Sukses

Tak Perlu Malu, Ternyata Ini 4 Manfaat Baiknya Dari Menangis!

Menangis ternyata memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Untuk sebagian orang dewasa, menangis mungkin menjadi hal yang sangat memalukan. Pasalnya, emosi ini sering sekali dikaitkan dengan bayi, anak-anak, ataupun individu yang lemah. Sehingga, individu yang telah memasuki usia 20 tahun ke atas biasanya akan lebih enggan untuk menangis dan memilih untuk menahan air mata mereka.

Meski begitu, ternyata menangis memiliki segudang manfaat yang jarang diketahui. Bukan hanya baik bagi kesehatan tubuh, namun hal ini bisa pula memengaruhi kondisi psikismu menjadi semakin sejahtera. Lantas, apa saja itu?

1. Meningkatkan Indera Penglihatan

Tubuh manusia umumnya memerlukan cairan agar bisa terhindar dari dehidrasi. Hal tersebut berlaku pula pada mata manusia, yang harus dibiarkan tetap lembab agar tak menyebabkan rasa perih dan kemerahan. Salah satu caranya ialah dengan menangis.

Ketika menangis, kondisi mata akan kembali terhidrasi dan menyebabkan penglihatan semakin jernih dan lebih tajam. Tak hanya itu, menangis juga mampu membersihkan mata dari berbagai kotoran dan debu yang masuk. Sehinga, bagian tubuh tersebut bisa terhindar dari segala macam bentuk iritasi.

2. Menstabilkan Suasana Hati

Menangis ternyata bisa membuat suasana hati menjadi semakin baik. Misalnya saja, kamu menangis saat sedang sedih dan kecewa terhadap sesuatu atau seseorang. Namun, setelahnya, dirimu jadi lebih nyaman dan tak lagi terbebani.

Situasi tersebut bisa saja terjadi. Pasalnya, saat menangis, tubuh melepaskan racun dan hormon yang tak terhingga jumlahnya dalam meningkatkan rasa stress. Dengan begitu, perasaan mu jadi bisa lebih ringan dan kembali senang.

3. Bantu Membersihkan Hidung

Siapa yang menyangka bahwa menangis ternyata dapat membersihkan rongga hidung. Pastinya kamu juga tahu bukan, kalau saat menangis, hidung biasanya akan meler atau mengeluarkan lendir dalam jumlah tertentu. Nah, saat ini terjadi, berbagai kotoran dan objek asing lainnya akan keluar seturut dengan cairan tersebut.

4. Membantu Tidur Lebih Cepat

Menangis juga dapat membuat proses tidur jadi lebih cepat. Pasalnya, saat menangis, tenaga dan energi seseorang akan terkuras serta menyebabkan tubuh jadi cepat lelah. Karena itulah, kamu jadi mudah terlelap selepas kegiatan pelepasan emosi ini terjadi.

Tak hanya itu, menangis yang terisak-isak juga dapat mengakibatkan  hiperventilasi. Kondisi seperti ini dapat mengurangi jumlah oksigen ke otak dan membuat kamu jadi lebih mengantuk.

Itu tadi beberapa manfaat baik yang akan didapatkan ketika kamu menangis. Oleh karena itu, jangan lagi malu atau sungkan ketika hendak melakukan hal ini. Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini