Sukses

Seniman Inggris Gambar Semua Bagian Rumahnya dengan Doodle

Liputan6.com, Jakarta - Seorang seniman bernama Sam Cox telah membuat rumahnya yang terlihat biasa jadi tampil unik dan lain daripada yang lain. Ia dikenal sebagai Mr. Doodle karena bakatnya membuat karya seni lukis coretan.

Doodle art atau seni corat-coret adalah gambar sederhana yang dapat memiliki makna representasi konkret atau hanya terdiri dari garis acak dan abstrak, dalam hal inilah disebut dengan "coretan". Dilansir dari akun Instagram @nowthisnews 10 Oktober 2022, pria asal Inggris ini menutupi setiap inci rumahnya, dari tempat tidur hingga bak mandi, dengan coretan atau doodle.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC yang dilansir NDTV, Selasa, 11 Oktober 2022, ia mengaku menghabiskan sekitar dua tahun menciptakan karya seni uniknya, yang sekarang ia bagikan dengan istrinya Alena, sesama seniman, yang juga sering mewarnai karyanya. Cox mengatakan bahwa ia menggunakan 900 liter cat putih, 401 kaleng cat semprot hitam, 286 botol cat gambar hitam dan 2.296 ujung pena untuk menyelesaikan proyek uniknya.

"Semua doodle di rumah itu nyata, semuanya corat-coret, semuanya corat-coret tangan, bukan CGI," terangnya. Cox mengatakan bahwa dia pertama kali membeli rumahnya tiga tahun lalu, seharga 1,5 juta dolar AS atau sekitar Rp21,7 miliar .

Dia mengungkapkan bahwa kamar tidurnya adalah ruangan pertama yang dia gunakan untuk mulai mencorat-coret rumah. Saat ditanya apa yang terlintas dalam pikirannya saat dia mencoret-coret, Cox mengaku bahwa ini adalah proses yang luar biasa dan merasa hampir seperti pengalaman keluar dari tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peralatan Dapur

"Anda hanya memanjakan diri dalam situasi penciptaan yang mengalir bebas dan itu hanya hal terbaik yang bisa dilakukan siapa pun," ungkapnya. Sam mengaku tidak yakin apakah peralatan dapur yang ia lukis masih berfungsi.

Ketika ditanya apakah istrinya mengetahui fakta itu, dia menjawab, "Dia belum sepenuhnya menyadarinya."  Popularitas Mr Doodle melonjak secara internasional setelah videonya di media sosial mengumpulkan jutaan viewers.

Pada 2020, ia adalah artis paling sukses kelima di dunia berusia di bawah 40 tahun di lelang karya seni. Karya terbarunya yang membuat corat coret di seluruh rumah dan perabotannya makin membuatnya dikenal.

Tak heran jika penampakan rumahnya didominasi dengan warna hitam putih yang terlihat unik. Tidak hanya rumah, mobil pribadinya juga terlihat juga tak luput dari coretan tangan Sam Cox.

Doodle art juga mulai banyak dikenali dan berkembang pesat. Orang yang menguasainya doodle art disebut dengan master doodle art. Jika ingin mulai menguasainya, perhatikan cara membuat doodle art bagi pemula yang mudah dipraktikkan, dilansir dari kanal Hot Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

1. Cari Inspirasi

Seorang seniman selalu butuh inspirasi sebelum membuat karya seni. Cara membuat doodle art bagi pemula yang satu ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan.

Inspirasi ini akan memudahkan bentuk karya seni yang akan dibuat nantinya. Misalnya saja bisa dengan mengamati lingkungan, peristiwa, kejadian, perasaan, dan masih banyak lagi.Jika masih bingung, coba cari inspirasinya di internet.

Terkadang memang mengikuti contoh yang sudah jadi lebih mudah dilakukukan terutama bagi yang masih dalam proses belajar. Dari gambar internet ini bisa dibuat sama persis atau mengurangi dan menambahnya sendiri. Lakukan sesuai dengan keinginan dan kreativitas yang ingin diterapkkan.

2. Pilih Font

Cara membuat doodle art bagi pemula selanjutnya adalah memilih font atau jenis huruf yang tepat. Sebab, doodle art tidak sekadar gambar tetapi juga tulisan yang harus bisa dibaca. Semakin mudah dibaca, maka doodle art semakin enak dipandang penikmatnya.

Pemilihan font yang tepat juga akan membuat doodle art menjadi lebih keren. Inspirasi font ini bisa langsung dicari pemula di internet. Jangan lupa untuk tetap memadukannya dengan tema yang sesuai agar lebih menarik.

4 dari 4 halaman

3. Kumpulkan Karakter

Bagi pemula, menciptakan karakter baru bukanlah cara yang mudah. Solusinya bisa mulai dengan mulai mengumpulkan karakter. Cara membuat doodle art bagi pemula ini akan semakin memudahkan pembuatan karya seninya. Inspirasi menjadi semakin kaya dan keren karena karakternya bisa beragam.

Bisa dengan mulai mengumpulkan karakter hewan, kartun, tumbuhan, wajah, dan masih banyak lagi. Hal ini akan memudahkan penyatuan elemen dalam membuat doodle art bagi pemula.

4. Ekspresikan

Cara membuat doodle art bagi pemula yang terakhir adalah dengan mulai mengekspresikannya. Ekspresikan tanpa batas agar kapasitas diri dalam berkarya semakin terlihat. Semakin mengenali karakter karya seni diri sendiri maka akan semakin mudah menggembangkan nantinya.

Gabungkan semua elemen dan mulai gambar pola yang ingin diciptakan. Salah satu objek yang mudah dieksplorasi adalah bunga dan nama. Semakin sering berlatih membuat dan menggabungkan elemen maka akan semakin membuatmu mahir. Selain menggambar dengan lebih bebas, cobalah untuk mewarnainya dengan lebih bebas juga.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS