Sukses

Cerita Turis Asing Selamat Setelah Jatuh dari Tebing Tinggi di Nusa Penida, Bali

Liputan6.com, Jakarta Seorang turis asing di Bali selamat setelah terjatuh dari tebing besar. Pria itu berpose untuk foto di tepi tebing saat berada di Nusa Penida sebelum mencoba membalikkan badan dan jatuh sekitar 130 kaki di bawah.

Polisi mengatakan seorang pemandu wisata mengambil foto pria itu di tujuan wisata populer sebelum aksinya menjadi bumerang. Media setempat melaporkan bahwa telah dilakukan layanan darurat tetapi terhalang oleh medan berbahaya di sekitar tebing.

Mengutip dari New York Post, Minggu (27/11/2022), unit Siaga Pencarian dan Penyelamatan Nusa Penida mengatakan operator berusaha mencapai pria itu dengan perahu tetapi terhalang oleh ombak. Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan seorang penyelamat berhasil turun dari tebing dan menarik pria itu.

"Kami mendapat informasi sekitar pukul 10.00 WITA. Saksi mata adalah pemandu wisata. Korban dikatakan telah mengambil foto sambil melakukan beberapa gerakan terbalik," katanya, melalui publikasi lokal Bali.

"Kami memberikan pengobatan awal untuk mengurangi pendarahan dari cedera kaki dan tangan," katanya

"Korban ditarik menggunakan tandu,".

Pria itu dibawa ke rumah sakit karena menderita cedera kaki yang serius.

"Dia jatuh dari sana," suara seorang pria terdengar dalam video yang merekam kejadian setelahnya.

"Dia patah kaki dan lengannya dan bagaimana dia bisa selamat, saya tidak bisa memberi tahu Anda," katanya lagi.

Insiden itu terjadi empat hari setelah seorang turis Amerika meninggal saat berlibur di Indonesia. Wanita berusia 35 tahun itu jatuh dari sisi kolam renang tanpa batas saat mencoba berjalan di sekitar bagian lain dari struktur batuan tebing tersebut, lapor media setempat.

Wanita itu dilaporkan jatuh dari ketinggian 15 meter dan mendarat di sebuah kolam di bawahnya. Staf hotel dan tamu di The Sankara Suites and Villa segera bergegas membantunya tetapi tidak tertolong lagi sebelum ambulans tiba.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Keindahan Nusa Penida

 

Lokasi turis terjatuh tadi adalah salah satu tempat wisata populer di Bali yaitu Nusa Penida. Nusa Penida sendiri berasal dari dua suku kata Nusa dan Penida. Nusa memiliki makna pulau, sedangkan penida berati pendeta. Sampai saat ini keindahan Nusa Penida tak pernah pudar.

Nusa Penida memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik. Tak jauh berbeda dengan obyek wisata lainnya di Bali, Nusa Penida dikenal hingga ke mancanegara dan merupakan obyek wisata spiritual di Bali.

Di Nusa Penida terdapat banyak pura. Adapun jenis pura yang ada di Nusa Penida adalah Pura Kahyangan. Ada juga Pura Tirta yang berfungsi pengelolaan air, Pura Puseh yang dipersembahkan untuk memuja Wisnu.

Pantai Kelingking merupakan ikon wisata di Nusa Penida. Pengunjung dapat menikmati pantai tersebut dari atas ketinggian.

Dari ketinggian Pantai Kelingking, pengunjung bisa melihat pemandangan tebing paluang dengan keindahannya yang memesona. Mereka juga bisa meliaht kapal yang karam.

Pantai Banah berada di wilayah Banjar Salak, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Usai mengunjungi pantai tersebut, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke Mata Air Tembeling.

 

3 dari 4 halaman

Objek Wisata Nusa Penida

Wisata Nusa Penida tentunya tidak akan lepas dari destinasi Pantai Kelingking. Pantai yang jadi salah satu ikon Nusa Penida ini wajib untuk dikunjungi sewaktu liburan.

Tak akan lengkap rasanya ke Nusa Penida namun belum mengabadikan momen berfoto di bukit pantai kelingking ini. Pantai ini terletak di Kabupaten Klungkung, Bali ini menyuguhkan pemandangan alam indah, unik juga menarik.

Biasanya, wisatawan yang ingin menyaksikan cantiknya Pantai Kelingking juga bisa diakses di atas Bukit Karang Dawa. pengunjung akan disuguhkan panorama tebing berbatu yang ditumbuhi tanaman hijau. Di depannya, tampak pantai pasir putih dan hamparan laut biru sejauh mata memandang. 

Wisata Pantai Kelingking tidak kalah tersohor dengan wisata pantai nusa penida yang lainya, lantaran saat berada di sini pengunjung bisa menyelam atau diving kedalaman bawah laut di Manta Point. Untuk diketahui, Pantai Kelingking di Nusa Penida masih sangat alami. 

4 dari 4 halaman

Mata Air Tembeling

Nusa Penida yang berada di pulau Dewata tak hanya menyimpan pesona keindahan pantainya tapi tersedia tempat wisata Mata Air Tembeling yang kini menjadi salah satu destinasi wajib di Nusa Penida. Tempat ini berada di tengah hutan yang masih terjaga.

Tak ayal, pelancong membutuhkan waktu sekitar 60 menit berjalan kaki untuk menuju pusat mata air ini. Lokasi mata air Tembeling ini berada di Desa Batu Madeg, Banjar Salak, Nusa Penida, Bali.

Warga setempat ikut menyebutnya dengan sebutan natural swimming Tembeling. Perjalanan menuju tempat ini, bisa dilakukan dengan trekking dari tempat parkiran menuju mata air Tembeling, dan akan memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan bagi kamu.

Di samping itu, masih banyak destinasi wisata alam Nusa Penida yang tak kalah menarik dan memiliki pemandangan yang indah. Saat kamu berkunjung ke Nusa Penida dijamin wisatawan akan kebingungan untuk menentukan pilihan destinasi, lantaran semua pilihan sama indahnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS