Sukses

9 Pola Makan Ira Wibowo, Kunci Tetap Sehat dan Awet Muda di Usia 55 Tahun

Awet muda di usia kepala 5, Ira Wibowo memilih jenis asupan yang tinggi nutrisi.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris senior Ira Wibowo sudah aktif bermain di berbagai judul film, sinetron, dan serial sejak tahun 80an. Sampai sekarang, pemilik nama lengkap Raden Ayu Ira Wibowo Wirjodiprodjo ini masih aktif berkarier sebagai aktris.

Tak hanya di depan layar, Ira sesekali menyapa penggemar lewat media sosial sambil membagikan kegiatan sehari-harinya. Jika dilihat dari beberapa unggahan di medsosnya, saat ia tak ada kesibukan syuting, Ira gemar menghabiskan waktunya untuk berolahraga. Ia mengaku gemar olahraga pilates, tenis, atau sekadar jalan kaki dan jogging.

Menurutnya, olahraga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, sehingga ia memutuskan untuk lebih sering lagi melakukannya. "Memang salah satu resolusiku utk thn 2023, aku kepingin jalan lbh bnyk lagi… Cemunguuuuuuud," tulis Ira di akun Instagramnya.

Selain berolahraga secara rutin, kakak dari aktor Ari Wibowo ini juga dikenal selektif soal makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Pastinya, ia memilih jenis asupan yang tinggi nutrisi dan bermanfaat untuk menunjang tubuhnya tetap aktif.

Ia juga selalu minum air putih. "Jangan lupa minum air putih dengan teratur serta olahraga seperti treadmill setiap hari selama seminggu," ucap Ira dikutip dari fimela.com. Tak heran kalau Ira terlihat masih begitu energik di usia 55 tahun.

Ira mengatur asupan nutrisi sehari-hari. Berikut pola makan Ira Wibowo yang bisa membantu tubuh tetap sehat dan awet muda di usia 55 tahun yang dilansir dari akun Instagram miliknya dan berbagai sumber lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membatasi gula

Bukan sepenuhnya menghindari gula, tapi Ira Wibowo mengurangi porsinya agar tidak berlebihan. Dilansir dari cdc.gov, mengurangi konsumsi gula penting untuk kesehatan, karena gula berlebihan dapat meningkatkan total kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, gula berlebih juga bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

2. Rajin mengonsumsi sayuran

Ira Wibowo dikenal gemar mengonsumsi sayuran, baik sayur segar maupun sudah dimasak. Dilansir dari hsph.harvard.edu, mengonsumsi sayur secara rutin punya banyak sekali manfaat untuk tubuh, mulai dari menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jantung atau stroke, menurunkan risiko terkena kanker, menjaga mata dan alat pencernaan tetap sehat, menjaga kadar gula darah stabil, dan masih banyak lagi.

3. Makan buah-buahan

Selain sayur, buah-buahan juga kerap jadi makanan utama Ira Wibowo, seperti saat sarapan dan ngemil. Buah ini juga jadi sumber gula alami. Mereka yang rajin makan buah bisa dipastikan imun tubuhnya bagus, jantung semakin sehat, terhindar dari penyakit diabetes, tulang tetap sehat dan kuat.

3 dari 4 halaman

4. Rutin sarapan

Ira tak pernah melewatkan sarapan setiap harinya, apalagi kalau ia memiliki kegiatan olahraga maupun syuting. Sarapan berfungsi untuk meningkatkan energi tubuh, membantu otak lebih konsentrasi, menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

5. Menghindari makanan olahan

Soal makanan, Ira diketahui lebih memilih makanan yang berasal dari sumber alami, misalnya sayuran, daging hewani utuh, buah-buahan, dan lainnya. Ibu dua anak ini menghindari makanan yang melalui proses pengolahan panjang. Mengonsumsi makanan olahan secara berlebihan bisa berisiko meningkatkan berbagai penyakit kronis seperti obesitas, jantung, maupun tekanan darah tinggi.

6. Mengonsumsi karbohidrat kompleks

Ira Wibowo juga mengatur asupan karbohidratnya, lho. Ia sebisa mungkin memilih jenis karbohidrat yang kompleks. Misalnya, ada umbi-umbian, pasta dari gandum utuh, dan lain-lain.

Dilansir dari austinpt.com, karbohidrat kompleks bisa jadi sumber makanan sehat buat menambah energi untuk beraktivitas. Dibanding karbohidrat simpel, karbohidrat kompleks ini lebih tinggi serat dan mudah dicerna pula.

4 dari 4 halaman

7. Minum infused water

Setiap hari, Ira Wibowo mengonsumsi infused water. Bahkan, tak jarang ia membawa minuman ini ke lokasi syuting. Minuman infused water ini sangat bagus untuk mencegah dehidrasi, menguatkan kekebalan tubuh, mencegah nafsu makan berlebih, menjaga kadar gula darah, dan lain sebagainya.

"Kalau yg pernah shooting bareng aku, pasti tau kalau aku setiap hari bawa air lemon ke lokasi," ungkap Ira dilansir dari akun Instagram @irawbw.

8. Konsumsi Susu

Ira Wibowo diketahui rajin minum susu setiap harinya sebagai tambahan protein untuk tubuh. Selain protein, susu juga punya vitamin D dan kalsium yang sangat ampuh menguatkan tulang, meningkatkan massa otot, mencegah osteoporosis, sampai menjaga penampilan tetap awet muda.

9. Mengurangi makanan tinggi lemak jenuh

Untuk makanan Ira juga sebisa mungkin memilih yang kadar lemak jenuhnya rendah. Makanan yang tinggi lemak jenuh bila dikonsumsi secara berlebih bisa meningkatkan risiko kolesterol tinggi serta penyakit jantung. Contoh makanan yang tinggi lemak jenuh bisa didapat dari gorengan, butter, keju, serta daging merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.