Sukses

Pria Bagikan Tips Menghemat Biaya Laundry Saat Liburan

Anda bisa mencuci pakaian dengan sabun mandi yang disediakan di kamar mandi hotel.

Liputan6.com, Jakarta - Saat melakukan liburan panjang atau long trip tapi hanya membawa sedikit pakaian, salah satu biaya yang perlu dipikirkan adalah laundry. Hal ini lantaran tak semua penginapan, terutama hotel, memiliki fasilitas mesin cuci.

Salah satu hal yang biasa dilakukan adalah laundry. Hanya saja, anggaran bisa jadi cukup membengkak. Seorang pria pun membagikan tips mencuci baju di penginapan melalui akun TikTok @indra_xxl.

Dalam unggahan pada 16 Oktober 2022 itu, ia menyarankan untuk mencuci baju di wastafel. Pertama, pastikan saluran wastafel tertutup, lalu penuhi dengan air. Anda bisa mencuci pakaian dengan sabun mandi yang disediakan di sana. Lalu, cucilah pakaian seperti biasa.

Anda bisa merendam pakaian sebentar lalu menguceknya agar noda menghilang dan jadi lebih bersih. Setelah itu bilas pakaian hingga sabun tak tersisa.

Saat proses mencuci sudah selesai, buang air dengan membuka saluran wastafel. Peras pakaian dan jemur di sisi penginapan yang terkena sinar matahari .Mencuci pakaian tanpa menggunakan jasa laundry pun selesai.

Cara ini bisa membuat Anda lebih hemat. "Yang penting dibersihin dulu wastafelnya ya guys ya," komentar seorang warganet.

"Kalau gue sih nyuci bajunya di bath tub karena baju gue banyak," timpal warganet lainnya "Padahal tinggal nyari laundry kiloan di sekitar hotel biar murah. Gue biasanya gitu, sehari sebelum balik," tulis warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mesin Cuci

Kemajuan teknologi membuat kita bisa melakukan berbagai pekerjaan dengan lebih mudah dan lebih hemat waktu. Salah satunya adalah mesin cuci yang membuat pekerjaan mencuci pakaian jadi terasa lebih ringan.Namun, apa yang dilakukan seorang wanita ini cukup mengejutkan.

Ia mencuci sandal dan sepatunya dengan menggunakan mesin cuci. Video yang beredar di TikTok itu sempat viral dan membuat banyak orang bertanya-tanya.

Video mencuci sepatu dan sandal di mesin cuci itu diunggah oleh akun TikTok @faradiisaaa. "Beressss," tulisnya sebagai keterangan unggahan dalam video yang diunggah pada 12 Januari 2022 itu.

Dalam video, ia terlihat menuangkan air yang cukup banyak dan detergen ke dalam mesin cucinya.  Tidak lama kemudian, wanita bernama Disa itu memasukkan sepasang sandal jepit berwarna ungu.

Ia juga memasukkan sepasang sepatu kets berwarna kuning ke dalam nesin cuci.Bukan itu saja, Disa kemudian memasukkan sepasang sepatu hitam, sepatu putih, dan sepasang sandal lain ke dalam mesin cucinya. Setelah sepatu dan sandal masuk ke dalam mesin cuci, Disa lalu memasukkan tali-tali sepatunya.

 

3 dari 4 halaman

Perdebatan Warganet

Ia lalu memutar mesin cuci tersebut. Disa merekam saat mesin cuci tersebut memutar sandal dan sepatunya. Belum diketahui bagaimana hasil cucian tersebut, apakah benar-benar bisa bersih dengan menggunakan mesin cuci. Namun, aksi wanita saat mencuci sepatu dan sandalnya dengan mesin cuci ini justru menuai perdebatan warganet.

Banyak warganet mengkhawatirkan pemakaian mesin cuci itu dapat merusak sandal dan sepatu. Tidak hanya itu, warganet juga mengkhawatirkan mesin cucinya yang bisa rusak sewaktu-waktu karena dipakai mencuci sandal dan sepatu.

Ada juga yang mengaku ingin melakukan hal serupa, tapi takut merusak mesn cuci miliknya. Namun, ada juga yang mengaku sudah beberapa kali mencuci sandal dan sepatunya, dan mesin cucinya tapi tidak rusak.

Tidak semua orang mengikuti petunjuk perawatan pada pakaian yang telah diberikan oleh para produsen. Ini mungkin yang menjadi salah satu alasan mengapa kemeja baru yang baru dibeli terlihat jelek saat sudah dicuci. Hal ini juga terjadi pada pakaian dalam yang Anda miliki. Mereka juga memiliki tata cara saat dibersihkan.

4 dari 4 halaman

Baju Renang dan Pakaian Dalam

Menurut The Spruce, dua tips terbaik untuk menjaga pakaian dalam dengan kondisi optimal adalah mencucinya segera setelah digunakan dan mencucinya dengan tangan. Mencucinya di mesin cuci, bagaimanapun, adalah pilihan yang buruk, karena bahannya mungkin tidak bertahan saat proses pengeringan.

Sebagai gantinya, rendam dalam air dingin selama 30 menit untuk menghilangkan keringat dan bahan kimia, lalu rendam kedua dengan sedikit deterjen, sekitar satu sendok teh. Cuka putih juga bisa digunakan.

Pastikan untuk membalik setelan pakaian dalam dari dalam ke luar.  Setelah membilas, peras kelebihan air dan biarkan pakaian dalamnya mengering. Jangan digantung, karena dapat meregangkan serat.

Letakkan saja di area terbuka.  Haruskah Anda mencuci pakaian dalam setelah setiap kali digunakan?  Jika Anda belum pernah menggunakan tabir surya dan belum membuat baju renang maupun si pakaian dalam terkena klorin, Anda mungkin bisa mencucinya setelah beberapa kali digunakan, tetapi yang terbaik adalah mencucinya sesegera mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.