Sukses

Makanan Lokal yang Wajib Dicocol Saus Sambal, Dijamin Uenak Pol!

Hampir sama seperti nasi, saus sambal sudah menjadi kebiasaan lidah orang Indonesia untuk membuat sesi makan semakin nendang.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia sudah lama dikenal sebagai negara dengan salah satu kekayaan kuliner terbaik di dunia. Tidak jarang pula, kuliner khas Indonesia menjadi makanan favorit para wisatawan asing dan selebriti internasional ketika berkunjung. FYI, makanan Indonesia seperti nasi goreng dan rendang bahkan dinobatkan sebagai warisan budaya dunia UNESCO, lho! 

Tapi, sebagai warga +62, ada satu elemen masakan yang tidak boleh terlewatkan yaitu saus sambal. Hampir sama seperti nasi, saus sambal sudah menjadi kebiasaan lidah orang Indonesia untuk membuat sesi makan semakin nendang. Nggak percaya? Ini nih beberapa makanan lidah warga +62 yang wajib  ditemani saus sambal!

1. Gorengan Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe adalah makanan Indonesia yang paling populer. Bahkan, tempe merupakan salah satu makanan Indonesia yang diakui Unesco, karena terkenal akan gizi di dalamnya. Kedua lauk kaya protein ini bisa diolah menjadi beragam menu yang sedap, mulai dari digoreng, bacem, diorek atau dipenyet. Tapi, tentunya tahu dan tempe goreng paling pas disandingkan dengan cocolan saus sambal, dong! Apalagi kalau kamu melengkapinya dengan sayur lalap segar dan nasi putih pulen. Cocok banget buat makan siang yang nikmat!

2. Bakso

Olahan bakso di Indonesia pasti disajikan dengan kuah kaldu yang nikmat dan topping pelengkap seperti mi kuning atau bihun, gorengan, dan sayur. Nggak lupa juga, dengan tambahan kecap, saus tomat, dan saus sambal yang selalu terhidang untuk menambah gurihnya kuah bakso. Tiap orang pasti punya berbagai ‘formula’ untuk meracik semangkuk bakso yang paling nikmat. Kalau kamu gimana, nih?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Ayam Goreng

Dari Sabang sampai Merauke, olahan ayam tetap di hati. Daging ayam yang empuk bisa diolah menjadi menu sejuta umat. Tentu kamu sendiri sudah pernah mencoba sedapnya ayam goreng, ayam bakar, ayam kremes, atau yang baru-baru ini populer adalah ayam geprek. Ya, olahan ayam memang belum afdol rasanya kalau nggak ditemani dengan cocolan saus sambal pedas. So, sediakan saus sambal favoritmu ya! 

4. Kentang Goreng

Tentunya makanan yang satu ini sangat populer sekali di kalangan pecinta fast food. Kentang goreng banyak dijual di manapun, mulai gerai makanan cepat saji, restoran western, atau bahkan dijual di cafe maupun warung yang ada di pinggir jalan. Harganya juga beragam, ada yang murah meriah sampai harga yang terbilang agak mahal karena kualitasnya.

Cita rasa yang gurih dan asin ini selalu dihidangkan, baik untuk makanan cemilan maupun sebagai makanan pendamping. Pastinya sangat kurang lengkap dong bila kentang goreng tidak dicocol dengan saus sambal, rasanya pun akan jadi biasa saja alias hambar.

5. Fish & Chips

Sesuai namanya, fish and chips ini adalah kombinasi antara ikan dan kentang goreng. Ikan yang digunakan pun sudah bersih dari tulang dan dibalur oleh adonan tepung, kemudian digoreng. Sejarah dari fish and chips sendiri diperkirakan dimulai di Inggris sekitar tahun 1830. Menu masakan dari negara Inggris ini pun juga cocok lho dicocol dengan saus sambal!

Sajian ikan dori yang lembut berbaur dengan pedasnya cocolan saus sambal akan terasa unik dan bikin nagih! Nggak hanya ikan dorinya saja, lho yang cocok karena french fries-nya pun enak banget dicocol ke saus sambal!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.