah Anda.

Mengganti seluruh pintu rumah akan memakan biaya yang mahal, janganlah lakukan hal itu. Cobalah untuk menukar bagian-bagian kecil pada pintu Anda seperti engsel, gagang, dan kait dengan versi yang mudah dan murah adalah solusi yang terjangkau, dan dapat mengubah tampilannya secara keseluruhan.

Mengecat pintu masuk Anda dengan warna yang cerah dan gagah dapat mengubah kesan secara signifikan, meningkatkan daya tarik visual, dan bahkan menambah nilai properti Anda. Untuk sentuhan ekstra yang ekonomis, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa palang pintu magnetik agar pintu tetap terbuka saat Anda membawa belanjaan atau barang dari satu ruangan ke ruangan lain

4 dari 7 halaman

3. Kursi Toilet

Kursi toilet mungkin bukanlah hal pertama yang terlintas dalam pikiran Anda ketika memikirkan pembaruan rumah. Namun, kursi toilet yang sudah tua, lusuh, dan sederhana bisa membuat seluruh pengalaman di kamar mandi terasa ketinggalan zaman. Meng-upgrade ke kursi toilet yang baru dapat menjadi awal yang segar untuk merombak tampilan toilet Anda dan cobalah untuk membersihkannya secara menyeluruh.

Memilih kursi toilet baru yang dapat ditutup dengan lembut juga dapat menambahkan sentuhan kemewahan yang tenang pada rutinitas harian Anda. Dan, dengan memberikan biaya tambahan, Anda bahkan bisa mendapatkan kursi toilet dengan fitur berpemanas yang akan mengubah pengalaman Anda saat di kamar mandi.

5 dari 7 halaman

4. Lampu

Lampu rumah seringkali dianggap sebagai sesuatu yang permanen dan tidak dapat diubah. Namun, cobalah mengubah cover lampu gaya "Kristal Bulat" di rumah Anda. Ini menjadi sesuatu yang lebih bergaya dan dapat meningkatkan nuansa seluruh tempat dengan biaya yang terjangkau.

Untuk sentuhan ekstra, cobalah memasang lampu LED Fiber Optic yang bisa berganti warna pada ruangan yang anda inginkan. Sehingga Anda dapat mengatur suasana hati di setiap ruangan, yang dapat secara instan menambah kemewahan pada ruangan Anda.

Menambahkan cahaya di tempat yang kurang terang juga sangat dianjurkan. Beberapa lampu undercabinet yang dipasang pada lemari dapur Anda tidak hanya fungsional, tetapi juga dapat menambah suasana dan membuat dapur terasa lebih mewah. Selain itu, menambahkan beberapa lampu sensor gerak ke lemari akan membuat ruangan terasa lebih mewah, sambil membuatnya lebih mudah digunakan.

6 dari 7 halaman

5. Kamar Mandi

Kita seringkali menghabiskan waktu di kamar mandi. Tak jarang juga kamar mandi membawa kita ke dalam suasana yang penuh dengan ketenangan. Untuk membuat kamar mandi terasa lebih mewah, Anda tidak perlu melakukan renovasi besar atau memasang ubin baru. Kadang-kadang, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti ubin kamar mandi yang ada dengan versi yang terlihat lebih modern dan terbaru.

Mengganti rak handuk, tempat tisu toilet, dan hiasan lainnya dapat memberikan efek dramatis pada tampilan dan nuansa kamar mandi Anda tanpa menghabiskan banyak biaya.

Selain itu, jika Anda memiliki tirai shower, pertimbangkan untuk menambahkan batang tirai melengkung. Batang tirai melengkung dapat membuat kamar mandi yang sempit terasa lebih luas, serta menghindari situasi menjengkelkan saat tirai basah yang tiba-tiba melekat pada tubuh disaat Anda mandi.

7 dari 7 halaman

6. Keran Air

Jika Anda merasa dapur dan kamar mandi terasa sedikit usang dan ketinggalan zaman, namun tidak tahu penyebabnya, perhatikanlah keran Anda. Apakah keran-keran tersebut masih sama seperti yang Anda miliki selama bertahun-tahun? atau apakah mereka bekas dari perombakan besar yang dilakukan 15 tahun yang lalu?.

Mengganti keran adalah salah satu hal yang paling mudah dilakukan di rumah Anda, dan merupakan cara termudah untuk memperkenalkan elemen desain baru yang dramatis ke dapur atau kamar mandi tanpa harus merombak semuanya.

Jika Anda menginginkan suasana yang benar-benar baru, pertimbangkan untuk mengganti keran air di rumah Anda, misalnya. Jika keran air Anda yang berbahan nikel sudah lama terpasang, cobalah untuk menggantinya ke bahan stainless, tentunya ini akan memberikan kesan menyegarkan dan membuat rumah Anda terasa seperti baru kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.