Sukses

Serba-serbi dan Khasiat Jamu Pasak Bumi, Tak Hanya untuk Tingkatkan Stamina Pria

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin sering mendengar nama pasak bumi. Tanaman herbal yang juga dikenal dengan sebutan tongkat ali ini sangat populer sebagai jamu yang khasiatnya untuk meningkatkan stamina dan gairah seksual pada pria.

Pasak bumi (Eurycoma longifolia) adalah tanaman semak asli Asia Tenggara. Tak hanya di Indonesia, tanaman ini juga dapat ditemukan di Malaysia, Vietnam, dan beberapa negara Asia Tenggara lain.

Melansir merdeka.com, pasak bumi disebut mengandung flavonoid, alkaloid, dan senyawa lain yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Selain jamu, pasak bumi biasanya dikonsumsi dalam bentuk suplemen makanan, teh, air rebusan, atau minuman energi.

Dilansir dari Medical News Today, ahli herbal juga menganggap tanaman ini sebagai adaptogen. Adaptogen adalah ramuan yang membantu tubuh beradaptasi dengan berbagai jenis stres, termasuk stres fisik, kimia, dan biologis.

Tak hanya dikenal sebagai obat kuat bagi pria, khasiat pasak bumi juga dapat mempengaruhi kondisi lainnya. Berikut khasiat pasak bumi bagi kesehatan tubuh.

1. Kesuburan Pria dan Performa Seksual

Khasiat pasak bumi yang pertama adalah untuk kesuburan pria dan performa seksual. Khasiat pasak bumi yang satu ini adalah yang paling populer.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa pasak bumi dapat meningkatkan kesuburan pria dan kinerja seksual. Sebuah studi tahun 2019 pada tikus menunjukkan bahwa efek afrodisiak dari pasak bumi mungkin disebabkan oleh peningkatan kadar testosteron dan peningkatan dopamin di otak.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Bantuan Ergogenik

 

Khasiat pasak bumi yang kedua adalah bisa menyediakan bantuan ergogenik. Para atlet terkadang menggunakan alat bantu ergogenik untuk meningkatkan kinerja mereka. Pasak bumi dapat bertindak sebagai bantuan ergogenik karena dapat mengurangi stres dan meningkatkan kadar testosteron, menurut satu tinjauan 2016.

Para peneliti menyimpulkan bahwa dengan dosis tinggi dan suplementasi jangka panjang, pasak bumi mungkin dapat memberi beberapa manfaat yang berkaitan dengan kinerja daya tahan. Sebuah studi 2014 pada orang yang aktif secara fisik berusia 57-72 tahun melaporkan peningkatan kekuatan otot dan peningkatan testosteron setelah suplementasi dengan ekstrak pasak bumi selama 5 minggu.

3. Kesehatan Tulang

Pasak bumi juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Sebuah tinjauan tahun 2018 memeriksa bukti khasiat pasak bumi dengan osteoporosis pada tikus.

Dari tinjauan tersebut dapat disimpulkan bahwa pasak bumi dinilai memiliki pengaruh yang kurang efektif dibandingkan herbal tradisional lainnya. Namun, masih ada potensi penggunaannya dalam mencegah keropos tulang, menurut ulasan tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Mengatasi Stres

 

Khasiat pasak bumi lainnya adalah untuk mengatasi stres. Sebuah studi di Journal of the International Society of Sports Nutrition meneliti bagaimana hormon stres pada 63 orang yang mengonsumsi ekstrak pasak bumi atau plasebo selama 4 minggu.

Para peneliti melihat peningkatan signifikan dalam kemarahan, ketegangan, dan kebingungan pada orang yang menggunakan ekstrak. Kadar testosteron meningkat, dan kadar hormon stres kortisol menurun. Mereka menyimpulkan bahwa pasak bumi mungkin dapat menjadi obat yang efektif untuk mengatasi stres kronis modern, kurang tidur, dan pelatihan olahraga.

5. Kanker

Pasak bumi juga bisa membantu melawan kanker. Para ilmuwan menemukan dan mengidentifikasi quassinoid dalam pasak bumi yang dapat membantu melawan kanker.

Studi laboratorium dalam tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa tersebut beracun bagi sel kanker paru-paru dan serviks. Sebuah tinjauan dari tahun 2018 bahkan mengidentifikasi 16 senyawa dalam pasak bumi, diisolasi dari berbagai bagian tanaman, yang menunjukkan sifat antikanker yang menjanjikan.

 

4 dari 4 halaman

6. Pembentukan Otot

 

Khasiat pasak bumi lainnya adalah dapat membantu pembentukan otot. Pasak bumi mampu meningkatkan massa dan kekuatan otot karena efeknya pada kadar testosteron. Itulah kenapa, terkadang pasak bumi juga digunakan untuk meningkatkan kinerja atletik dan kekuatan fisik dan untuk membantu menghilangkan lemak.

 

Pasak bumi sering juga disebut 'viagra' alami ini kerap dicari oleh mereka yang menderita disfungsi ereksi. Tapi tahukah Anda, kalau kualitas terbaik tumbuhan ini berada di Kalimantan?

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Indah Yuning Prapti mengatakan, tumbuhan bernama latin Eurycoma longifolia ini ditanam di sejumlah dataran Indonesia. Namun dalam membantu masalah syahwat, paling bagus dari Indonesia Timur.

"Mungkin karena tingkat keasaman tanah atau gambutnya lebih baik, membuat pasak bumi paling bagus dari Kalimantan," katanya pada wartawan, melamsir kanal Health Liputan6.com, 14 Agustus 2015. Tak hanya meningkatkan gairah seksual, masyarakat daerah percaya, tanaman bernama lain 'Tongkat Ali' ini dapat menyembuhkan sakit perut, wasir atau ambeien.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS