Sukses

Jangan Asal, Ini Panduan Memilih Sunscreen yang Pas dan Sesuai Jenis Kulit

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari. Maka dari itu, dalam perawatan kulit sehari-hari, jangan pernah melupakan sunscreen.

Liputan6.com, Jakarta Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari. Maka dari itu, dalam perawatan kulit sehari-hari, jangan pernah melupakan sunscreen. Pilih sunscreen dengan minimal kandungan SPF 30 dan gunakan setidaknya 15-30 menit sebelum beraktivitas. Jangan lupa untuk selalu re-apply setiap 2 sampai 3 jam sekali.

Selain bisa melindungi kulit dari sinar matahari, rutin memakai sunscreen juga memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah mencegah kulit terbakar, mencegah penuaan dini, mengurangi risiko munculnya flek hitam, dan juga meratakan warna kulit.

Namun, agar dapat memberikan perlindungan yang sesuai, kamu perlu tau cara memilih sunscreen yang tepat dan sesuai jenis kulit.

1. Kulit Normal

Bagi kamu pemilik kulit normal sangatlah beruntung karena variasi produknya lebih banyak dibanding jenis kulit lainnya. Kamu bisa memilih sunscreen physical maupun chemical sunscreen, baik dengan tekstur gel, krim, maupun lotion.

Kandungan bahan aktif ini juga baik kamu yang memiliki kulit normal, seperti ecamsule, avobenzone, benzophenone, dan titanium dioksida. 

2. Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kamu memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat? Pilih sunscreen berbahan dasar air, memiliki klaim non-comedogenic, serta label kandungan bebas minyak.

Sunscreen berbahan dasar air teksturnya ringan dan lebih mudah menyerap ke dalam kulit. Sementara itu sunscreen dengan klaim non-comedogenic bisa membuat wajah tidak mudah berjerawat, karena kandungannya yang tidak menyumbat pori-pori. Umumnya untuk kulit berminyak dan berjerawat bisa memakai physical atau chemical sunscreen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kulit Kering dan Sensitif

Untuk kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif, hindari sunscreen yang mengandung para-aminobenzoic (PABA), dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone. Hindari juga sunscreen yang mengandung alkohol, pewangi, dan pengawet berlebihan.

Sebaiknya pilih sunscreen yang berbahan titanium dioksida dan zinc oksida karena kedua bahan tersebut jarang menimbulkan reaksi alergi pada kulit. Pilih sunscreen yang bertekstur lotion dan mampu melembapkan kulit. Physical sunscreen adalah pilihan tepat untuk kulit kering dan sensitif.

4. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi ditandai dengan kulit berminyak di area T-Zone, yaitu sekitar hidung, dahi, dan dagu. Kemudian kulit yang kering di sekitar pipi. Untuk itu bagi memiliki kulit berminyak, pilihlah sunscreen yang memiliki klaim non-comedogenic karena kandungannya yang tidak menyumbat pori-pori. Pilih juga sunscreenn yang bertekstur gel yang mudah menyerap agar tidak membuat wajah terlihat semakin berminyak. 

Itu dia panduan memilih sunscreen sesuai dengan jenis kulit. Setelah ini jangan sampai salah pilih ya. Selamat mencoba!

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini