Sukses

6 Toko Roti Legendaris Terkenal di Berbagai Kota, Mana yang Simpan Kenangan Anda?

Liputan6.com, Jakarta - Roti merupakan makanan yang bisa disantap sebagai camilan atau makanan berat. Melansir dari Healthline, Kamis, (8/12/2022), walaupun memiliki karbohidrat dan kalori yang tinggi tetapi roti memiliki vitamin lain karena mengandung biji-bijian yang kaya akan asam fitat yang tinggi, sejenis molekul yang mengikat besi, seng, magnesium, dan kalsium. 

Roti sudah ada sejak masa penjajahan Belanda, tak heran kalau akhirnya Indonesia memiliki toko roti. Bahkan beberapa roti masih menggunakan resep autentik zaman Belanda. 

Selain menggunakan resep dari zaman Belanda, toko roti ini juga masih mempertahankan keasliannya dengan tidak melakukan renovasi bahkan masih memajang foto jaman dahulu sebagai kenangan. Berikut adalah enam kedai roti legendaris yang sudah dirangkum oleh Liputan6.com pada Kamis, (8/12/2022). 

1. Toko Roti Andalas, Malang 

Arek-arek Malang pastinya sudah mengenal toko roti legendaris yang terletak di Jalan Andalas Tengah No.9, Semarang. Toko ini sudah terkenal sejak tahun 1965. Toko ini menyediakan aneka roti tempo dulu dan masih menggunakan resep warisan khas Belanda.

Saat ini, menu paling laris adalah risoles yang disajikan dengan saus tauco. "Ini toko roti jadul yg terkenal banget dari jaman oma admin." dikutip dari salah satu akun Instagram kuliner @fo0daddicted.

Risoles yang belum digoreng dapat dibeli untuk oleh-oleh. Saat ini, toko roti Andalas membuka cabang di Jalan Kawi Atas No.5A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Delicious Bakery, Bogor

Bogor merupakan salah satu kota yang menjual roti sejak jaman penjajahan Belanda. Toko Delicious Bakery, menjadi salah satu saksi dalam penjualan roti saat penjajahan, tepatnya pada 1940 toko ini mulai beroperasi.

Bangunannya terlihat masih lawas dan menampilkan aksen tempo dulu, bahkan desain etalase yang sudah tua masih terpampang di toko ini. Kaman, penjual toko juga masih melayani pembeli walau harus berjalan tertatih karena sudah berumur 60 tahun.

Toko ini masih menjadi salah satu tempat yang kerap kali dikunjungi dan berada di Jalan Mawar No.22, Menteng, Bogor. Menariknya, toko kue ini masih menggunakan panggangan tradisional berbahan batu bata sehingga rasa yang disajikan tidak berubah.

Memiliki tempat yang strategis, toko ini mudah untuk dicari, dari Stasiun Bogor Anda bisa berjalan kaki dengan membutuhkan waktu 10 menit. Toko roti ini menyediakan beberapa jenis roti, di antaranya roti gambang, roti tawar, kismis, dan lainnya. Untuk menjadi pelengkap, toko ini juga menjual cemilan lain seperti, puding, kue lapis, arem-arem, dan bika ambon.

3 dari 4 halaman

3. Dyriana Bakery & Café, Semarang

Semarang juga memiliki toko roti legendaris yang sudah berdiri sejak 1986 di Jalan Pandanaran No.61, Semarang. Kemudian, toko ini mengalami renovasi dan pindah ke Jalan Pandanaran No. 51A, Randusari, Kota Semarang. 

Toko roti ini semakin berkembang, sehingga Dyriana Bakery juga memiliki café untuk menikmati bermacam hidangan dan berbagai minuman secara langsung. Berbeda dengan toko lainnya yang masih memiliki aksen lawas, toko ini nampak lebih moderen dan memiliki seragam pegawai yang khas. Produk terlaris saat ini diantaranya adalah Bakpia Dyriana cokelat dan campur, Pia Dyriana cokelat, dan Brownies Kukus Tiramisu.

4. Toko Sidodadi, Bandung 

Siapa yang tidak kenal toko roti lawas yang terkenal di Bandung ini? Toko ini terletak di Jalan Oto Iskandardinata nomor 225, Bandung.

Desain toko yang masih lawas ini tetap menarik banyak pengunjung, terlihat dari pintu dan tulisan ‘Toko Sidodadi’ yang menguning. Kemudian, pada bungkus roti terlihat vintage dengan ejaan lama yang tertera, "Toko Roti dan Kuweh".

Toko berumur 68 tahun ini menjual roti bangket isi lima mulai harga Rp20 ribu hingga roti buaya yang dibanderol harga mulai Rp220 ribu. Jika ingin memesan dalam jumlah banyak, Anda bisa menghubungi nomor yang tertera di akun Instagram.

4 dari 4 halaman

5. Maison Weiner, Jakarta

Warga Jakarta pasti mengenali toko roti autetik yang sudah berdiri sejak 1930. Masih mengusung tempo dulu, toko roti ini menyediakan tempat untuk dine in ditemani dengan foto-foto jaman dahulu kala. Toko roti jadul ala Eropa ini di Jalan Kramat II, Senen, Jakarta Pusat.

Menu roti di sini bervariasi dan masih menggunakan resep lama, salah satunya adalah sourdough, roti yang difermentasi bakteri sehingga dapat meningkatkan kesehatan usus. Saat ini, Maison Weiner membuka kelas membuat roti, di antaranya adalah roti untuk pemula, roti ala eropa, dan donat. Untuk pendaftaran lebih lanjut, bisa melihat akun Instagram mereka.

6. Suzana Bakery, Surabaya

Toko ini sudah ada di Surabaya sejak 1944 yang menawarkan aneka menu kue, roti, jajanan tradisional, pastry yang mulai dari harga 5 ribu rupiah saja. Menu yang menjadi favorit pelanggan adalah roti ayam, roti fla kismis, roti pisang cokelat, roti pisang keju, dan roti kacang.

Lokasinya berada di Jalan Dinoyo Nomor 146, Surabaya. Toko buka dari pukul 06.00-22.00 WIB dan memiliki cabang lain di Pasar Atom dan di Jalan Ketintang Madya, No. 152, Surabaya. Toko roti yang otentik ini juga sudah mengalami perubahan menjadi moderen dan memiliki banyak jenis kue. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS