Sukses

Pangeran Harry dan William Tulis Surat Bersama untuk Yayasan Milik Sahabat Keluarga Kerajaan

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan Pangeran Wiliiam dan Pangeran Harry memang sedang kurang baik. Meski begitu, keduanya berusaha tetap kompak untuk keperluan tertentu.

Salah satunya, tentunya saat nenek mereka, Ratu Elizabeth II meninggal dunia beberapa waktu lalu. Kakak beradik ini berusaha tetap terlihat akur di depan rakyat Inggris.

Yang terbaru, Pangeran William dan Harry mengirimkan pesan atau surat khusus untuk sebuah keluarga yang sangat dekat dengan mereka termasuk keluarga kerajaan Inggris.  Prince of Wales dan Duke of Sussex sama-sama menanda tangani sebuah surat khusus berisi pujian pada hasil kerja pengumpulan donasi yang didukung keduanya dan dijalankan oleh keluarga yang sangat mereka cintai dan hormati.

Pesan ini disampaikan tepat di perayaan tahunan untuk mengumpulkan dana bagi Henry van Straubenzee Memorial Fund, sebuah lembaga non-profit yang didirikan oleh pasangan suami istri Alex dan Claire, orangtua serta saudara dari mendiang sahabat mereka, Henry van Straubenzee.

William dan Harry adalah pelindung dari lembaga pengumpulan dana tersebut dan kerap datang serta menjadi pembicara di berbagai acara yang diadakan yayasan terebut sejak beberapa tahun lalu. Baik William maupun Harry biasanya datang bersama pasangan mereka, Kate Middleton dan Meghan Markle.

Hasil pengumpulan dana tersebut digunakan untuk menyumbang sekolah-sekolah dan menolong membangun, merenovasi serta memperbaiki gedung-gedung pendidikan. Tujuannya agar anak-anak dapat menikmati fasilitas kelas maupun sekolah yang lebih baik lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ayah Baptis

Saat tewas dalam sebuah kecelakaan mobil pada 2002, Henry sedang melakukan perjalanan ke Uganda untuk bekerja di sebuah sekolah di sana. Saudara kandung Henry yaitu Thomas dan Charlie tetap berhubungan baik dengan William dan Harry. Mereka bahkan menjadi ayah baptis dari anak perempuan William, Charlotte dan anak pertama Harry, Archie.

Surat yang dibuat Willam bersama Harry itu dibawa ke acara yang diadakan yayasan tersebut pada Kamis, 1 Desember kemarin di Gereja St Luke di Sydney Street, Chelsea.  Acara itu hanya dihadiri oleh teman-teman terdekat mereka, termasuk adik perempuan dan kakak laki-laki Kate yaitu Pippa dan James Middleton beserta pasangan mereka.

William dan Harry menuliskan: "Kami percaya kalau semuanya berada di tempat ini malam ini akan setuju bahwa pencapaian yang dilakukan Claire dan Alex sejak 2009 sangat luar biasa. Seperti kita semua tahu, donasi dilakukan untuk mendukung 51 sekolah di Uganda. Di sana mereka telah menyelesaikan 1.700 proyek yang sudah dinikmati dan dirasakan oleh lebih dari 35 ribu anak-anak yang telah mendapatkan layak tiap tahunnya."

"Bagi kita semua yang mengenal Henners, kita akan selalu merindukan sikap menyenangkan dan rasa humor mereka,” lanjut keduanya. Mereka menambahkan,” warisan Henry akan selalu hidup melaui pencapaian yang sudah dilakukan ayah dan ibunya selama beberapa tahun terakhir ini."

3 dari 4 halaman

Tak Bisa Hadir Langsung

"Mengucapkan selamat Natal yang bahagia untuk semuanya. Selama dana sumbangan terus berdatangan, mereka akan terus mengawasi sekolah-sekolah mereka, sehingga anak-anak di wilayah tenggara Uganda selalu mendapatkan pendidikan yang layak, dan berharap mereka akan terhindari dari kemiskinan saat tumbuh dewasa nanti dan begiu pula dengan anak-anak mereka nantinya," sambung mereka

"Terima kasih atas dukungan yang terus berlanjut dan membuat semuanya menjadi terwujud, dan juga terima kasih atas dukungan yang terus-menerus dan keluarga van yang kami sangat cintai dan sayangi," tutup William dan Harry.  Sayangnya, William dan Harry tidak bisa hadir langsung di acara tersebut karena kesibukan mereka.

William dan Kate saat itu sedang melakukan kunjungan ke Boston, Amerika Serikat dan baru kembali ke Inggris pada Sabtu, 3 Desember kemarin. Sementara Harry masih berada di kediamannya di California, AS bersama Meghan serta kedua anak mereka, Archie dan Lilibet Diana. Selama kunjungan di AS, William dan Middleton dipastikan tidak bertemu maupun mengunjungi Harry dan Meghan.

4 dari 4 halaman

Video Pertama William

Di hari terakhir kunjungannya, mereka bertemu dengan Presiden AS Joe Biden pada Jumat, 2 Desember 2022. Pertemuan diakhiri dengan Upacara Hadiah Earthshot yang mewah dengan penampilan dari Billie Eilish dan Chloe X Halle.

Kunjungan Pangeran dan Putri Wales mungkin dibayangi setelah Pangeran Harry dan Meghan Markle merilis trailer untuk serial dokumenter Netflix mereka diluncurkan pada Kamis, 1 Desember 2022 waktu setempat. Pada saat itu, seorang sumber mengatakan kepada Page Six bahwa itu dapat dilihat sebagai "kampanye terkoordinasi" untuk membayangi kunjungan besar saudara laki-lakinya ke AS.

Sebelum ketibaannya di Boston, William sempat membagikan video pertamanya di TikTok "Hadiah Earthshot akan diberikan," ungkap William sambil tersenyum ke kamera depan, sebelum meletakkannya di tanah dan bergerak seolah-olah akan menginjaknya.

Ada teks bertuliskan "Boston, Jumat ini, 2 Desember" tertera di layar, saat video dipercepat dengan foto dari 15 finalis yang dinominasikan untuk penghargaan lingkungan. Dalam lima kategori terdapat nominasi Lindungi dan Pulihkan Alam, dan Bersihkan Udara Kita, Bangkitkan Laut Kita, Bangun Dunia Bebas Sampah, serta Perbaiki Iklim Kita.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS