Sukses

Kisah Cinta Raja Charles III dan Camilla, Pertama Bertemu di Tahun 70-an

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan panjang kisah cinta Raja Charles III dan Permaisuri Camilla bak roller coaster dengan baik turun selama bertahun-tahun. Pasangan ini pertama kali bertemu pada era 70-an, namun hubungan mereka tak bertahan lama kala itu.

Dikutip dari People, Kamis (15/9/2022), Raja Charles III bertemu Camilla pada 1970 ketika mereka diperkenalkan oleh seorang teman mereka, Lucia Santa Cruz. Dalam "The Duchess: The Untold Story", penulis Penny Junor menulis bahwa Charles langsung jatuh cinta pada Camilla.

"Dia menyukai bahwa dia (Camilla) tersenyum dengan mata dan mulutnya, dan menertawakan hal-hal konyol yang sama seperti dia," tulis Junor. "Dia juga suka bahwa dia (Camilla) yang begitu alami dan ramah. Singkatnya, dia (Charles) sangat tertarik dengannya (Camilla), dan setelah pertemuan pertama itu dia mulai meneleponnya."

Pada 1971, Charles bergabung dengan Angkatan Laut Kerajaan, dan jadwal yang melelahkan serta waktu jauh dari rumah membuat hubungannya dengan Camilla kacau balau. Hal yang memperumit asmara mereka adalah Camilla tidak memenuhi persyaratan kerajaan untuk menikahi pewaris takhta: Laporan mengklaim dia tidak perawan dan dia tidak memiliki garis keturunan aristokrat. Charles dan Camilla pun berpisah.

Sementara Charles berada di Karibia bertugas di Angkatan Laut Kerajaan, Camilla bertunangan dengan Parker Bowles, yang adalah mantan pacar adik perempuan Charles, Putri Anne. Mereka menikah pada 1973, membuat perasaan Charles hancur dan dilaporkan mencoba menghentikan Camilla menikahi Parker Bowles.

"Baginya itu sangat kejam, dia menulis dalam satu surat, bahwa setelah 'hubungan yang begitu bahagia, damai dan saling bahagia,' takdir telah memutuskan bahwa itu hanya akan berlangsung enam bulan," tulis Junor.

Meskipun hatinya hancur, Charles dan Camilla tetap berteman baik selama beberapa tahun setelah perpisahan mereka dan selama pernikahannya dengan Parker Bowles. Menurut Junor, Charles dan Camilla menghidupkan kembali hubungan fisik mereka sekitar 1978 atau 1979 dan suami Camilla dikatakan sepenuhnya menyadari apa yang terjadi.

"Andrew tidak dalam posisi mengeluh, dan ketika dia mengetahui apa yang sedang terjadi, dia dengan bijak tidak membuat keributan," tulis Junor dalam The Duchess: The Untold Story. "Beberapa orang akan mengatakan bahwa sebagian dari dirinya sebenarnya cukup menikmati kenyataan bahwa istrinya sedang tidur dengan Raja masa depan, dia mungkin merasa berbeda seandainya Charles menjadi penjual keliling."

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Perselingkuhan

Terlepas dari hubungannya dengan Camilla, Charles mulai merayu Lady Diana Spencer pada 1980. Lahir dari keluarga bangsawan, Diana lebih cocok untuk menikahi pewaris takhta, menurut tradisi dan kepercayaan keluarga kerajaan. Meskipun Pangeran Charles berkencan dengan Diana, dia dan Camilla masih cukup dekat. Camilla dan Diana sama-sama terlihat menghadiri salah satu balapan Charles pada 1980.

Setelah melamar Diana pada Februari 1981, Charles dan Diana menikah pada 29 Juli 1981. Pernikahan ini ditonton 750 juta orang dan Camilla dan putranya Tom Parker Bowles menjadi tamu di pernikahan itu.

Charles dan Camilla dilaporkan mulai bertemu lagi pada 1986, meskipun keduanya telah menikah dan memiliki anak. Dalam rekaman yang dia buat untuk penulis Andrew Morton "Diana: Her True Story", Diana mengingat kembali menghubungi Camilla soal perselingkuhannya dengan Charles.

"Saya takut padanya ... saya berkata, 'Saya tahu apa yang terjadi antara Anda dan Charles dan saya hanya ingin Anda tahu itu,'" kenang Diana. "Dia berkata kepada saya, 'Kamu memiliki semua yang kamu inginkan. Semua pria di dunia jatuh cinta padamu dan kamu memiliki dua anak yang tampan, apa lagi yang kamu inginkan?' … Jadi saya berkata, 'Saya menginginkan suami saya.'"

Diana menambahkan, " 'Maaf aku menghalangi ... dan ini pasti neraka bagi kalian berdua. Tapi aku tahu apa yang terjadi. Jangan perlakukan aku seperti orang idiot.'"

Charles dan Diana mengumumkan perpisahan mereka pada 9 Desember 1992. Kala itu, Istana Buckingham mengatakan bahwa tidak ada rencana untuk bercerai dan pasangan itu masih sesekali menghadiri acara kerajaan bersama.

Pada 17 Januari 1993, rekaman audio Charles dan Camilla bocor dan transkripnya diterbitkan di tabloid Inggris. Direkam pada Desember 1989 -ketika Charles menikah dengan Diana dan Camilla menikah dengan Parker Bowles- audionya mencakup sindiran cabul dan pernyataan cinta.

3 dari 5 halaman

Terang-terangan

Dalam sebuah wawancara dengan ITV, Charles ditanya apakah dia mencoba untuk "setia dan terhormat" kepada Diana ketika mereka menikah. Karena perselingkuhannya dengan Camilla sudah terungkap ke publik, Pangeran Charles menjawab, "Ya ... sampai tidak dapat diperbaiki lagi, kami berdua telah mencoba."

Ia juga berkata tentang Camilla, "Mrs. Parker Bowles adalah teman baik saya ... seorang teman untuk waktu yang sangat lama. Dia akan terus menjadi teman untuk waktu yang sangat lama."

Pada 11 Januari 1995, Camilla dan Parker Bowles mengumumkan rencana bercerai. Pasangan itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka hidup terpisah selama dua tahun sebelum memutuskan untuk berpisah secara permanen. "Ada sedikit kepentingan bersama di antara kami," katanya.

Spekulasi perceraian antara Charles dan Diana mulai berlaku setelah pengumuman Camilla dan Parker Bowles, tetapi istana membantah rencana Pangeran dan Putri Wales untuk mengakhiri pernikahan mereka. Perceraian Camilla dan Parker Bowles diselesaikan pada Maret 1995.

Meskipun mereka tiba secara terpisah, Camilla dan Charles menghadiri pesta untuk teman bersama Lady Sarah Keswick pada Oktober 1995, dilaporkan menari bersama selama dua jam di acara tersebut. Sampai saat itu, Camilla dan Charles telah bersusah payah untuk tidak tampil di acara yang sama, terutama karena Charles masih menikah secara resmi dengan (meski terpisah dari) Diana saat itu.

Sebulan sebelumnya, Camilla terlihat bergabung dengan Charles di perkebunan keluarga kerajaan, Balmoral. Selama periode yang sama, dia juga sering terlihat di rumah pedesaan Pangeran Charles, Highgrove.

Putri Diana berbicara secara terbuka tentang perselingkuhan Charles dan Camilla dalam sebuah wawancara dengan Panorama BBC pada November 1995. Mengakui hubungan di luar nikahnya sendiri dengan James Hewitt, Diana mengatakan bahwa dia "sangat ingin" pernikahannya dengan Charles berhasil.

Ia mengatakan itu adalah "naluri perempuan" yang awalnya membuatnya curiga. Diana juga menambahkan bahwa perselingkuhan Charles "sangat menghancurkan" dan membuatnya merasa "tidak berguna, putus asa, dan gagal."

Kutipan paling terkenalnya tentang perselingkuhan tetap tak terhapuskan hari ini, "Ada tiga dari kami dalam pernikahan ini, jadi agak ramai." Pada Februari 1996, Diana mengumumkan bahwa dia menyetujui permintaan cerai Charles.

4 dari 5 halaman

Tampil Bersama

Negosiasi berlanjut selama beberapa bulan, dan mereka mencapai kesepakatan penyelesaian pada Juli 1996. Pada 28 Agustus 1996, perceraian mereka diselesaikan. Satu tahun kemudian, Putri Diana meninggal dalam kecelakaan mobil.

Menurut The Guardian, putra sulung Charles, Pangeran William, pertama kali bertemu Camilla secara mengejutkan pada 12 Juni 1998. William yang saat itu masih remaja mampir ke istana "secara tak terduga" dan menghabiskan sekitar setengah jam bersama ayahnya dan Camilla.

Selama bulan berikutnya, William dan Camilla bertemu dua kali untuk makan siang dan minum teh. Camilla diperkirakan akan bertemu Pangeran Harry tidak lama kemudian.

Menurut buku biografi Tom Bower, Rebel Prince, hanya beberapa bulan setelah kematian mendadak Diana, Charles berbicara dengan ibunya, Ratu Elizabeth II, tentang menyambut Camilla ke dalam keluarga kerajaan. Sang Ratu diduga tidak senang dengan hubungan putranya dengan mantan kekasihnya.

Charles dan Camilla pertama kali keluar sebagai pasangan di pesta ulang tahun saudara perempuan Camilla, Annabel Elliot, di Ritz Hotel London pada Januari 1999. Meskipun Charles tiba setelah Camilla, sekitar 150 fotografer hadir untuk mengabadikan pasangan tersebut pergi bersama.

Ratu menghadiri makan siang dengan Charles dan Camilla pada 2000. Meskipun ini adalah isyarat yang tampaknya kecil, kehadirannya dilaporkan menandakan persetujuan diam-diam dari pasangan itu.

Camilla menghadiri beberapa pertemuan publik dengan Charles pada 2002, termasuk pemakaman Ibu Suri pada April itu. Pada Mei, ia mengadakan acara pidato solo pertamanya untuk Perhimpunan Osteoporosis Nasional. Pada bulan yang sama, The Guardian melaporkan bahwa Charles membayar keamanan pribadi Camilla, meskipun istana tidak akan mengonfirmasi atau menyangkal biaya tersebut. Seorang juru bicara Charles mengatakan, "Apa pun yang disediakan pangeran adalah masalah pribadi."

5 dari 5 halaman

Menikah hingga Jadi Permaisuri

Pada 2003, Pangeran Charles dan Camilla membawa hubungan mereka ke tingkat berikutnya ketika mereka pindah ke Clarence House bersama. Istana mendirikan kantor untuk Camilla di Clarence House tak lama kemudian.

Charles dan Camilla mengumumkan pertunangan mereka pada 10 Februari 2005. Pasangan itu mengungkapkan bahwa mereka akan menikah pada 9 April 2005. Charles menikahi Camilla, yang menerima gelar Duchess of Cornwall, pada 9 April 2005. Tidak seperti pernikahan kerajaan lainnya yang menampilkan prosesi akbar di kapel, pernikahan Charles dan Camilla relatif sederhana, dengan upacara sipil yang diadakan di Windsor Guildhall, tepat di luar Kastil Windsor.

Meskipun Pangeran Philip dan Ratu tidak menghadiri upacara sipil, mereka kemudian bergabung dengan pasangan itu untuk pemberkatan di Kapel St. George dan mengadakan resepsi sesudahnya. Untuk menandai ulang tahun ke-15 pernikahan mereka, Charles dan Camilla membuat ulang foto pengumuman pertunangan mereka.

Pasangan itu berpose untuk foto bersama di depan Rumah Birkhall mereka di Skotlandia dengan anjing terrier Jack Russell Camilla. Teras adalah lokasi yang sama yang mereka gunakan untuk foto pengumuman pertunangan mereka pada Februari 2005.

Ketika Camilla dan Charles pertama kali bertunangan, diumumkan bahwa gelarnya adalah Permaisuri Putri ketika Charles akhirnya naik takhta. Pada Februari 2022, Ratu mengatakan dalam sebuah pernyataan -pada malam Hari Aksesinya- bahwa gelar Camilla akan menjadi Permaisuri ketika Charles menjadi Raja.

Setelah Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September 2022, Pangeran Charles langsung menjadi Raja Charles III. Camilla juga menerima gelar baru, dan sekarang akan disebut sebagai Permaisuri, sebuah kehormatan yang pertama kali diungkapkan oleh Ratu Elizabeth pada Februari lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.