Sukses

6 Camilan Malam Hari yang Sehat dan Rendah Kalori, Atasi Rasa Lapar Tanpa Rasa Bersalah

Memilih camilan malam hari yang sehat dan rendah kalori sangatlah penting untuk menjaga metabolisme tubuh tetap baik dan mencegah kenaikan berat badan. 

Liputan6.com, Jakarta Menemukan camilan enak dan lezat sekarang ini tidaklah sulit. Dari camilan home made hingga buatan pabrik makanan, bisa dipesan online maupun beli langsung ke supermarket. Meskipun banyak pilihan camilan, untuk mengatasi rasa lapar yang tak tertahankan di malam hari jangan sembarangan ngemil. Sebab tidak semua jenis camilan itu tepat dikonsumsi di malam hari.

Ngemil malam hari memang tidak disarankan, tetapi mengabaikan dan menahannya juga bukan perkara mudah. Maka dari itu, memilih camilan malam hari yang sehat dan rendah kalori menjadi solusi untuk menjaga metabolisme tubuh tetap baik dan mencegah kenaikan berat badan. Dengan demikian kamu bisa sedikit mengurangi rasa bersalah karena harus makan di malam hari.

Dikutip dari Lifehack, berikut ini adalah beberapa camilan sehat dan rendah kalori untuk mengatasi rasa lapar di malam hari.

1. Popcorn

Popcorn bisa menjadi camilan lezat dan sehat yang dapat memenuhi hasrat ngemil kamu. Camilan ini mengandung biji-bijian dan serat, sehingga memiliki manfaat. Cocok menjadi camilan malam karena popcorn tidak memiliki nilai kalori tinggi, namun bisa membuat perut kenyang. Pastikan dibuat dengan cara yang benar dan dengan sedikit minyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Buah-Buahan atau Smoothie Buah

Buat kamu yang menyukai makanan manis, maka buah-buahan atau smoothies buah bisa menjadi camilan sehat di malam hari. Tidak hanya mendapatkan banyak serat, vitamin, dan mineral, tetapi juga dapat merasakan rasa manis alami buah-buahan.

Untuk menghindari kandungan gula tinggi di malam hari, kamu bisa memilih buah-buahan rendah gula. Seperti stroberi, persik, dan melon diketahui memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan dengan pisang dan mangga, sehingga menjadikannya camilan sehat yang baik untuk dimakan di malam hari.

3. Kue Beras

Cari sesuatu yang renyah dan ringan? Kamu bisa memilih camilan kue berat. Kamu bisa memakannya langsung atau ditambahkan dengan topping favorit kamu. Umumnya, kue beras dibuat dari biji-bijian yang mengembang dan dicetak menjadi kue mini. Selain renyah, ia memiliki rasa yang netral, rendah kalori dan dapat dipadukan dengan berbagai topping. 

Membuat kue berat sejatinya cukup mudah, namun jika kamu tidak punya waktu, bisa membelinya di supermarket terdekat. Misalnya kue beras Quaker yang tersedia dalam berbagai rasa dan umumnya rendah kalori.

4. Keripik Sayuran

Sekantong keripik menjadi camilan favorit yang dikonsumsi saat menonton film maupun pertandingan sepak bola di malam hari. Sayangnya, camilan ini cenderung memiliki kalori yang tinggi karena proses pembuatan yang digoreng dan juga penambahan natrium dan lemak. Oleh karena itu, cobalah memilih keripik sayuran yang dalam proses pembuatannya minim minyak atau bahkan tidak mengandung minyak sama sekali. Ingatlah untuk tidak makan berlebihan di malam hari.

3 dari 3 halaman

5. Telur Rebus

Telur rebus adalah camilan sederhana dan bergizi yang bisa kamu santap di malam hari. Tidak hanya mengenyangkan, telur rebus juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Telur termasuk makanan rendah kalori, namun kaya vitamin, mineral dan sumber protein hewani. Kamu bisa mendapatkan kandungan protein dari putih telur dan kuning telur.

Kamu dapat menikmati telur dengan cara direbus dan dikupas, atau menambahkan sedikit garam atau bumbu yang disukai jika telur polos rebus terlalu biasa. 

6. Kacang-kacangan

Mengemil segenggam kacang-kacangan dapat membantu mengatasi rasa lapar di tengah malam. Tidak hanya renyah dan lezat, kacang-kacangan juga kaya akan serat, vitamin E, asam lemak omega-3, dan zat-zat lain yang baik untuk jantung Anda. Tapi tidak semua jenis kacang ya. Pilihlah kacang-kacangan seperti almond dan pistachio yang memiliki kadar melatonin dan antioksidan yang tinggi. 

Jika kamu benar-benar tidak bisa menahan lapar dan harus makan di malam hari, cobalah camilan sehat di atas. Sekalipun rendah kalori, kamu tetap harus membatasi konsumsinya. Sejatinya, masih banyak jenis camilan malam hari yang sehat dan rendah kalori, seperti buah kiwi, alpukat, keju, hingga roti gandum.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.