Sukses

Daftar 10 Kota di Dunia yang Paling Mengecewakan Turis, Ada 2 dari Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pengangkutan bagasi terkemuka, Radical Storage telah menganalisis lebih dari 826 ribu ulasan TripAdvisor dan menyusun daftar-daftar kota paling mengecewakan dan paling memuaskan wisatawan.  Analisis ini diambil dari 100 kota yang jadi tujuan wisata terpopuler di dunia.

Mereka mencari tahu kota apa yang membuat wisatawan mengalami sindrom Paris, yaitu kondisi psikologis di mana wisatawan mendatangi tujuan yang mereka dambakan tapi dibuat kecewa ketika dihadapkan pada kenyataan tujuan liburan mereka tersebut. Meski awalnya berkaitan dengan kota Paris, tetapi kini Sindrom Paris digunakan untuk lebih banyak hal.

Anda mungkin akan merasa kecewa jika destinasi atau kota tujuan yang disambangi ternyata tak sesuai ekspektasi.  Lalu, apa kota atau tempat paling mengecewakan di dunia buat para turis?

Hal itu terungkap dari sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini.  Dilansir dari Escape, 1 Desember 2022, Radical Storage telah mengkurasi ratusan ribu ulasan dengan memasukkan kota-kota yang paling banyak mendapatkan review atau ulasan negatif dari para turis.

Hasilnya, studi tersebut menyebut Kota Orlando di Amerika Serikat, sebagai kota yang paling banyak mendapatkan ulasan negatif. Dari 9.000 ulasan, ditemukan setidaknya 1 banding 5 ulasan negatif tentang Orlando.

Kota tersebut banyak di-mention sebagai kota paling mengecewakan, mengerikan, dan paling kasar. Kota tersebut mendapatkan ulasan negatif sebanyak 19,52 persen.  Sayangnya, ada dua kota di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut, bahkan di urutan atas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Eropa dan Afrika

Kedua kota tersebut adalah Jakarta dan Denpasar. Jakarta berada di posisi kedua, sedangkan Denpasar berada di urutan keempat. Berada di posisi kedua setelah Orlando, Jakarta mendapatkan 1 ulasan negatif dari 7 ulasan. Jakarta mendapatkan ulasan negatif sebanyak 13,49 persen.  Adapun, di posisi ketiga ditempati Pattaya, Thailand dengan ulasan sebanyak 10,50 persen.

Selain Jakarta, Denpasar juga masuk daftar dengan 9,98 persen ulasan negatif.  Tak ada kota di Eropa yang masuk dalam daftar tersebut. Hanya ada satu kota di Afrika yang termasuk dalam daftar yaitu Johannesburg di Afrika Selatan.

Berikut 10 kota paling mengecewakan buat turis menurut Radical Storage.

Orlando, Amerika Serikat (19,52 persen)

Jakarta, Indonesia (13,49 persen)

Pattaya, Thailand (10,50 persen)

Denpasar, Indonesia (9,98 persen)

Guilin, China (9,70 persen)

Johannesburg, Afrika Selatan (9,25 persen)

Da Nang, Vietnam (9,17 persen)

Ha Long, Vietnam (9,15 persen)

Shenzhen, China (9,05 persen)

Beijing, China (9,01 persen).

 

Tak hanya merilis daftar kota paling mengecewakan di dunia, pihaknya juga mengungkap kota-kota yang melebihi ekspektasi buat turis. Kota-kota tersebut mendapatkan banyak komentar positif dari turis.

 

3 dari 4 halaman

Melebihi Ekspektasi

Berikut daftar kota paling melebihi ekspektasi para turis.

Budapest, Hungaria (96,17 persen)

Brussels, Belgia (96,04 persen)

Zurich, Swiss (96,02 persen)

Dublin, Irlandia (95,90 persen)

Lima, Peru (95,87 persen)

Lisbon, Portugal (95,74 persen)

Mexico City, Meksiko (95,74 persen)

Nice, Prancis (95,63 persen)

Auckland, Selandia Baru (95,45 persen)

Sydney, Australia (95,44 persen)

 

Meski terpilih sebagai salah satu kota paling mengecewakan, Bali tetap menjadi destinasi favorit banyak wisatawan mancanegara (wisman). Hal itu bisa kita lihat di daftar tahunan World's Best Awards 2022, termasuk dalam kategori kota, dari Travel + Leisure telah secara resmi dirilis.

Mengutip situs webnya, Sabtu, 16 Juli 2022, Indonesia diwakili Ubud, Bali yang bertengger di posisi ke-3 dalam kategori Kota Terbaik di Dunia Tahun 2022.  Wilayah di bagian tengah Pulau Dewata itu mencatat skor 91,73, hanya kalah dari San Miguel de Allende di Meksiko yang menempati peringkat ke-2, disusul juara tahun ini: Oaxaca, juga di Meksiko. Masing-masing kota itu mencatat skor 91,77 dan 92,96.

Daftar tahunan World's Best Awards 2022, termasuk dalam kategori kota, dari Travel + Leisure telah secara resmi dirilis. Mengutip situs webnya, Sabtu, 16 Juli 2022, Indonesia diwakili Ubud, Bali yang bertengger di posisi ke-3 dalam kategori Kota Terbaik di Dunia Tahun 2022.

4 dari 4 halaman

Ubud Kota Terbaik

Wilayah di bagian tengah Pulau Dewata itu mencatat skor 91,73, hanya kalah dari San Miguel de Allende di Meksiko yang menempati peringkat ke-2, disusul juara tahun ini: Oaxaca, juga di Meksiko. Masing-masing kota itu mencatat skor 91,77 dan 92,96.

Daftar tahunan World's Best Awards 2022, termasuk dalam kategori kota, dari Travel + Leisure telah secara resmi dirilis. Mengutip situs webnya, Sabtu, 16 Juli 2022, Indonesia diwakili Ubud, Bali yang bertengger di posisi ke-3 dalam kategori Kota Terbaik di Dunia Tahun 2022.

Wilayah di bagian tengah Pulau Dewata itu mencatat skor 91,73, hanya kalah dari San Miguel de Allende di Meksiko yang menempati peringkat ke-2, disusul juara tahun ini: Oaxaca, juga di Meksiko. Masing-masing kota itu mencatat skor 91,77 dan 92,96.

Dalam mendeklarasikan kota-kota terbaik di dunia, pembaca Travel + Leisure mempertimbangkan hotel, restoran berperingkat Michelin, kekayaan warisan budaya, atraksi utama dan, dalam beberapa tahun terakhir, protokol COVID-19. Suara dihitung, nomor diurutkan, dan akhirnya sampai pada skor untuk setiap kota.

Setiap tahun untuk survei World's Best Awards, Travel + Leisure telah meminta pembaca mempertimbangkan pengalaman perjalanan di seluruh dunia. Mereka diminta berbagi pendapat tentang kota, pulau, kapal pesiar, spa, maskapai penerbangan, dan banyak lagi. Pembaca menilai kota berdasarkan pemandangan dan landmark, budaya, makanan, keramahan, wisata belanja, serta nilai keseluruhannya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS