Sukses

Pemuda Push Up untuk Halangi Pengendara Motor Serobot Trotoar, Warganet Sebut Pemberani

Melihat jalannya tiba-tiba tertutup, si pengendara motor akhirnya berhenti di hadapan pemuda yang push up di depannya.

Liputan6.com, Jakarta - Trotoar sejatinya dibangun untuk para pejalan kaki. Faktanya, di Indonesia masih banyak pengendara motor bandel yang menyerobot trotoar. Biasanya mereka melakukan hal ini karena terjebak macet dan ingin lebih cepat.

Bukan hal mudah untuk mencegah para pemotor masuk trotoar. Belum lama ini,beredar sebuah video di Tiktok yang diunggah akun @dirtys4t____, yang mungkin bisa jadi inspirasi untuk menghalau para pemotor dari trotoar jalan.

Video awalnya memperlihatkan dua pemuda berkaus hitam awalnya terlihat berdiri memantau jalanan. Kedua anak muda ini sepertinya sedang bermain skateboard, terlihat dari papan skateboard yang dibawa.

Tiba-tiba, dari arah depan muncul pengendara motor hendak menerabas trotoar dengan melewati dua pemuda tersebut. Seketika salah satu pemuda melakukan push up di atas papan skateboard miliknya sehingga menutupi jalan yang akan dilalui oleh si pengendara motor tadi. Sementara, temannya berdiri di dekatnya sambil memandang pemotor.

Melihat jalannya tiba-tiba tertutup, si pengendara motor akhirnya berhenti di hadapan pemuda yang push up di depannya. Menyadari aksi push up itu sebagai pertanda dirinya tak boleh lewat, si pengendara motor pun mengurungkan niat melewati trotoar dan putar balik kembali ke jalan raya.

Aksi pemuda dalam video tersebut menuai pujian dari warganet yang menontonnya. Mereka memuji keberanian si pemuda yang tak takut mencegat pemotor yang tidak taat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemberani

Tanpa melakukan kekerasan maupun paksaan, tetapi dengan cara yang sangat halus, kedua pemuda itu bisa membuat pemotor segan untuk melanggar aturan lalu lintas.  "Aku menyebut mereka, pemberani dan patut dipuji," komentar seorang warganet.

"Cara menghadang pemotor melewati pedestarian dengan gaya," komentar warganet lainnya. "Kelas! ide yang bagus," timpal warganet lainnya.

Beberapa bulan lalu juga beredar video pejalan kaki menghadang motor untuk masuk trotoar. Namun, reaksi pengendara motor itu berbeda.

Seorang pria mengadang pemotor yang melintas di Jalan RS Fatmawati, Gandaria Utara, Jakarta Selatan pada Rabu sore, 10 Agustus 2022. Awalnya, ia tengah berjalan kaki kemudian memergoki para pemotor yang melintasi trotoar. Saat itu, kondisi jalan raya macet cukup parah.

Geram dengan hal ini, pria tersebut pun langsung mengadang pemotor yang melaju di trotoar. Hanya saja, ia malah dimarahi karena menghambat laju pemotor. "Ngapain lu haaa," kata pria penunggang motor.

Tak menyerah, ia kemudian mengadang setiap pemotor yang datang lagi. Beberapa di antaranya ada yang langsung menurut dengan kembali ke jalan raya."Balik, udah ditutupin batu kan," jelasnya kepada pemotor bandel.

3 dari 4 halaman

Aksi Heroik

Aksi heroik ini mendapat dukungan dari warganet. Mereka juga miris dengan tindakan pemotor yang suka melintas di trotoar. "Kalo masalah buru buru , semua juga buru buru bang, apa lagi jam berangkat ke kantor, tapi ga harus jalan ditrotoar juga kali bang, giliran dihadang pejalan kaki malah galakan dia," komentar seorang warganet.

Trotoar adalah jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki yang bersangkutan. Kata trotoar berasal dari Belanda, yaitu trottoir yang memiliki arti jalur pejalan kaki.

Menurut keputusan Direktur Jenderal Bina Marga No.76/KPTS/Db/1999 tanggal 20 Desember 1999 yang dimaksud dengan trotoar adalah bagian dari jalan raya yang khusus disediakan untuk pejalan kaki yang terletak didaerah manfaat jalan, yang diberi lapisan permukaan dengan elevasi yang lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan, dan pada umumnya sejajar dengan jalur lalu lintas kendaraan.

Melansir kanal Hot Liputan6.com, 11 Oktober 2022, trotoar digunakan bagi pejalan kaki untuk memudahkan ketika sedang berjalan kaki, hal ini supaya pejalan kaki tidak bercampur dengan kendaraan yang mengakibatkan memperlambat arus lalu lintas.

 

4 dari 4 halaman

Penggunaan Lahan

Fungsi utama trotoar adalah untuk memberikan pelayanan kepada pejalan kaki sehingga dapat meningkatkan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan pejalan kaki tersebut. Trotoar juga berfungsi memperlancar lalu lintas jalan raya karena tidak terganggu atau terpengaruh oleh lalu lintas pejalan kaki.

Para pejalan kaki berada pada posisi yang lemah jika mereka bercampur dengan kendaraan, maka mereka akan memperlambat arus lalu lintas. Karena itu, salah satu fungsi utama dari dibuatnya trotoar adalah berusaha untuk memisahkan pejalan kaki dari arus kendaraan bermotor, tanpa menimbulkan gangguan-gangguan yang besar terhadap aksesibilitas dengan pembangunan trotoar.

Suatu ruas jalan dianggap perlu dilengkapi dengan trotoar apabila di sepanjang jalan tersebut terdapat penggunaan lahan yang mempunyai potensi menimbulkan pejalan kaki. Penggunaan lahan tersebut antara lain:

1. Daerah perkotaan secara umum yang tingkat kepadatan penduduknya tinggi.

2. Jalan yang memiliki rute angkutan umum yang tetap.

3. Daerah yang memiliki aktivitas kontinyu yang tinggi, seperti misalnya jalan-jalan dipasar, pusat perbelanjaan, daerah indstri dan pusat perkotaaan.

4. Lokasi yang memiliki kebutuhan/permintaan yang tinggi dengan periode yang pendek, seperti misalnya stasiun-stasiun bis dan kereta api, sekolah, rumah sakit, lapangan olah raga.

5. Lokasi yang mempunyai permintaan yang tinggi untuk hari-hari tertentu, misalnya lapangan/gelanggang olah raga, masjid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.