Sukses

Royal Mail Rilis Perangko Edisi Mengenang Ratu Elizabeth II

Paket perangko adalah yang pertama disetujui oleh Raja Charles dalam peran barunya sebagai penguasa Kerajaan Inggris yang baru.

Liputan6.com, Jakarta - Gambar Ratu Elizabeth II akan ditampilkan pada empat perangko baru yang akan dirilis untuk mengenangnya. Pada Selasa, 27 September 2022, hari yang sama ketika duka kerajaan secara resmi dicabut, Royal Mail mengungkapkan koleksi perangko peringatan yang bakal diterbitkan untuk menghormati mendiang Ratu pada musim gugur ini.

Dikutip dari People, Rabu, 28 September 2022, set perangko tersebut adalah yang pertama disetujui oleh Raja Charles III sejak ia menjadi penguasa. Ini adalah transisi yang efektif setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022 dalam usia 96 tahun.

"Selama 70 tahun terakhir setiap perangko Inggris telah disetujui secara pribadi oleh Yang Mulia, Ratu Elizabeth. Hari ini kami meluncurkan perangko ini, yang pertama disetujui oleh Yang Mulia Raja, sebagai penghormatan kepada seorang perempuan yang komitmennya terhadap pelayanan publik dan tugasnya tak tertandingi dalam sejarah negara ini," kata Simon Thompson, CEO Royal Mail dalam sebuah pernyataan.

Keempat perangko tersebut adalah potret Ratu Elizabeth II dibalut nuansa abu-abu yang diambil pada titik yang berbeda dalam hidupnya dan pertama kali dijual sebagai suite untuk Yubileum Emasnya pada 2002. Untuk memperbarui set sebagai koleksi memorial, tahun kelahiran dan kematiannya ditambahkan di sudut atas.

Perangko set kedua menampilkan gambar yang elegan dari Ratu Elizabeth muda, yang diambil oleh Dorothy Wilding pada 1952, ketika dia naik takhta. Perangko set pertama adalah hasil jepretan fotografer Inggris terkenal Cecil Beaton, menunjukkan gambar Ratu yang lebih dewasa melihat ke depan pada 1968.

Perangko ketiga adalah hasil bidikan Yousuf Karsh pada 1984. Ratu Elizabeth II terlihat tersenyum lembut dan pandangan percaya diri ke kamera. Perangko terakhir menampilkan Ratu Elizabeth II tersenyum pada 1996. Potret ini diabadikan oleh fotografer kerajaan lama, Tim Graham.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Perangko

Perangko memorial Ratu Elizabeth II akan dijual baik secara individu maupun sebagai paket. Perangko dijual seharga 7,43 dolar AS atau setara Rp113 ribu dan dijual pada 10 November 2022.

Gerakan peringatan tersebut mengikuti tradisi nasional yang terakhir ditujukan bagi Pangeran Philip. Beberapa minggu setelah Duke of Edinburgh meninggal pada usia 99 pada April 2021, Royal Mail menghormati mendiang Pangeran Philip dengan set perangko khusus yang serupa.

Layanan surat Inggris juga mengumumkan pada Selasa, 27 September 2022, bahwa mereka akan beralih dari menggunakan gambar Ratu Elizabeth II pada prangko Machin Definitive "sehari-hari" untuk menampilkan gambar Raja Charles III. Siluet Raja juga akan menggantikan mendiang Ratu pada Perangko Khusus juga.

The Royal Mail mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa rincian lebih lanjut akan dirilis pada waktunya. Perangko Charles baru akan memasuki peredaran setelah stok perangko saat ini habis untuk memperhatikan kepraktisan.

Di tengah perubahan, satu hal yang diharapkan tetap sama. Sekitar 100 ribu kotak pos Royal Mail di seluruh Inggris yang memuat ERII Royal Cypher Ratu Elizabeth kemungkinan akan tetap ada, karena kotak surat hanya diperbarui ketika yang baru ditambahkan, Sky News melaporkan.

3 dari 4 halaman

Perangko Australia

Pada April 2022, layanan pos nasional Australia (Australia Post) merilis dua perangko untuk menandai perayaan momen platinum Ratu Elizabeth II. Ini setelah negara tersebut memperingati 70 tahun Ratu Elizabeth II sebagai Kepala Persemakmuran, dilansir dari laman Xinhua, Senin, 4 April 2022, dikutip dari Global Liputan6.com.

Kedua perangko yang diluncurkan ke publik saat itu menggambarkan potret Ratu Elizabeth II dari 1952, yakni tahun ia resmi naik takhta. Perangko menyoroti umur panjangnya sebagai Kepala Persemakmuran, yang mencakup negara-negara seperti Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Manajer Filateli Australia Post Group Michael Zsolt menyampaikan penambahan terbaru merupakan bagian dari tradisi layanan untuk menghormati Ratu Elizabeth II. Ia adalah orang yang paling menonjol di perangko Australia.

Australia Post adalah otoritas pos pertama di Persemakmuran yang membuat perangko untuk ulang tahunnya setiap tahun, kata Zsolt. The Australia Post sebelumnya telah merilis perangko untuk merayakan ulang tahun emas dan berlian Ratu Elizabeth II, menandai 50 dan 60 tahun pengabdiannya. Perangko mulai dijual mulai Selasa, 5 April 2022.

4 dari 4 halaman

Simbol Baru Kerajaan Inggris

Raja Charles III mengumumkan lambang barunya. Simbol kerajaan baru Raja telah diungkap Istana Buckingham saat Charles memulai minggu ketiga penuhnya sebagai kepala negara.

Dikutip People, Selasa, 27 September 2022, monogram menunjukkan mahkota di atas inisial pertamanya "C" terjalin dengan "R" untuk Rex (Latin untuk Raja, secara tradisional digunakan untuk raja sejak abad ke-12), dengan "III" di dalam "R." Ini akhirnya akan menggantikan lencana "ERII" Ratu Elizabeth II sebagai simbol Raja Inggris.

Beberapa dari perubahan ini akan dilakukan secara bertahap, kata pejabat istana, tapi penerapannya akan mulai dilakukan pada cap pos semua surat yang meninggalkan Istana Buckingham terhitung hari ini, Selasa, 27 September 2022. Simbol itu juga akan terlihat pada dokumen negara dan akhirnya di kotak surat merah yang sudah dikenal di sekitar Inggris dan juga digunakan departemen pemerintah Inggris pada surat mereka.

Simbol baru adalah milik pribadi Raja yang secara resmi mengakhiri masa berkabung kerajaan untuk Ratu Elizabeth II pada Senin, 26 September 2022, bersama anggota keluarga kerajaan dan rumah tangga kerajaan lain. Ia memilih desain dari beberapa yang dibuat ahli lambang istana, College of Arms. 

Raja telah mengadaptasi tanda tangan baru, menandatangani namanya sebagai "Charles R" pada dokumen resmi, serta catatan yang ditinggalkan di atas peti mati Ratu Elizabeth II selama upacara pemakamannya. Selama masa pemerintahannya yang bersejarah, mendiang Ratu telah menandatangani komunikasi resmi sebagai "Elizabeth R." Ketika digunakan Ratu, "R" adalah singkatan dari "Regina," atau "Ratu" dalam bahasa Latin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.